follow us

Eliza Alfareza, Sosok Inspirasi Pendiri Komunitas Pemburu Beasiswa S2

Pilihan Pembaca

Eliza Alfareza, Sosok Inspirasi Pendiri Komunitas Pemburu Beasiswa S2

Eliza Alfareza, Sosok Inspirasi Pendiri Komunitas Pemburu Beasiswa S2
Tak bisa dipungkiri untuk mendapat informasi beasiswa S2 yang lengkap masih agak sulit jika dilakukan sendiri, apalagi hanya bermodal berselancar di internet. Jika kita coba cari manual di mbah Google pasti hanya berupa website resmi dan alur pendaftaran, padahal kenyataannya sekolah di negeri orang itu memerlukan banyak persiapan. Seperti kata pepatah “Malu bertanya, sesat di jalan.”, namun yang sering dialami oleh para pemburu beasiswa adalah “Tak tau mau tanya ke siapa? Kemana?”. Kita juga tidak dapat menjamin informasi yang berjajar rapih di mbah Google itu 100% akurat, karena jaman sekarang banyak sekali orang-orang yang tak bertanggung jawab menyebarkan informasi menyesatkan.            


Meraih beasiswa di dalam maupun di Luar Negeri mungkin telah menjadi impian banyak orang kususnya di Indonesia, kurangnya sumber pengetahuan adalah masalah utama bagi para pemburu beasiswa. Selain informasi yang dibutuhkan setiap orang adalah motivasi, lingkungan  satu visi. Impian itu jika di wujudkan sendiri akan terasa berat tapi jika diwujudkan bersama akan terasa jauh lebih mudah. "Kerjasama itu diibaratkan lidi jika ia sendirian ia akan patah tapi jika ia bersama maka akan bersih satu halaman" begitulah yang dikatakan Eliza Alfareza, S.Ag atau sering disapa Kak El. Seorang founder sekaligus ketua umum komunitas Nasional Pemburu Beasiswa S2 (PBS2) terketuk hatinya untuk mendirikan komunitas pada tanggal 15 Mei 2018 yang berpusat di Kota Palembang. 

Foto Pengurus Inti PBS2


Perlu diketahui Kak El tak berjalan sendiri, bersama beberapa temannya yang sekarang menjadi pengurus Inti PBS2 kak Joko Rusmansyah dari Surabaya, kak Aulia Mursydia dari Riau dan Kak Dandi Wahyu Saputra dari kota Palembang dengan penasehat mbak Vinny Dwi Melilny dari Kota Palembang yang saat ini tengah menempuh pendidikan di Kobe University Awardee ADB Jepang. Telah berhasil membuat Komunitas Nasional yang tersebar di seluruh Indonesia. Berawal dari grup online lalu merambah ke offline PBS2 kini menjadi wadah untuk megabungkan visi dan misi untuk mewujudkan mimpi bersama.

Tangkapan Layar Instagram PBS2



Sebenarnya Selain PBS2 Komunitas Informasi beasiswa sudah banyak terbentuk di Indonesia. Tetapi kebanyakan yang diberikan hanyalah sebatas Informasi. Sedangkan kak El mengatakan bahwa "Jika hanya Informasi bisa di dapatkan di mana saja dan sudah tersebar diberbagai sosial media namun, berbeda dengan PBS2. PBS2 diperuntukkan untuk yang memiliki keinginan besar untuk mendapatkan beasiswa namun dengan segala keterbatasanya tapi mau belajar, karena itu komunitas pemburu beasiswa S2 tidak hanya berfokus ke online tapi offline juga. 


Tujuannya PBS2 adalah untuk menumbuhkan Motivasi para Pemburu Beasiswa S2 dan juga menjadi perantara para calon intelektual pembaharuan Indonesia untuk mewujudkan mimpinya sebagai kontribusi terhadap kemajuan di Indonesia melalui Pendidikan". PBS2 memiliki jargon “Calon Intelektual Pembaharuan Indonesia.”

Eliza Alfareza saat hari wisudanya


Ok sekarang fokus ke pendirinya nih, sesuai judul artikel kita akan membahas lebih dalam sosok Eliza Alfareza, S.Ag atau yang lebih akrab di sapa Kak El. Tubuhnya mungil, cantik dan enerjik ini tak pernah kenal lelah, apalagi jika soal berburu beasiswa. Lahir di Jakarta Selatan pada tanggal 15 Januari 1996, mengenyam pendidikan mulai dari SD sampai berkuliah di kota pempek yaitu Palembang. Ia baru saja menyelsaikan pendidikan S1 nya di UIN Raden Fatah Palembang tahun 2018 dengan begron pendidikan Aqidah Filsafat Islam Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran di Kota Palembang Sumatera Selatan. 


Sosok yang dikenal dengan pemikiran idealis dan optimis itu tidak pernah mengenal kata menyerah. Kak El mengatakan "tidak ada yang mustahil di dunia ini selagi kita berusaha selebihnya serahkan pada Allah saja, karena masa depan ada ditangan kita tapi garis yang tidak dapat digenggam itulah yang disebut takdir”, motto hidupnya adalah “Harus terus bergerak meskipun sedikit, karena perjalanan hidup selalu dimulai dari langkah pertama" impianya sederhana, ia selalu mengatakan bahwa "sebaik-baik manusia adalah yang bisa menjadi bermanfaat bagi manusia lainnya" Kak El dikenal sebagai sosok yang visioner selalu bisa meyakinkan semua orang dengan kata-katanya memiliki jiwa

Leadership sebagai seorang penggrak dan pengubah pradikma semua orang, ia mengatakan bahwa apa yang ia lakukan adalah pengamalan ilmu yang ia pelajari di bangku kuliah dan ia sangat bangga dengan jurusanya Aqidah Filsafat Islam. Kini kak El sedang mempersiapkan diri untuk Apply beasiswa S2 nya salain itu kak El masih sibuk untuk mengembangkan kegiatan offline PBS2 di beberapa kota seperti Palembang, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Banten, Makassar dan Riau dengan dibentuknya kepengurusan PBS2 Study Club di beberapa kota.

Eliza Alfareza saat sampai di Jakarta untuk membuka PBS2 SC Jakarta


Tak tanggung-tanggung Kak El jaga lebih sering memantau langsung kegiatan Study Club sampai-sampai rela terbang meninggalkan Kota Palembang demi membuka Study Club di Kota Jakarta.  Sejauh ini PBS2 sudah tersebar diseluruh Indonesia dengan jumlah pengikut 19k bisa di cek di @pemburubeasiswas2. Dengan 50 orang pengurus yang berasal dari seluruh Indonesia. Dan Pembuatan club belajar offline untuk persiapan Apply S2 dan Peningkatan bahasa "PBS2 Study Club" di beberapa kota dengan tujuan agar setiap pemburu Beasiswa memiliki wadah belajarnya sendiri di kota masing-masing. 


PBS2 juga sudah berhasil membuat 41 kali Seminar online via Whatshapp yang narasumbernya adalah penerima beasiswa baik di dalam.dan di Luar Negeri dari berbagai Progam Beasiswa S1,S2,S3 Excanghe. Lebih dari 5 kali membuat kegiatan Seminar Offline Nasional dan Internasional dan sudah berhasil mendatangkan seorang pemateri yang berasal dari Negara Jerman di Kota Palembang. Harapannya 2019 dapat merembah seluruh Indonesia. Resolusi 2019 adalah Persiapan dan apply Beasiswa untuk semua member dan admin yang tergabung di PBS2 dengan mengadakan pelatihana Apply beasiswa baik online dan offline. 

  

PBS2 Berhasil mengadakan seminar offline di Palembang dan Jakarta

Semangat pantang menyerah tak pernah lepas dari kak El yang bagi kami sudah cukup menginspirasi. Ia mengatakan bahwa apa yang ia lakukan adalah bentuk kontribusi ia terhadap indonesia. Prestasi? Tak perlu dipertanyakan lagi, mulai dari juara lomba puisi antar sekolah, mahasiswa terbaik saat ospek, juara lomba pidato, sampai berhasil menjadi seorang awardee Bidikmisi Scholarship 2014-2018.

Pada tahun ini ia sedang berburu beasiswa bersama PBS2 dengan harapan 2019 Apply S2!! Ia mengatakan bahwa “Aku suka mengekspresikan diriku sebagaimana aku, karena aku suka jadi diri sendiri dan ini adalah apa adanya diriku” begitulah ucapnya yang menggambarkan bagaimana dirinya begitu yakin dengan apa yan dilakukan dan kekuatan yang paling besar yang ada pada dirinya adalah karena ia percaya diri. Dan itulah tentang kak Eliza Alfareza Fouder dan ketua umum Komunitas Nasional Pemburu Beasiswa S2.

Eliza Alfareza mendapat juara 3 Lomba Pidato


Jangan takut bermimpi besar karena orang besar dulu tumbuhnya dari orang-orang kecil yang bermimpi besar



SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar