follow us

Begini Pelanggaran dalam Pelaksanaan UNBK

Pilihan Pembaca


Begini Pelanggaran dalam Pelaksanaan UNBK

Begini Pelanggaran dalam Pelaksanaan UNBK - Halo adik-adik yang akan menempuh UNBK alias Ujian Nasional Berbasis Komputer, siapa nih yang sudah siap? Siapa yang sampai ikut les pelajaran di bimbingan sana sini? Siapa yang beli buku sampai setumpuk buat latihan soal? Atau ada juga yang santai-santai aja karena sudah yakin bisa? 

Nah kalian semua harus tau apa saja yang dilarang saat Ujian Nasional Berbasis Komputer(UNBK) berlangsung, karena sayang kan kalau kalian pintar dan bisa menjawab pertanyaan dengan benar tapi harus didiskualifikasi karena melanggar peraturan? Maka dari itu yuk inti papa saja hal atau perilaku yang dilarang di saat pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer ini.. Cekidot!! Ada 3 tingkat kualifikasi pelanggaran dalam UNBK :  

1. Ringan Pelanggaran : 
 · Pinjam meminjam alat tulis antar peserta ujian · Tidak membawa kartu ujian  
· Bertanya-tanya apapun perihal teknis UNBK pada sesame peserta ujian Sanksi : Peringatan secara lisan langsung dari pengawasan ujian  

2. Sedang Pelanggaran : 
Membuat kegaduhan didalam ruang ujian Sanksi : Pembatalan ujian pada mata pelajaran yang sedang diujikan saat itu oleh ketua panitia tingkat satuan pendidikan  

3. Berat Pelanggaran :  
· Membawa contekan dalam bentuk apapun ke dalam ruang ujian  
· Kerjasama dalam bentuk apapun dengan peserta ujian lain  
· Menyontek dan menggunakan bantuan berupa kunci jawaban  
· Meminta orang lain mengikut ujian mengatasnamakan peserta ujian (menggunakan joki untuk mengerjakan ujian Sanksi : 

Dikeluarkan dari ruang ujian dan dinyatakan mendapat nilai 0 (NOL) pada mata pelajaran yang sedang diujikan oleh ketua panitia tingkat satuan pendidikan Sudah tahukan apa saja yang bisa dianggap sebagai pelanggaran? Tengak-tengok, lirak-lirik, kode-kode, aduh pake kode segala tembak langsung aja keburu direbut orang.. Ups!! 

Kembali ke topik, jangan sampai kalian berbuat atau membuat gerak-gerik yang aneh karena gelagat kalian itu bisa dianggap pelanggaran oleh pengawas ujian. 

Para pengawas itu sudah jauh lebih lama berkecimpung di pendidikan dan pasti sudah hafal cara-cara menyontek, jadi sebaiknya JANGAN sekali-kali mencoba menyontek karena kalaupun kalian lulus tapi nilai kalian itu ZONK!!! dan nanti akan dibuktikan di jenjang selanjutnya. 

Ingat!! Sekali nyontek!! Tuman!! Pasti diulang-ulang dan keterusan sampe ke kancah kerja nanti, aduh amit-amit jangan sampai ya. 

Semangat adik-adik bangunlah masa depanmu dengan kejujuran, maka masa depan yang akan menghampirimu!!

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar