follow us

Tips Manajemen Waktu Bagi Pelajar/Mahasiswa TERLENGKAP

Pilihan Pembaca

Tips Manajemen Waktu Bagi Pelajar TERLENGKAP



Tips Manajemen Waktu Bagi Pelajar TERLENGKAP - Hai sobat shalaazz. memasuki semester baru tentunya sobat sekalian ingin lebih baik dalam memanajemen waktu. Yang pada semester-semester sebelumnya banyak waktu yang terbuang sia-sia dan tak jarang juga banyak sekali waktu yang susah bersahabat (baca: waktu padat).

Tentunya sobat sekalian merasa seperti ada yang salah, atau ada yang tidak seimbang dalam mengatur waktu, baik waktu untuk keluarga, untuk belajar/pendidikan, untuk berorganisasi, maupun untuk berekreasi. Nah, kali ini ada beberapa tips dalam memanajemen waktu untuk sobat-sobat shalaazz yang super-super padat merayap agar lebih efesien dalam pengelolaan waktu. yuk simak,

1. Buat daftar hal-hal yang harus kamu lakukan.

To-do lists yang baik dan efisien haruslah mencakup tugas-tugas dan kegiatan saat ini serta tugas-tugas yang harus diselesaikan dalam waktu dekat.

2. Belajar mengatur prioritas.

Tugas utama harus berada di peringkat lebih tinggi dalam daftar. cobalah untuk mengaplikasikan prinsip pareto di mana sekitar 80% dari prestasi yang dihasilkan dengan melakukan 20% usaha.

3. Lakukan delegasi untuk menyelesaikan tugas.

Kunci sukses manajemen waktu adalah delegasi. jangan mencoba untuk menyelesaikan semua tugas sendirian.

4. Belajar mengatakan "TIDAK".

Belajar untuk sekali-sekali mengatakan TIDAK dan menolak tugas-tugas yang tidak dapat dilakukan.

5. Bagi tugas menjadi beberapa bagian.

Pecah tugas-tugas panjang yang tidak ingin dilakukan atau terlalu sulit menjadi beberapa kegiatan yang lebih kecil dan lebih mudah dikelola.

6. Perfeksionisme membutuhkan waktu.

Perfeksionisme membutuhkan waktu maksdunya?mkasudnya Berkutat tiada akhir dalam mencari kesempurnaan untuk hal-hal sepele adalah buang-buang waktu.

7. Kenali waktu di mana kamu lebih produktif.

Kinerja tidak sama sepanjang waktu. ada saat-saat di mana hari ini lebih produktif sementara di waktu lain produktivitas menurun karena berbagai alasan.

8. Cobalah untuk tidak menunda.

Cobalah untuk tidak menunda kegiatan untuk lain waktu, karena di bawah tekanan waktu lebih memungkinkan melakukan kekeliruan dan mengambil keputusan yang salah.

9. Hindari hal-hal yang dapat mengalihkan perhatian.

Selama jam kerja, cobalah untuk menemukan saat-saat di mana tidak ada yang bisa mengganggu aktivitas.

10. Menganalisa di mana kamu menghabiskan waktu.

Pahami di mana kamu menghabiskan waktu. untuk melakukan itu, kamu dapat menggunakan log (catatan rekaman) untuk merekam aktivitas.

Jika kamu sudah bisa mengelola waktumu, kamu akan juga mengetahui bagaimana mengelola hidup, kapan lulus, kapan kerja, bahkan kapan nikah. Waktu tidak akan dapat diulang, maka dari itu pergunakanlah se-efesien mungkin. Mulai saat ini Stop saying "I Wish", but Start Saying "I Will".







SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar