follow us

Amerika Serikat : Sistem Pendidikan yang Mendunia

Pilihan Pembaca


Hal-hal yang Menarik Mengenai Middle School/Junior High, dan Senior High Di U.S.A

Pada postingan sebelumnya mengenai sistem pendidikan di Amerika Serikat pada jenjang undergrade (S1) kita sudah tahu bagaimana suasana dunia perkuliahan di sana yang tentunya berbeda dengan sistem perkuliahan yang ada di negara-negara lainnya, termasuk negara Indonesia. Sekarang kita mundur satu tingkat ke jenjang pendidikan menengah, atau apabila di Indonesia disebut dengan SMA (Sekolah Menengah Atas) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Mengenai sistem pendidikan yang ada di Amerika sendiri mempunyai keunikan-keunikan tersendiri. Apabila kita menyibak secara keseluruhan tentunya sulit untuk dipahami. Karena sistem pendidikan di Amerika sangat bertolak belakang dengan sistem pendidikan di Indonesia. Pembahasan kali ini sangat menarik untuk disimak mengenai sistem pendidikan SMA ala Amerika Serikat yang tentunya belum banyak orang tahu.

Pendidikan pada tingkat menengah di Amerika Serikat hampir sama seperti negara-negara lainnya, tetapi terdapat perbedaan yang mencolok terhadap sistemnya. Dari sistem pendidikan pada middle school/junior high inilah lah kita dapat melihat betapa menariknya sistem pendidikan di Amerika. Eh, pembahasannya tidak cukup sampai di situ saja. Pada ke dua tahap tersebut dimulai pada jenjang sixth (kelas 6), seventh (kelas 7), eighth (kelas 8), dan ninth grade (kelas 9). Perlu diketahui, tiap jenjang middle school/junior high dipengaruhi oleh faktor demografi, seperti jumlah usia siswa menengahnya, loh.

Ada lagi yang menarik dengan sistem pendidikan dijenjang middle school/junior high yaitu siswa-siswanya diberikan kebebasan untuk memilih mata pelajaran yang dikehendaki dan menggunakan sistem kelas berpindah (moving class). Nah, menarik bukan. Kita bebas memilih mata pelajaran dan bisa moving class yang bisa membuat kita berkenalan dengan teman-teman yang baru. Menarik bukan? Nah pembahasannya masih ada satu lagi mengenai sistem pendidikan pada jenjang menengah di Amerika. Yaitu pada jenjang senior high.

Senior high merupakan jenjang lanjutan setelah middle school/junior high biasanya jenjang ini dimulai dari ninth grade (freshman), tenth grade (sophomores), eleventh grade (juniors), twelfth grade (senior). Nah, di Amerika sendiri faktor demografi sangat berpengaruh untuk melihat dan menstabilkan anak-anak yang bersekolah. Tentunya guna pada saat pemerintah Amerika memberikan suntikan dana pendidikan tidak terjadi penyelewengan dana yang sudah dianggarkan.

Seperti yang sudah kita bahas dipembahasan sebelumnya mengenai sistem pendidikan perkuliahan di Amerika, sistem pendidikan pada jenjang menengah siswa diwajibkan mengambil sejumlah mata pelajaran wajib (mandatory subject) dan memilih mata pelajaran pilihan (electives). Berbeda bukan dengan struktur kurikulum yang ada di Indonesia yang mewajibkan semua mata pelajaran pada jenjang pendidikan menengahnya. Mata pelajaran wajibnya antara lain, Science (ilmu pengetahuan alam, yang meliputi biologi, kimia, dan fisika), Mathematic (matematika, meliputi aljabar, geometri, pre-culculus, dan statistika), English (pelajaran bahasa Inggris, meliputi sastra, humaniora, mengarang, dan verbal (praktek)), Physical education (olahraga).

Kemudian terdapat enam mata pelajaran pilihan yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan siswa. Enam mata pelajaran yang ada di kurikulum jenjang pendidikan menengah tersebut meliputi Atletic (meliputi cross country, football, basketball, track and field, swimming, tennis, dll), Career and Technical Education (meluputi agriculture/agriscience, business/marketing, family and consumer science, health occipations), Computer Word Processing (meliputi programing and design), Foreign Languages (meliputi bahasa Spanyol dan Prancis (umum), bahasa Cina, Latin, Yunani, Jerman, Itali dan Jepang), Performing Arts/Visual Arts (meliputi paduan suara, band, orchestra, drama, seni rupa, fotografi, ceramis, dan dance), Publishing (meliputi Journalisme/Koran siswa, buka tahunan dan majala siswa).

Eh, gak terasa sudah sampai akhir pembahasan mengenai sistem pendidikan Amerika pada jenjang pendidikan menengah. Semoga menambah pengetahuan dan pemahaman mengenai sistem pendidikan yang ada di Amerika Serika. Sebenarnya masih banyak lagi loh keunikan-keunikan yang menarik untuk dibahas. Tetapi gak usah khawatir, next postingan dan pembahasan akan lebih menyingkap mengenai sistem pendidikan di Amerika Serikat. See you, and happy reading!

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar