follow us

Begini Sistem Perkuliahan Undergraduate (S1) di Amerika, Siapkan ya!

Pilihan Pembaca

Begini Sistem Perkuliahan Undergraduate (S1) di Amerika, Siapkan ya!


Begini Sistem Perkuliahan Undergraduate (S1) di Amerika, Siapkan ya! - Sebelum kita masuk dan berkecimpung di dunia perkuliahan. Kita harus mengetahui sistem perkuliahan di kampus yang kita minati. Karena dengan mengetahui sistem yang ada di kampus tersebut, kita seenggaknya tahu apa yang perlu dipersiapkan untuk menjadi mahasiswa yang benar-benar sudah matang dalam menentukan pilihan studi lanjutannya. 

Mungkin ada yang berminat melanjutkan studi lanjutannya di Dalam Negeri atau bahkan ingin melanjutkan studinya dengan suasana yang berbeda yaitu di Luar Negeri. Yang tentunya perlu memahami betul sistem perkulihan yang ada di kampus tersebut. Perlu dipahami, perkuliahan di Dalam Negeri dengan perkuliahan di Luar Negeri, mempunyai perbedaan dalam hal sistemnya, tidak terkecuali Amerika. Siapa yang tidak tahu Universitas-Universitas terkenal yang ada di Amerika, seperti University of Colorado, University of Chicago, Harvard University, dan masih banyak lagi Universitas-Universitas yang terkenal lainnya yang ada di Amerika Serikat.

Berbicara mengenai sistem perkulihan yang ada di Amerika Serikat, ada yang disebut dengan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Math). Apa hubungannya dengan sistem pendidikan di Amerika Serikat?  Dalam hal ini mahasiswa yang khususnya Undergraduate (S1) dalam dua tahun pertama, diwajibkan untuk mengambil kelas-kelas yang dikenal dengan mata kuliah persyaratan yaitu STEAM itu sendiri sebagai pondasi sebelum mengkhususkan diri dalam bidang studi yang lebih spesifik.

Keunikan selanjutnya adalah major atau jurusan perkuliahan dapat kita ubah lebih dari satu kali. Jangan heran, hal ini sudah wajar terjadi karena rata-rata mahasiswa Amerika memiliki keunggulan atau minat yang lebih dalam bidang-bidang tertentu. Tetapi perlu diperhatikan, bahwa pada saat kita mengganti major, otomatis waktu perkulihan dan biaya yang kita keluarkan lebih banyak. 

Yang pada lazimnya lama pendidikan 4 tahun bisa jadi molor (red: mahasiswa abadi). Untuk tamatan program Undergraduate ini diberi gelar  Bachelor of Arts (BA) atau Bachelor of Science (BS). Unik bukan? Paparan di atas masih sebagaian kecil keunikan sistem pendidikan di Amerika Serikat. Sebenarnya masih banyak lagi hal-hal yang menarik lainnya mengenai sistem pendidikan yang ada di Negara Adi Daya Amerika ini yang akan kami posting di lain kesempatan. 

Happy reading!

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar