follow us

8 PROGRAM BEASISWA S1 YANG BISA KAMU MANFAATKAN

Pilihan Pembaca

8 PROGRAM BEASISWA S1 YANG BISA KAMU MANFAATKAN
8 PROGRAM BEASISWA S1 YANG BISA KAMU MANFAATKAN - Berbagai masalah yang berkaitan dengan ekonomi di negeri ini, mau tidak mau muncul ke permukaan. Hal ini dipicu karena pemerataan ekonomi di Indonesia yang masih belum tuntas. Salah satu dampak nyata yang terjadi bisa kita lihat dari kualitas pendidikan. Jika kita amati, masih banyak sekali anak bangsa yang tidak bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi karena terhalang masalah biaya. Namun, meski seperti itu keadaannya jangan lagi khawatir. Sekarang ini, cukup banyak lembaga yang menawarkan beasiswa S1 yang bisa kamu ikuti.

Nah, ini dia 8 Program Beasiswa S1 yang bisa kamu manfaatkan :

1. BEASISWA ASTRA
Siapa nih yang nggak tahu perusahan Astra? Perusahaan besar bernama PT Astra International Tbk, ini bergerak di bidang Teknik. Perusahaan ini menyediakan sebanyak 2 macam beasiswa S1 untuk kamu para pengejar beasiswa loh.
Pertama, beasiswa S1 yang diberikan khusus kepada mahasiswa yang menempuh pendidikan di Pulau Jawa. Diutamakan untuk mahasiswa yang mengambil jurusan Teknik, Psikologi, Ekonomi, Statistik, dan juga IT selama menempuh pendidikan di semester 2, 4, atau 6. Beasiswa yang diberikan yaitu berupa dana uang sebesar Rp. 5.000.000. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan pelatihan untuk memperluas jaringan dengan para profesional-profesional Astra.
Kedua, beasiswa S1 yang diberikan kepada mahasiswa yang sedang menempuh tugas akhir untuk membantu biaya selama skripsi. Nah, cocok untuk kamu yang sedang berperang dengan skripsi nih hehehe. Beasiswa ini disalurkan melalui Yayasan Toyota Astra dengan jumlah uang yang diberikan sebesar Rp. 250.000/bulannya. Selain itu, disediakan juga beasiswa untuk penelitian dan disertasi.

2. DJARUM BEASISWA PLUS
Ini nih, beasiswa yang sudah cukup populer di Indonesia. Untuk mahasiswa penerima beasiswa dari Djarum ini diberi nama Beswan Djarum. Para Beswan Djarum ini mendapatkan beasiswa selama satu tahun. Tidak hanya itu, mereka juga mendapatkan berbagai pelatihan guna meningkatkan soft skill. Antara lain pelatihan Character Building, Leadership development, Nation Building, Competition Challenger, dan juga International Exposure. Keren kaaan? Hehehe

3. BEASISWA SAMPOERNA FOUNDATION
Beasiswa yang satu ini diberikan oleh PT HM Sampoerna Tbk, melalui Sampoerna Foundation. Salah satu kriteria penerima beasiswa ini adalah para mahasiswa yang memiliki kegigihan dan semangat yang tinggi untuk membangun negeri tercinta ini. Beasiswa yang diberikan berupa pembiayaan kuliah selama 4 tahun dan juga uang saku. Tidak hanya itu, namun para penerima beasiswa juga mendapatkan tunjangan biaya buku dan juga internet. Wah, mantap ya. Ayo, buruan kejar beasiswanya hehehe.

4. BEASISWA ORBIT HASRI AIUNUN HABIBIE
Dulu bernama Yayasan Amal Abadi Beasiswa ORBIT, sekarang berganti menjadi Yayasan Amal Abadi Beasiswa ORBIT Hasri Ainun Habibie sebagai penghargaan atas meninggalnya almarhumah Ibu Ainun Habibie. Yayasan ini sudah berdiri sejak tahun 1992.

Beasiswa ini ada dua macam kategori yaitu reguler dan unggulan. Beasiswa reguler diperuntukkan untuk mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi selama satu tahun. Beasiswa yang diberikan berupa dana sebesar Rp.750.000/bulan selama satu tahun ajaran.

Sedangkan beasiswa unggulan diberikan kepada mahasiswa yang menempuh perguruan tinggi negeri dari awal semester sampai akhir. Beasiswa yang diberikan berupa biaya pendaftaran masuk kuliah, biaya pembayaran buku, biaya kost per bulan. Tidak hanya itu, kamu juga mendapatkan uang saku perbulan loh.

5. BIDIK MISI

Beasiswa bidik misi adalah beasiswa yang diberikan oleh pemerintah RI melalui Dikti. Untuk jenjang D3, beasiswa diberikan salama menempuh pendidikan 6 semester. Sedangkan untuk jenjang D4, beasiswa diberikan selama menempuh pendidikan 8 semester.

6. BBP-PPA
Sama halnya dengan beasiswa Bidik misi, beasiswa ini juga diberikan oleh Pemerintah RI melalui Dikti. Penerima mendapatkan bantuan berupa uang tunai selama 2 semester yang diberikan antara semester 2-8. Bahkan, bagi yang mempunyai prestasi akademik sejak SMA maka bisa mendapatkan beasiswa ini sejak awal semester.

7. BCA FINANCE
Beasiswa BCA Finance ini diberikan kepada mahasiswa setelah melewati semester 2 perkuliahan. Beasiswa yang diberikan berupa dana sebesar Rp.3.000.000 yang diberikan sampai semester 8. Eits, tapi ada syaratnya loh teman-teman hehehe. Adapun persyaratan untuk bisa mendapatkan beasiswa ini yaitu untuk PTN mahasiswa memiliki IPK minimal 3,0 dan untuk PTS mahasiswa memiliki IPK minimal 3,4. Dan mahasiswa juga harus aktif dalam organisasi.

8. BEASISWA BFI FINANCE
BNI Finance tak hanya menawarkan beasiswa loh teman. Tapi juga menawarkan jaminan untuk bekerja di perusahaan BNI Finance sendiri. Serta berkesempatan menjadi peserta Management Trainee Program (MTP) BNI Finance. Beasiswa ini diperuntukkan untuk mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan semester 4-8 untuk semua jurusan. Namun, jurusan Ekonomi diutamakan. Beasiswa yang diberikan berupa biaya kuliah sampai semester akhir, uang saku, subsidi buku, dan juga biaya tugas akhir.

Nah, informasi beasiswa sudah. Tinggal action ya teman. Selamat berjuang :)


SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar