follow us

5 Cara Mudah Daftar Kuliah ke UIN IAIN &STAIN, Mau?

Pilihan Pembaca

5 Cara Mudah Daftar Kuliah ke UIN IAIN &STAIN, Mau?


5 Cara Mudah Daftar Kuliah ke UIN IAIN &STAIN, Mau? - UIN, IAIN & STAIN merupakan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri yang tersebar di Indonesia, dibawah payung Kementerian Agama yang banyak sekali diminati oleh calon Mahasiswa-Mahasiswi dari seluruh Nusantara, terutama lulusan Pondok Pesantren. selain nuansa kegiatan belajar mengajar yang islami, calon Mahasiswa juga akan nilai plus karena mumpuni dalam bidang agama maupun bidang umum. banyak juga kegiatan Mahasiswa baik itu intra kampus maupun ekstra kampus yang dapat dipilih guna mengembangkan minat dan bakat.

Ada beberapa langkah untuk mendaftar ke UIN, IAIN & STAIN, diantaranya:


1. Daftar melalui SNMPTN

Melalui jalur seleksi undangan nasional untuk siswa-siswi lulusan tahun ini yang ingin melanjutkan ke PTN di Indonesia dan juga berprestasi. SNMPTN ini hanya untuk jalur umum (bukan keagamaan). biasanya daftar seleksi SNMPTN ini akan dibantu oleh pihak Sekolah dan harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. pihak Sekolah akan mengisi data PDSS SNMPTN di alamat pdss.snmptn.ac.id. setelah mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah, siswa-siswi melakukan konfirmasi di alamat web pdss.snmptn.ac.id dan melanjutkan pendaftaran SNMPTN online ke alamat web.snmptn.ac.id

2. Daftar melalui SBMPTN

Melalui jalur seleksi ujian tertulis yang diperuntukan lulusan tahun ini maupun lulusan 3 tahun terakhir, program studi yang ditawarkan hanya untuk umum (bukan keagamaan), biasanya memerlukan biaya dengan cara transfer melalui bank. mendaftar SBMPTN melalui online dengan mengunjungi link pendaftaran.sbmptn.ac.id

3. Daftar Melalui SPAN-PTKIN

Jalur seleksi undangan nasional untuk siswa-siswi lulusan tahun ini yang ingin melanjutkan ke PTKIN di Indonesia, seperti UIN, IAIN atau STAIN. tahap mendaftar SPAN-PTKIN harus mendapatkan surat rekomendasi dari Kepala Sekolah. selanjutnya siswa-siswi dapat mendaftar melalui www.span-ptkin.ac.id

4. Daftar melalui UM-PTKIN

Jalur seleksi ujian tertulis untuk masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di Indonesia seperti UIN, IAIN & STAIN. Pendaftarannya dapat dilakukan secara online melalui www.um-ptkin.ac.id.

5. Daftar Melalui Bidikmisi

Bantuan biaya pendidikan untuk calon Mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu, namun memiliki prestasi, sehingga layak untuk terus melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. calon peserta sebelum mendaftar bidikmisi harus mendapatkan surat rekomendasi dari Kepala Sekolah, kemudian dapat melakukan pendaftaran ke bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id lalu pilih fitur siswa. Login menggunakan kode akses pendaftaran dari Kepala Sekolah. Adapun informasi terkait bidikmisi di setiap  kampus dapat diakses dibagian akademik kampus yang ingin kamu tuju.

6. Daftar melalui Jalur Mandiri

Jalur seleksi Mandiri yang diadakan setiap kampus, biasanya seleksi jalur Mandiri ini akan diadakan paling terakhir, peluang lulus nya pun akan semakin besar, namun biaya pendaftaran seiring berjalannya waktu, setiap tahunnya mengalami kenaikan. kabar baiknya, setiap kampus yang mengadakan seleksi jalur mandiri ini akan mengadakan Bimbingan Tes Masuk UIN, IAIN maupun STAIN. 

Itulah beberapa langkah daftar kuliah ke UIN, IAIN, & STAIN yang bisa kamu coba, semoga bermanfaat. Jangan lupa share tulisan ini sebanyak-banyaknya. Terimakasih.

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar