follow us

Sistem Pendidikan Perancis (Système Éducatif Français) LENGKAP TERBARU

Pilihan Pembaca

Sistem Pendidikan Perancis (Système Éducatif Français) LENGKAP


Sistem Pendidikan Perancis (Système Éducatif Français) LENGKAP TERBARU - Siapa yang tidak kenal dengan negara perancis. Perancis merupakan salah satu negara bagian di Eropa yang memiliki berjuta pesona, baik dari segi wisata alamnya, kuliner dan pendidikannya. Banyak wisatawan baik dari Indonesia mapaun negara bagian lainnya yang berkunjung kesana. 

Perancis memiliki ikon wisata yang begitu terkenal di penjuru dunia yaitu menara Eifel. Dibalik keterkenalan ikonnya perancis juga terkenal dengan pendidikannya. Sistem pendidikan di Perancis yaitu menganut sistem sentralisasi (berpusat pada pemerintahan). Pemerintah mewajibkan pendidikan 16 tahun bagi warganya dan menerapkan sekolah gratis pada setiap jenjangnya. Pendidikan di perancis dibagi menjadi empat jenjang yaitu :

Maternelle (Sekolah playgroup/pra sekolah dan TK) mulai dari usia 2 tahun
Tidak jauh berbeda seperti negara-negara yang lainnya Perancis juga menerapkan sekolah pra sekolah atau Ecole Maternelle. Anak pada usia 2 tahun sudah bisa memasuki jenjang prasekolah dengan syarat-syarat tertentu. Meski pada umumnya dinegara lain usia prasekolah antara usia 3 sampai 4 tahun. Pendidikan pra sekolah dibagi menjadi tiga tingkat yaitu kecil, sedang dan besar. Jenjang Maternelle dibagi menjadi Toute Petie Section (anak usia 2 tahun), Petit Section (anak usia 3 tahun), Moyen Section (anak usia 4 tahun, memasuki TKA), Grand Secsion (anak usia 5 tahun, memasuki TKB). Jenjang ini anak diajarkan untuk hidup berkelompok, mengajari berbagai keterampilan, serta mengenalkan huruf dan angka.

Pendidikan Dasar

Pendidikan Dasar di Perancis dimulai dari usia anak 6 tahun dengan lama pendidikan 5 tahun. Jenjang ini menggabungkan antara dasar pendidikan dan kesenangan atau bermain, ini merupakan suatu pendekatan yang terbukti berhasil untuk mendidik peserta didiknya. Jenjang pendidikan dasar meliputi : Persiapan (CPI) setara dengan kelas 1 SD, Dasar 1 (CE1) setara dengan kelas 2 SD, Dasar 2 (CE2) setara dengan kelas 3 SD, Menengah (CM1) setara dengan kelas 4 SD dan Menengah 2 (CM2) setara dengan kelas 5 SD. Tujuan dari pendidikan dasar ini adalah guna mengajarkan anak-anak hidup bermasyarakat, memberikan kemampuan membaca dan berhitung dengan baik serta persiapan untuk melanjutkan ke pendidikan menengah (lycess dan colleges).

Enseignemet Secondaire (Pendidikan Menengah)

Pendidikan menengah ini diagi menjadi 2 yatu menengah pertama (lycess) setara dengan SMP dengan lama pendidikan 4 tahun. Dikelas tingkat akhir mereka diberi pilihan untuk mengambil jurusan ke sekolah lanjutan. 2eme degre : a) 1ere cycle 6me anak usia 11 tahun setara dengan anak kelas 6 SD, b) 1ere cycle 5eme usia 12 tahun setara dengan kelas 1 SMP, c) 1ere cycle 4eme usia 13 tahun setara dengan kelas 2 SMP, d) 1ere cycle 3eme usia 14 tahun setara dengan kelas 3 SMP. Bagi anak yang lulus akan mendapat status Colleges dan memilih ke jurusan Baccalaureat (jalur umum) atau memilih jurusan CAP/BEP selama 1-2 tahun setelah lulus dapat langsung bekerja.

Pendidikan menengah Atas setara dengan SMA atau SMK sederajat lama pendidikan yaitu 3 tahun. Yaitu kelas 2, kelas 1 dan kelas terminal, jalur Baccalaureat yaitu : a) 2eme cycle 2 eme usia 15 tahun setara dengan kelas 1 SMA, b) 2eme cycle 1 ere usia 16 tahun setara dengan kelas 2 SMA, c) terminal, usia 17 tahun setara dengan kelas 3 SMA. Bagi yang lulus aka mendapatkan gelar BAC-s (Scientific), BAC-ES (Economi) atau BAC-L (Litteraire). Sejak tahun pertama jurusannya telah ditentukan, gelarnya tergantung pemilihan anak diwal memasuki jenjang kelas menengah atas.

Pendidikan Tinggi

Pendidikan tinggi di Perancis menganut Dual System (sistem ganda) yaitu Universites dan Grande Ecole. Terdapat perbedaan antara Universites dan Grande Ecole, yaitu Universitas di bawah Kementerian Pemuda, Nasional dan Riset  serta bersifat teoritis dan umum, sedangkan Grandes Ecole di bawah Kementerian Teknis dan bersifat teknis.

Grande Ecole memiliki seleksi yang ketat untuk merekrut mahasiswanya. Grande Ecole yang terkenal adalah “Polytecnique” di bawah Departeman Pertahanan. Hal unik yang terdapat di polytecnique adalah mengenakan ceremonial military uniform dan tricorn pada acara resmi termasuk acara wisuda. Grande Ecole menerapkan masa study bagi mahasiswanya selama 5 tahun. Ada perbedaan sistem anatara Grande Ecole dan Universitas dalam tahun yang sama.


Perbedaan tersebut yaitu :


University : First Year, Second Year, Licence (L3) : Bachelor Degree, Maitrise (Master 1), Master DEA or DESS (Master 2), Doctorat

Grande Ecole : Classe Prepartoire_First Year (Kelas Persiapan, Classe Prepartoire_Second Year (Kelas persiapan), First Year (Diplone d’ingeneur/Bachelor Degree), Second Year (MI, Third Year (M2), Doctorat

Sistem Pendidikan di Perancis dari awal sudah membentuk bakat dan minat siswanya, sehingga memudahkan dalam pemilihan pendidikan tingginya. Siswa tidak berlomba-loma masuk pada jurusan teknik, karena bakat dan minat yang berbeda. Siswa idak ditekankan untuk menguasai keseluruhan mata pelajaran.

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar