follow us

4 Pengalaman Menarik Ramadan di Australia

Pilihan Pembaca

4  Pengalaman Menarik Ramadan di Australia


4  Pengalaman Menarik Ramadan di Australia - Diantara 12 bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Muslim didunia yaitu momen bulan Ramadan yang penuh berkah dan indah.

Pada momen Ramadan ini setiap Muslim berlomba-lomba dalam kebaikan, semakin mendekatkan diri kepada Allah, semakin meningkatkan ibadah wajib dan sunnah. Selain itu, momen Ramadan di berbagai daerah bahkan di berbagai Negara mempunyai keunikan tersendiri. Mereka mempunyai tradisi masing-masing yang unik dan menarik.

Berpuasa di luar Negeri tentunya menghadirkan kesan bermakna dan pengalaman unik, seru dan menarik.

Menjadi minoritas di Australia merupakan kesan dan tantangan tersendiri, namun bagi pelajar Indonesia yang kuliah di Australia merupakan pengalaman sekaligus pembelajaran untuk mengenal tradisi momen Ramadan di Australia. Beberapa kegiatan yang dilalui pada saat momen Ramadan di Australia, diantaranya:

1. Menjalani Sholat Tarawih

Sholat tarawih

Sholat Tarawih di Melbourne dilaksanakan 11 rakaat, sedangkan di Indonesia ada yang menjalankan sholat tarawih 8 rakaat, 11 rakaat bahkan 23 rakaat. Di Melbourne, shalat tarawih tidak didahului dengan ceramah, beberapa Masjid yang digunakan untuk shalat tarawih di Melbourne diantaranya Masjid Meadow Heights (Meadow Heights – Hudson Circuit Mosque 15 Hudson Circuit, Meadow Heights, VIC 3048).

 Ada juga Masjid Jeffcot (West –Melbourne, Victoria).
Dari pusat kota menuju Masjid Jeffcot hanya dengan berjalan kaki bisa mencapai 10 menit.

2. Waktu Ibadah Puasa lebih singkat


Di Indonesia, durasi waktu berpuasa adalah 13 jam, sedangkan di Australia khususnya di Canberra hanya berdurasi 11 jam saja. Berpuasa di Australia memiliki waktu yang lebih singkat dibandingkan di Indonesia, ini merupakan kesenangan tersendiri bagi pelajar Indonesia yang menikmati momen Ramadan di Australia.

3. Bukber


Bukber dan shalat tarawih sejak 10 tahun terakhir selalu rutin diadakan di Masjid Jeffcot, program ini bekerjasama dengan komunitas Muslim yang ada di Australia, ada sekitar 300-400 orang yang datang setiap malam.

4. Ngabuburit ke Toko Asia Perth



Istilah ngabuburit mungkin hanya ada di Indonesia, namun cara ngabuburit pelajar Indonesia di Australia yaitu dengan berburu bahan makanan untuk memasak dan mengolah sendiri menu buka puasa. Took yang terkenal bernama Kongs di Victoria Park, di took itu menyediakan berbagai macam bahan makanan dan bumbu khas asia. 

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar