follow us

Program Beasiswa PERMATA Pertukaran Mahasiswa Antar Tanah Air Lengkap

Pilihan Pembaca



Program Beasiswa PERMATA Pertukaran Mahasiswa Antar Tanah Air - Hai sahabat Shalaazz, jumpa lagi dengan Pipit. Jangan bosan dengan topik "Student Exchange" yang akan dibahas oleh saya di dalam artikel tiap minggunya. 

Apakah sahabat Shalaazz ingin merasakan exchange ?. Boleh dicoba dulu dari tingkat nasional, lalu internasional. Ada salah satu program keren dari Belmawa Ristekdikti. Mari simak penjelasan di bawah ini 😊

Program PERMATA

Pertukaran Mahasiswa Antar Tanah Air adalah program dari Direktur Jenderal Kebudayaan dan Kementerian Riset Teknologi Pendidikan Tinggi. Program ini dimulai dari tahun 2014 dan masih berlanjut saat ini. Pesertanya adalah melibatkan mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia yang berjalan selama satu semester. Mahasiswa akan melanjutkan belajar di perguruan tinggi lain sesuai jurusannya. Peserta PERMATA akan mengikuti kuliah sesuai kredit sks perguruan tinggi yang dipilih. Bisa digantikan dengan SKS yang ditetapkan di perguruan tinggi asal, kecuali mata kuliah wajib. Program ini menggunakan metode resiprokal (masing-masing perguruan tinggi harus mengirim dan menerima mahasiswa).


Tujuan PERMATA

1. Menjalin silaturrahmi antar perguruan tinggi melalui kerjasama dan tetap menjaga komunikasi.
2. Meningkatkan wawasan kebangsaan Indonesia.
3. Meningkatkan pengetahuan kebudayaan setempat yang menjadi tempat pertukaran untuk belajar.
4. Meningkatkan solidaritas. 
5. Memberikan pengalaman suasana belajar di tempat lain. 
6. Melatih mahasiswa mampu bergaul dengan mahasiswa lainnya yang berbeda latar belakang. 

Persyaratan PERMATA

1. Mahasiswa minimal semester 5.
2. Memiliki Indeks Prestasi Akademik diatas 3, bahkan untuk periode 2017/2018 minimal 3,25.
3. Sehat Jasmani.
4. Non Bidikmisi untuk periode 2017/2018, karena biaya hidup selama di mengikuti program ditanggung masing-masing universitas asal.
5. Melampirkan sertifikat prestasi (akademik, seni, olahraga dan lainnya) jika ada.
6. Mampu menjaga nama baik almamater.


Cara Mendaftar PERMATA

1. Mencari informasi di bidang kemahasiswaan universitas masing-masing.
2. Menyiapkan berkas yang dibutuhkan sebagai persyaratannya. 
3. Mendaftar ke Universitas.
4. Mengikuti seleksi yang menyesuaikan dengan perguruan  tinggi masing-masing. Ada yang seleksi di tingkat fakultas dulu sebelum tingkat universitas. Lalu akan dipilih dua mahasiswa terbaik yang akan mengikuti program PERMATA selama satu semester.
5. Pemberitahuan masing-masing perguruan tinggi pada perguruan tinggi lainnya yang akan dituju. Pihak universitas akan mengirim daftar nama mahasiswa yang akan dikirim.
6. Menunggu perguruan tinggi yang dituju menerima. 
7. Lalu, mengurus surat penugasan dari perguruan tinggi.
8. Berangkat ke tempat dan menjalani kuliah maupun berorganisasi seperti biasanya.

Demikian pertukaran mahasiswa yang sangat diimpikan. Aturan tiap tahun bisa saja berubah. Informasi lebih lanjut bisa langsung mengunjungi websitenya http://belmawa.ristekdikti.go.id/permata/.

Semoga bermanfaat.

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar