follow us

SUSAH FOKUS BELAJAR ? Yuk, cari tahu tentang Teknik Pomodoro

Pilihan Pembaca

SUSAH FOKUS BELAJAR ? Yuk, cari tahu tentang Teknik Pomodoro


SUSAH FOKUS BELAJAR ? Yuk, cari tahu tentang Teknik Pomodoro - Hai, apa kabar sobat ? Masih sibuk menghadapi ujian, tugas dan kejar target sana sini ? Ingin fokus belajar tapi selalu saja ada yang memecah konsentrasi kamu ? apalagi kamu tidak ingin ketinggalan berita terupdate, nonton drakor, terus balas pesan dari dia, eh iya dia hehe. Di satu sisi kamu ingin fokus belajar, tetapi disisi lain kamu juga tidak bisa lepas dari ponselmu. Hmm yuk cari tau caranya...

Oke salah satu caranya kamu harus mencoba Teknik Pomodoro

Apa sih Teknik Pomodoro itu? kok jarang banget ya dengar nya 

Inilah Teknik Pomodoro, teknik belajar management waktu yang diciptakan oleh Francessco Cirilio. Beliau menciptakan teknik ini di penghujung tahun 1980-an saat ia duduk di bangku kuliah. Pomodoro berasal dari bahasa Italia yang artinya ‘tomat’, karena saat Francessco mengembangkan teknik ini ia menggunakan timer dapur berbentuk tomat.

Awalnya, beliau adalah orang yang susah fokus dalam belajar, namun pada akhirnya ia menyadari pentingnya sistem belajar yang tetap baik dan seimbang bagi kondisi fisik maupun psikisnya.
Saat mulai mengembangkannya, ia menggunakan timer dapur, ia membagi waktu belajar menjadi interval ' jendela kerja' selama 25 menit. Setelah 25 menit 'jendela kerja' akan berakhir, kemudian diulangi waktu istirahat kurang lebih 5 menit. 

Terus apa sih manfaat teknik Podomoro ? 

 ☺ Meningkatkan fokus dalam melakukan suatu pekerjaan
 ☺ Meningkatkan Kedisiplinan
 ☺ Meningkatkan daya juang dan     konsentrasi
 ☺ Memaksimalkan waktu dan lebih efisien serta efektif
 ☺ Menjaga keseimbangan antara kondisi fisik dan psikis seseorang

\

Bagaimana cara menerapkan teknik Pomodoro ini?

1) Siapkan Timer dan tugas yang akan dikerjakan
2) Kamu harus mengerjakan suatu tugas dalam waktu 25 menit. Cobalah untuk fokus dalam mengerjakannya.
3) Aturlah timer dalam waktu 25 menit untuk mengerjakan tugas.
4) Bukan berarti  1 tugas dikerjakan dalam waktu 25 menit, namun bagilah tugas tersebut dalam beberapa bagian yang masing-masing bagian dikerjakan dalam waktu 25 menit.
5) Lalu setelah 25 menit mengerjakan, ambilah istirahat selama 5 menit, manfaatkanlah waktu itu untuk menyegarkan pikiran kamu seperti minum, berkeliling ruangan, buka ponsel (balas pesan) atau sebagainya. Ingat hanya 5 menit!
6) Kemudian kamu mulai mengerjakan tugas lagi di 25 menit berikutnya.
7) Setelah  sudah mengerjakan selama 100 menit ( 4 kali 25 menit) ambilah waktu istirahat yang lebih lama, sekitar 15 atau 20 menit.

Tapi sepertinya teknik ini membuat kita terpenjara banget, ya? Waktu istirahatnya sebentar banget
Tapi tenang sobat, sebenarnya tidak seperti apa yang dibayangkan. Tujuan utama dari teknik Pomodoro yaitu untuk membiasakan kita, terutama otak agar dapat fokus dalam mengerjakan sesuatu hal dan waktu yang sebentar itu tujuannya agar kita tidak kelewatan dalam beristirahat sehingga dapat memperlambat selesainya suatu pekerjaan. Nanti, kalau otak sudah terbiasa, kita tidak perlu lagi menggunakan timer, sehingga kita bisa mengatur fokus sendiri.

YUK, FOKUS BELAJAR !



SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar