follow us

7 Langkah Meraih Beasiswa Luar Negeri Rekomendasi Awardee

Pilihan Pembaca

7 Langkah Meraih Beasiswa Luar Negeri Rekomendasi Awardee


7 Langkah Meraih Beasiswa Luar Negeri Rekomendasi Awardee - Mendapat beasiswa untuk melanjutkan study ke luar negeri memang banyak diimpikan para pelajar di Indonesia, namun begitu banyak pertanyaan yang muncul di kepala saat memikirkannya. Salah satunya adalah kelengkapan dan apa saja yang harus dipersiapkan? Nah untuk membantu menjawab pertanyaan tersebut, mimin ingin memberikan info tentang langkah-langkah yang menjadi tangga penghantar kita meraih Beasiswa Luar Negeri. Cekidot!!

1. Menentukan Negara  yang akan Dituju

Menentukan negara tujuan kita adalah unsur paling penting untuk melanjutkan kuliah ke luar negeri, memperimbangkan beberapa poin seperti Lingkungan, kemanan, politik negara, alam dan cuaca, tingkat ekonomi, sosial dan budaya, dan masih banyak lagi menyesuaikan masing-masing orang. Dimana kita bisa mendapat informasi tersebut? Informasi lengkap silahkan lihat melalui Sosial Media PPI Negara masing-masing sesuai dengan negara yang akan kita tuju.

2. Memilih Kampus yang Sesuai


Langkah selanjutnya adalah memilih kampus yang paling ideal untuk kita berdasarkan passion kita masing-masing, nah sedikit tips memilih kampus diluar negeri ialah dengan melihat rangking kampus tersebut.

3. Student Exchange


Pertukaran Pelajar atau sering disebut dengan student exchange tersedia dengan banyak program, contohnya ada program summer school, lalu mengikuti kompetisi(competition), ada juga dengan cara mengikuti diskusi forum, lalu ada symposium, dan masih banyak lagi. Untuk biayanya tergantung dari penyelenggara program masing-masing.

4. Beasiswa


Selain dengan cara mengikuti pertukaran pelajar, kita bisa menjejakkan kaki di luar negeri melalui beasiswa yang banyak jenisnya seperti beasiswa dari pemerintah (LPDP dan DIKTI), ada juga yang diberikan oleh negara yang bersangkutan contohnya AAS dari Negara Australia. Atau ada juga beasiswa yang diberikan dari kampus/lembaga tertentu.

5. CV


Jangan sepelekan dalam membuat CV karena CV adalah salah satu hal penting dalam meraih beasiswa luar negeri, Why? Because CV can influence the assessment team's interest in you, dengan CV mereka bisa mendapat gambaran siapa kamu dan bagaimana kamu apakah pantas mendapat beasiswa yang akan mereka berikan. Beberapa unsur penting dalam CV :

  • Personal detail
  • Education and qualification
  • Work experience
  • Conference/seminar
  • Interests
  •  Achievement
  • Skills.


6. Motlet

Motivation Letter ialah gambaran dari kesibukan kita, cita-cita kita, alasan dan tujuan kuliah kita, dll. Hindari ini dalam membuat Motivation letter : bagging/mengemis, dan kalimat yang tidak jelas arah tujuannya.

Sebaiknya Motivation Letter memuat :

  • Paragraph I: Itroductions(perkenalkan dirimu)
  • Paragraph II : What are you doing now? Your achievement(tunjukan kegiatan kamu dan penghargaan yang pernah kamu dapat)
  • Paragraph III : The important of your study program(Apa yang penting dari program studi kamu)
  • Paragraph IV : Your future plan(ceritakan rencana kamu ke depannya)


7. Interview

Babak penutup setelah seleksi kelengkapan dokumen, jika kita lulus tahap ini maka kita adalah orang-orang hebat yang beruntung dan terpilih. Sedikit tips supaya kita bisa lolos tahap interview adalah Menguasai beberapa pertanyaan yang paling sering ditanyakan, seperti :
  1. Why we should accept you?
  2. What is your gratest strength and weakness?
  3. Why you choose this country/university?
  4. Tell me more about your future plan after your study?


Usai sudah sedikit info dari mimin semoga teman-teman pembaca dapat ilmu dari tulisan yang singkat padat dan kurang jelas ini ya. Akhir kata Salam Literasi..





SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar