follow us

Bingung Milih Jurusan Kuliah ? Agribisnis Aja

Pilihan Pembaca

Bingung Milih Jurusan Kuliah? Agribisnis Aja
Bingung Milih Jurusan Kuliah? Agribisnis Aja-Hai hai apa kabarnya nih sahabat shalaazz? Semoga baik-baik saja ya. Sahabat, shalaazz mau nanya nih. Ada yang lagi bingung mau ambil jurusan apa nggak? Kalo ada, shalaazz mau sharing pengalaman seputar salah satu jurusan yang cukup hits di kalangan mahasiswa pertanian! Yes! Pertanian, why not?

Agribisnis merupakan salah satu jurusan dari fakultas pertanian. Walaupun ada beberapa universitas yang meletakkan jurusan agribisnis di Fakultas ekonomi loh. Oh iya, for your information nih. Agribisnis itu peluang masuknya melalui jalur snmptn, sbmptn maupun jalur masuk yang lain cukup kecil, jadi sahabat shalaazz harus cukup berusaha keras ya. Jangan lupa belajar.

Agribisnis terdiri atas dua kata. Yaitu agri yang berarti pertanian dan bisnis yang dapat diartikan sebagai seni dalam mencari uang. Jadi, agribisnis adalah seni dalam mencari uang dibidang pertanian. Nah, apa aja ya yang dipelajari di agribisnis? Ada yang penasaran nggak?

Tenang sahabat, shalaazz bakal cerita kok. Jadi, di agribisnis materi kuliah yang dipelajari dimulai dari “hulu” hingga “hilir” yang terangkum secara rinci dan disebut sebagai subsistem agribisnis.

Nah, sahabat. Subsistem agribisnis ini tidak hanya dirumuskan oleh satu ahli saja, ada beberapa. Namun, kali ini shalaazz akan memaparkan subsistem agribisnis menurut Bungaran Saragih ada lima, yaitu :

1. Subsistem agribisnis hulu

2. Subsistem agribisnis on-farm

3. Subsistem agribisnis hilir

4. Subsistem agribisnis pemasaran

5. Kelembagaan penunjang

Untuk sahabat yang berasal dari jurusan IPA pas banget nih masuk agribisnis, karena banyak hitungan matematikanya. Untuk yang berasal dari jurusan IPS juga pas. Karena, materi kuliah di agribisnis itu banyak sosialnya sahabat.

Di agribisnis, sahabat juga bakal disibukkan oleh praktikum-praktikum yang berhubungan dengan budidaya tanaman baik hortikultura maupun perkebunan, sosialisasi maupun penyuluhan ke pedesaan, serta berkutat dengan program-progrem peng-input data seperti SPSS, DEA dan masih banyak lagi.

Jadi, demikian lah gambaran singkat tentang agribisnis ya sahabat. Semoga dapat menjadi referensi..

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar