follow us

Student Exchange Hunters Wajib Tahu Jenis dan Perbedaannya

Pilihan Pembaca

Student Exchange Hunters Wajib Tahu Jenis dan Perbedaannya


Student Exchange Hunters Wajib Tahu Jenis dan Perbedaannya - Hai sahabat Shalaazz, jumpa lagi dengan Pipit. Kali ini akan membahas tentang Student Exchange.

Masih bulan awal di tahun 2019, semoga semangatnya semakin tinggi untuk mewujudkan impian satu-persatu termasuk Go Abroad. Mungkin diantara kalian sudah tidak asing dengan istilah "Student Exchange" bukan?. Biasa diartikan adalah Pertukaran Pelajar. Pesertanya adalah seorang pelajar atau pemuda. 

Jenis-jenis Student Exchange:

1. Student Exchange National

    Pertukaran pelajar di negara yang sama. Biasanya karena adanya kerjasama antar lembaga. Misalnya pertukaran pelajar pada dua universitas yang berbeda di Indonesia. Biasanya mahasiswa menetap selama satu semester atau lebih di salah satu kampus lain. Terdapat juga program dari pemerintah yaitu PERMATA (Program Mahasiswa Nusantara). Selain belajar materi kuliah, keuntungan lain yang didapat adalah wawasan budaya, sejarah dan lainnya  di tempat tersebut. Tidak hanya mahasiswa saja, Namun siswa SMA juga bisa mengikuti program pertukaran pelajar nasional. 

2. Student Exchange International

    Berbeda dengan pertukaran pelajar nasional, sesuai dengan namanya maka pesertanya Internasional juga. Saat ini banyak mahasiswa Internasional yang kuliah di Indonesia karena adanya MOU (kerja sama) antar Universitas. Begitu juga sebaliknya, mahasiswa Indonesia belajar di negara lain.

Keunggulannya banyak yang didapat selama mengikuti program ini karena biasanya banyak belajar di negara yang sudah maju. Hanya perlu disiapkan mental dan fisik untuk menghadapi budaya yang berbeda dan musimnya juga. 

Sahabat Shalaazz wajib tau jenis-jenis Student Exchange:


a. Short Term Exchange

    Pertukaran dalam rentang waktu pendek, hanya sekitar 1 minggu sampai 3 bulan. Biasanya program ini diadakan oleh pemerintah guna mengikuti pelatihan untuk mendukung tercapainya tujuan dari penyelenggara, misal atau meningkatkan jiwa kepemimpinan. Misal PPAN (Pertukaran Pemuda Antar Negara), Sakura Exchange Program.

b. Long Term Exchange

    Program ini berjalan dalam rentang waktu cukup lama, minimal 6 bulan atau 1 tahun. Diikuti oleh siswa/mahasiwa yang ingin belajar di negara lain, baik sekolah biasa atau melakukan riset disana. Bahkan ada yang kuliah

Informasi seputar exchange bisa diperoleh dari website kedutaan besar masing-masing negara, sekolah, kampus atau media sosial. 
Semoga bermanfaat 

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar