follow us

Tips jitu mendapatkan beasiswa ke Australia, Pasti bisa!

Pilihan Pembaca

Tips jitu mendapatkan beasiswa ke Australia, Pasti bisa!


Tips jitu mendapatkan beasiswa ke Australia, Pasti bisa! -  Pendidikan merupakan salah satu tolak ukur kemajuan suatu bangsa, semakin banyak yang mengenyam pendidikan tinggi, maka kemajuan dalam berbagai sektor pun ikut berkembang. Salah satu Negara yang menjadi favorit di Asia Tenggara ialah Australia. Australia banyak memberikan beasiswa, sehingga banyak diminati oleh pelajar di seluruh dunia, khususnya pelajar Indonesia. Berikut beberapa tips jitu mendapatkan beasiswa ke Australia.

1. Instansi Pemerintahan atau BUMN Pemerintah Australia banyak menyediakan beasiswa, khususnya bagi Negara-negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Maka dari itu bagi yang sudah bekerja yang berprofesi sebagai dosen atau pegawai negeri mendapatkankeberuntungan yaitu mempunyai peluang lebih besar untuk mendapatkan beasiswa. Namun bagi yang tidak berprofesi sebagai dosen maupun pegawai negeri jangan berkeci hati, karena peluang beasiswa di Australia masih banyak, dan setiap orang mempunyai peluang untuk mendapatkannya beasiswa tersebut biasanya diberikan dari pihak swasta yayasan amal atau langsung dari Universitas-universitas di Australia.

2. Semua orang berhak punya peluang untuk mendapatkan beasiswa ke Australia, bukan masalah orang pintar maupun orang yang kurang pintar, melainkan yang memiliki persiapan matang menghadapi berbagai tes maupun interview. Segala persyaratan dipersiapkan jauh-jauh hari, bahkan berbulan-bulan sebelumnya.

3. Seseorang yang sudah pernah mendapatkan beasiswa biasanya akan memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan beasiswa Australia yang lainnya. Maka dari itu, pintar-pintarlah cari peluang dan kesempatan yang ada untuk meraih pendidikan terbaik di Australia.

Untuk kamu yang ingin melanjutkan kuliah S2 dan S3, Australia dan Indonesia sudah bekerja sama yaitu program beasiswa AusAID (Australia Agency for International Deveelopment). AusAID merupakan program beasiswa ke Australia baagi Negara-negara berkembang dengan tujuan mengurangi angka kemiskinan serta mencapai pembangunan berkelanjutan sejalan dengan kepentingan Nasional Australia.

ADS (Australian Development Scholarships) mempriorotaskan untuk gelar Master dan PhD di Indonesia.

Beasiswa tersebut tersedia dalam 3 jenis, yaitu:Tips jitu mendapatkan beasiswa ke Australia, Pasti bisa!

1. beasiswa penuh, yang membiayai uang kuliah, biaya hidup dan akomodasi.
2. Beasiswa yang hanya membiayai biaya hidup dan akomodasi.
3. Beasiswa yang hanya membiayai uang kuliah.

Dibawah ini ada beberapa tips untuk mendapatkan beasiswa ke Australia:

Mempersiapkan dengan matang seluruh persyaratan, membaca secara detail ketika mengisi formulir pendaftaran.
Mengecek beberapa kali essay yang sudah dibuat dan meminta bantuan teman, dosen atau saudara yang jago bahasa Inggris untuk mereview essay yang sudah dibuat.
Mencariinformasi sebanyak-banyaknya dan apply beasiswa yang diminati. Semakin banyak beasiswa yang kamu apply, semakin banyak pula peluang untuk mendapatkan beasiswa.

Berikut ini adalah situs-situs yang bisa diakses untuk mengetahui beberapa beasiswa di Australia:

1. Study in Australia  Scholarship Search
2. AusAID Developments Awards
3. Australian Government Endeavour Awards
4. International Federation of University Women (IFUW)

Untuk  informasi lebih lengkapnya,  kamu dapat mengakses situs berikut:

1. Study in Australia Scholarship Search
2. AusAID DevelopmentAwards
3. Australian GovernmentEndeavourAwards
4. International Federation of University Women (IFUW)

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar