follow us

Oceanografi, Jurusan Sepi Peminat Ramai Peluang Kerja

Pilihan Pembaca

Oceanografi, Jurusan Sepi Peminat Ramai Peluang Kerja


Oceanografi, Jurusan Sepi Peminat Ramai Peluang Kerja - Semua orang juga tahu sebagian besar wilayah Indonesia adalah perairan, maka otomatis peluang untuk lulusan Oceanografi sangat dibutuhkan di berbagai sektor. Sedikit info Oceanografi adalah bidang ilmu yang mengupas tentang fenomena fisis dan dinamis air laut yang bisa diarahkan ke beberapa cabang seperti perikanan, mitigasi, bencana alam, lingkungan, dan rekayasa.

Jangan samakan Oceanografi dengan ilmu kelautan ya guys!! Why?? Karena beda jauh ilmu kelautan lebih menjurus ke studi ilmiahnya, sedangkan Oceanografi lebih ke penerapannya yaitu mengeksplorasi gelombang, arus Samudra, dinamika cairan geofisika, geologi dasar laut, dan tektonik lempeng. Oceanografi?? Belajar apa aja sih?? Oceanografi itu terbagi menjadi 5 kelompok : kimia, biologi, fisika, geologi, dan meteorologi.

Peluang kerja? Sudah tidak perlu dipertanyakan lagi pastinya, logikanya dengan sepinya peminat jurusan ini otomatis persaingannya tidak begitu ketat. Lalu tidak semua Universitas memiliki jurusan ini, wah tambah lebar lagi peluang kamu. Posisi kerjanya? Waduh bisa dibilang buanyaaakk dan orangnya langka jadi ga perlu rebutan kaya antri sembako gratis.

Dosen ya dosen untuk jurusan ini masih sulit ditemukan ya guys, trus Lembaga riset sama dengan dosen tadi lowongannya masih sangat banyak dan tidak hanya di Indonesia kalian bisa melamar kerja di Universitas dan Lembaga riset luar negeri juga. Selain itu masih ada lagi nih :

1.       Militer khususnya angkatan laut
2.       Administrator kelautan mau di pusat juga di daerah
3.       Pariwisata
4.       Industri perikanan, migas dan mineral
5.       LSM Kelautan dan Lingkungan
6.       Konsultan Lingkungan
7.       Electronic data processing
8.       Wirausaha



Logo Oceanografi UNDIP dan ITB














Kampus mana aja nih yang punya jurusan ini? Di Indonesia? Hanya ada 2 kampus lho guys,
ITB(Institut Teknologi Bandung) dan UNDIP(Universitas Diponegoro) saja yang kini membuka untuk jurusan Oceanografi. Di luar negeri? Kalau di luar negeri itu sangat banyak institute yang menyediakan jurusan Oceanografi menurut data yang pernah aku baca ada 118 Universitas, tapi aku kasih tahu 20 aja ya, sisanya silahkan langsung search di Mbah Google ok?



            20 Institut Luar negeri dengan jurusan Oceanografi :


  1. The Australian National University
  2. The University Of Sidney
  3. University Of Technology Sydney – UTS
  4. University Of Leeds
  5. University Of Liverpool
  6. James Cook University
  7. Bangor University
  8. The University Of Western Australia (UWA)
  9. Bangor University
  10. University Of East Anglia (UEA)
  11. Macquarie University
  12. The University OfCanterbury
  13. Curtin University
  14. Flinders University
  15. University Of Tasmania (UTAS)
  16. University Of Plymouth
  17. University Of Delaware
  18. University Of New South Wales (UNSW)
  19. The University Of Queensland
  20. University Of Otago




SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar