follow us

Peran serta manfaat Komputer Bagi Pendidikan Anak Lengkap

Pilihan Pembaca

Peran serta manfaat  Komputer Bagi Pendidikan Anak  Lengkap


Peran Komputer Bagi Pendidikan Anak - Pada awalnya komputer dititikberatkan pada proses pengolahan data, tetapi karena teknologi yang sangat pesat, saat ini teknologi komputer sudah menjadi sarana informasi dan pendidikan khususnya teknologi internet.

Dalam dunia pendidikan, komputer digunakan sebagai meda dalam proses belajar mengajar. Baik itu untuk guru maupun siswa. Digunakan sebagai alat bantu dalam proses belajar. Setiap alat pasti mempunyai kekurangan dan kelebihan. Termasuk alat bantu dalam belajar. Selain itu komputer mempunyai kenggulan dalam hal ineraksi. Menumbuhkan minat belajar mandiri serta dapat disesauikan dengan kebutuhan mengajar kepada anak. Berinteraksi antara manusia dengan komputer belum dapat tergantikan. Selain itu masih lemahnya kemauan belajar.

Komputer berfungsi untuk alat uji yang mempunyai  keunggulan dalam keobyektifan, ketepatan dan kecepatan dalam penghitungan tetapi masih belum dapat menilai soal-soal essai, pendapat dan hal yang terkait dengan moral dan etika.

Yang terakhir, sebagai media alat peraga, komputer mempunyai kelebihan dapat memperagakan percobaan tanpa adanya resiko, tetapi membutuhkan waktu dalam pengembangannya.Dalam pmemperkenalkan komputer ke anak, cobalah orang tua atau guru dapat memahami perkembangan 

Kemudian usia 2-7 tahun anak mulai belajar menggunakan Bahasa, angka dan simbolsimbol tertentu. Pada usia 7-12 tahun anak mulai dapat berpikir logis, terutama yang berhubungan dengan obyek yang tampak langsung olehnya. Hingga saat ini, diperlukan perhatikan yang lebih dari ornag tua maupun guru. Bagaimana cara memperkenalkan komputer kepada anak-anak
Software "Edutainment" mempunyai kemampuan  dalam menumbuhkan serta mengembnagkan kreativitas pad anak-anak, juga melatih saraf pada anak. Salah satu contohnya ialah permainan kombinasi  yang bisa menyusun benda-benda ataupun gambar yang di dukung perangkat alat bantu lainnya.

Selain program aplikasi (software), dunia web semakin berarti bagi anak-anak. Internet memungkinkan anak mengambil dan mengolah ilmu pengetahuan ataupun informasi Iranian language situs-situs principle dikunjunginya tanpa adanya batasan jarak dan waktu. Di samping itu masih ADA manfaat lain principle didapat Iranian language web, misalnya surat menyurat (E-mail), berbincang (chatting), mengambil dan menyimpan informasi (download).

Untuk perkembangan pendidikan selanjutnya teknologi "Teleconference" (Konferensi interaktif secara on line dari jarak jauh) dirasakan sudah pantas di coba dan dikembangkan, karena dapat menghemat waktu, tenaga pengajar, kapasitas ruang belajar serta tidak mengenal letak geografis.

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar