follow us

Mengenal Edmodo, Situs Jejaring Sosial Pendidikan

Pilihan Pembaca


Mengenal Edmodo, Situs Jejaring Sosial Pendidikan

Mengenal Edmodo, Situs Jejaring Sosial Pendidikan - Di zaman perkembangan teknologi ini, banyak perusahaan-perusahaan ternama yang meluncurkan aplikasi jejaring sosial media. 

Terutama bidang pendidikan yang menjadi incaran. Karena di bidang inilah, sosial media juga berperan sangat penting untuk proses belajar mengajar. 

Sehingga proses belajar mengajar tidak hanya dilaksanakan secara langsung di ruang kelas, melainkan bisa dengan cara kelas daring (secara tidak langsung/menggunakan media). Salah satunya edmodo. 

Edmodo merupakan jaringan pembelajaran sosial berbasis teknologi yang didirikan pada tanggal 1 September 2008 oleh Nic Borg dan Jeff O’Hara, dan memiliki markas di San Mateo, California. 

Penggunanya sudah mencapai lebih dari 66,9 juta yang berasal dari sleuruh duni, pada tahun 2016. Edmodo, memungkinkan guru untuk melanjutkan pembelajaran yang belum tuntas selama di kelas secara langsung. 

Guru juga bisa memberi kuis, tugas, dan berkomunikasi dengan siswa secara tidak langsung. Bisa saling mengirim pesan atau berbalas komentar. Bahkan orang tuajuga bisa memantau perkembangan anaknya melalui akun sendiri.  

Secara tampilan, edmodo hampir mirip dengan jejaring sosial facebook. Bedanya edmodo merupakan jejaring sosial pendidikan. Cara penggunaanya pun mudah. Anda hanya perlu mendaftar dan mengisi biodata.

Cara penggunaan:  


1. Buka situs www.edmodo.com Silahkan pilih sebagai siswa, guru, atau orang tua Ikuti langkah selanjutnya sesuai perintah. Seperti jejaring sosial pada umumnya, selain ada kelebihan, ada pula kekurangannya. 

Karena jaringan internet ibarat pisau bermata dua. Selain menyediakan informasi, internet juga menyediakan banyak hal negative yang bahkan tidak baik untuk dikonsumsi untuk anak sekolahan.

Apa sajakah kelebihan dan kekurangannya? 

Kelebihan edmodo User interface. Tampilan didesain sederhana seperti facebook, sehingga relatif mudah untuk digunakan. 
Compatibility Mudah untuk mengirim file dalam berbagai berbagai jenis format seperti html, pdf , pptx.dll Aplikasi. 

Edmodo tidak hanya dapat di akses dengan menggunakan pc tapi juga dapat di aksesdengan menggunakan gadged berbasis android OS Free. 

Selain mudah digunakan, edmodo merupakan aplikasi yang gratis. Anda bisa bebas menggunakannya tanpa perlu membayar. 

Kekurangan Sosmed, tidak terintegrasi dengan jenis sosmed apapun, seperti facebook, twitter, Languange, penggunaan bahasa program masih menggunakan bahasa inggris sehingga terkadang menyulitkan si pengguna Video converence belum tersedia Dari penjelasan di atas, bisa diambil kesimpulan, edmodo merupakan perkembangan baru dari teknologi internet yang mempermudah kita untuk melaksanakan belajar daring.

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar