follow us

Kurikulum Pendidikan Kedokteran tentang Sel Darah Merah

Pilihan Pembaca

Kurikulum Pendidikan Kedokteran Tentang Sel Darah Merah


Sel Darah Manusia 
 Sel Darah Manusia Sel darah digolongkan ke dalam dua jenis. Sel darah merah dan sel darah putih. 

Sel darah merah berfungsi untuk membawa dari sari makanan ke seluruh tubuh. Sel darah putih berfungsi untuk mencegah timbulnya penyakit. 

 Kurikulum pendidikan sekolah dasar telah membahas sel darah manusia ini. Dengan demikian diharapkan siswa-siswi sekolah dasar mengenal pengetahuan tentang sel darah. 

Dan selanjutnya bisa menjaga tubuh supaya tidak terjadi apa-apa dengan darah yang bisa membahayakan. Untuk mencegah kematian yang tidak diharapkan. Menjaga kesehatan darah perlu dilakukan sejak dini. 

Sayur-sayuran yang dikonsumsi mengandung vitamin A dan sejenisnya. Sedangkan buah-buahan mengandung vitamin C seperti buah jeruk. Kacang hijau mengandung vitamin B. 

Sementara daging dan ikan mengandung protein.  Air minum mengandung mineral. Pendidikan sekolah dasar memberi contoh transfusi darah yang mengeluarkan biaya besar. 

Perlu hati-hati dalam makan dan minum agar tidak ada masalah kesehatan seperti penyakit akibat kekurangan darah. Wajah pucat dan lesi adalah ciri-ciri tubuh kekurangan darah. 

Sementara badan lemah juga ada hubungannya dengan gejala penyakit kekurangan darah. 


Ditulis oleh :  I Wayan Budiartawan Staf redaksi majalah Elektron ITB, 1988-1992

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar