follow us

AVERROES: SANG PEMIKIR ASAL ANDALUSIA

Pilihan Pembaca




AVEROES: SANG PEMIKIR ASAL ANDALUSIA - Apa yang ada dipikiranmu bila mendengar Negara Spanyol? Mungkin bagi sebagian orang, Spanyol dikenal sebagai Negara penghasil grub sepak bola ternama dunia. Ada Barcelona, Real Madrid, dan lain sebagainya. Pemain-pemainnya yang terkenal antara lain Ronaldo, Lional Messi dan masih banyak lagi.

Tahukah kamu? Pada abad ke-12, Negara Spanyol merupakan pusat pendidikan di benua Eropa. Kala itu Spanyol masih bernama Andalusia pada peradaban pada masa Renaissance.

Andalusia (sekarang Spanyol) memiliki banyak ilmuwan hebat pada masanya serta telah menghasilkan puluhan karya. Salah satu ilmuwan yang paling tersohor yaitu Ibnu Rusd atau orang-orang Eropa menyebutnya Averoes.

Muhammad ibn Ahmad ibn Rusyd‎ pada 1126-11 Desember 1198. Berasal dari kalangan keluarga hakim terkenal di Cordoba yang disegani banyak orang di kota itu. Kakeknya Abu al-Walid Muhammad merupakan kepala hakim di kotanya. Sedangkan ayahnya merupakan imam masjid di Cordoba.

Ibn Rusyd adalah seorang filsuf dan pemikir dari Al-Andalus yang menulis dalam bidang disiplin ilmu, termasuk filsafat, akidah atau teologi Islam, kedokteran, astronomi, fisika, fikih atau hukum Islam, dan linguistik.

Ibn Rusyd sangat produktif dalam menghasilkan banyak karya. Karya-akaryanya antara lain:

Tafsir Aristoteles

Ibn. Rusyd menulis hampir semua karya Aristoteles. Karya-karyanya dibagi menjadi tiga tipe antara lain;
  1. Tafsir panjang, disebut dengan syarh adalah tafsir baris per baris, yang berisi teks asli Aristoteles ditambah analisis rinci di tiap baris.
  2. Tafsir menengah, disebut talkhis berisi parafrase atau uraian yang gunanya untuk memperjelas dan menyederhanakan bahasa dalam buku-buku Aristoteles. 
  3. Tafsir pendek, disebut jami' dalam bahasa Arab, berisi ringkasan doktrin-doktrin Aristoteles.
Makalah filsafat
Ibnu Rusyd juga menulis makalah-makalah dalam berbagai topic filsafat. Diantaranya tentang akal atau intelek.

Teologi
Selain itu Ibnu Rusyd juga memiliki karya tentang teologi. Karya utamanya adalah kitab Tahafut at-Tahafut (Kerancuan pada Kerancuan).

Kedokteran
Ibnu Rusyd pun pernah menjabat sebagai dokter istana khalifah dan menulis beberapa buku di bidang kedokteran. Bukunya yang paling terkenal berjudul al-Kulliyah fit-Thibb (Prinsip Umum Kedokteran). Ada pula ringkasan karya-karya dokter Yunani Galenus (wafat 210) dan uraian terhadap karya Ibnu Sina Urjuzah fit-Thibb “Puisi Mengenai Kedokteran”.

Hukum
Di bidang hokum, Ibnu Rusyd juga adalah seorang hakim dan menulis beberapa buku di bidang fikih atau hukum Islam. Satu-satunya karya yang masih terjaga sampai sekarang adalah buku Bidāyat al-Mujtahid wa Nihāyat al-Muqtaṣid (Permulaan Seorang Mujtahid dan Akhir Seorang Muqtashid).


Sebenarnya masih banyak lagi gagasan atau ide dari Ibnu Rusyd yang tersebar di berbagai belahan bumi bahkan tetap dipraktekkan dan dijadikan pelajaran wajib di berbagai sekolah atau perguruan tinggi. ada pula karyanya yang telah hilang tidak ditemukan dan ditelan masa. Maka kawan-kawan jangan sampai lupa dengan tokoh yang telah berjasa dalam kemajuan zaman ini.

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar