follow us

Sangat Berfaedah, 5 Kegiatan ini di Bulan Ramadan Versi Pelajar

Pilihan Pembaca

Sangat Berfaedah, 5 Kegiatan ini di Bulan Ramadan Versi Pelajar -  Selamat menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadan. Tidak terasa sudah memasuki hari ke-16. Semangat harus tetap dijaga hingga selesai. Ramadan adalah bulan yang paling mulia dan penuh berkah. Sahabat tau tidak, kenapa alasannya ? karena setiap kebaikan akan dilipatgandakan pahalanya.

Bulan ini penuh dengan pembelajaran, mulai dari menahan lapar dan haus serta hawa nafsu. Melatih kesabaran dan keikhlasan dalam setiap ibadah baik wajib atau sunnah, karena hanya mengharap ridho Allah SWT. 


Kehadiran Bulan Ramadan selalu ditunggu oleh umat Muslim, termasuk pelajar. Lantas apa saja kegiatan yang biasa dikerjakan oleh mereka untuk mengisi Bulan Ramadan? Setelah saya mengamati, maka saya dapat meringkas beberapa kegiatan pelajar sebagai berikut:

1. Ngabuburit Positif

Sangat Berfaedah, 5 Kegiatan ini di Bulan Ramadan Versi Pelajar

Sudah tidak asing dengan istilah "Ngabuburit" yang artinya mencari malam hingga tiba waktu berbuka puasa. Meski realitanya ngabuburit pelajar bermacam-macam, namun saya akan membahas yang positif. Misalnya, pergi ke kajian atau tilawah bersama di masjid  terdekatnya . 

2. Berwirausaha

Sangat Berfaedah, 5 Kegiatan ini di Bulan Ramadan Versi Pelajar

Ada juga pelajar yang kreatif dan selalu mengambil peluang dalam kesempatan. Misal, berjualan makanan untuk buka puasa atau membuka catering untuk menu sahur puasa. Melalui usaha itu, maka mereka dapat belajar menjadi seorang pengusaha, nantinya diharapkan dapat menciptakan sebuah lapangan pekerjaan untuk orang lain.

3. Bakti Sosial

Sangat Berfaedah, 5 Kegiatan ini di Bulan Ramadan Versi Pelajar

Salah satu dari amalan utama di Bulan Ramadan adalah banyak bersedekah. Sahabat pelajar bisa mengikuti kegiatan organisasi masyarakat atau organisasi pelajar lainnya. Biasanya tiap Bulan Ramadan sering mengadakan bakti sosial baik berupa uang, pakaian layak atau makanan untuk kaum dhuafa, anak yatim piatu atau lainnya yang membutuhkan. Bisa juga membagikan makanan buat buka puasa pada orang di jalanan, atau melakukan sahur on the road juga menarik.

4. Pesantren Kilat

Sangat Berfaedah, 5 Kegiatan ini di Bulan Ramadan Versi Pelajar
cakrawalamedia

Sesuai namanya yang berarti belajar singkat sebagai santri di sebuah pondok pesantren. Kegiatan ini bisa diikuti sahabat pelajar yang sudah libur sekolah untuk mendalami ilmu agama. Bahkan kadang di sekolahnya sendiri mengadakan pesantren kilat selama beberapa hari. 

5. Kursus

Sangat Berfaedah, 5 Kegiatan ini di Bulan Ramadan Versi Pelajar

Pilihan kursus juga tepat buat sahabat pelajar yang ingin menambah pengetahun di bidang apapun. Misal, kursus bahasa asing. Sahabat pelajar bisa mengikuti programnya, saat ini sudah banyak pilihan waktunya mulai dari mingguan bahkan sampai bulanan. Hal tersebut menyesuaikan kebutuhan pesertanya saja. 

Demikian 5 jenis kegiatan yang bisa dijadikan referensi untuk sahabat pelajar di seluruh Indonesia pada saat Bulan Ramadan. Semoga menginspirasi dan ibadah puasanya diterima oleh Allah SWT. Berharap dapat berjumpa lagi di puasa tahun berikutnya. Aamiin 

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar