follow us

8+ Peluang Kerja Bahasa dan Sastra Indonesia, No 3 Paling di Minati!

Pilihan Pembaca


8+ Peluang Kerja Bahasa dan Sastra Indonesia, No 3 Paling di Minati!



8+ Peluang Kerja Bahasa dan Sastra Indonesia, No 3 Paling di Minati! - Sastra Indonesia adalah jurusan yang sering dipandang sebelah mata, padahal prospek kerjanya bisa dibilang lumayan menjanjikan. Dan jangan dikira kuliah sastra itu mudah, mempelajari bahasa itu jauh lebih susah karena bermodal pemahaman bukan perhitungan. Nah langsung saja ya aku kasih tahu 9 lapangan kerja yang siap menerima lulusan Sastra Indonesia:



1.      Ahli Bahasa

Sebagai ahli bahasa kaliab bisa bekerja sebagai pengamat bahasa dan peneliti yang biasanya dibutuhkan lembaga penelitian bahasa.

2.      Penulis

Jika sudah menguasai bahasa, tak diragukan lagi kalian pasti bisa menjadi seorang penulis. Tak hanya sebatas novel fiksi, kalian bisa menjadi sorang bloger/content creator. Atau kalian bisa kembangkan tulisan kalian menjadi buku, siapa tahu jika laris bisa mendapat tawaran untuk difilmkan lho!! WOW keren!!

3.      Tenaga Pengajar

Ya semua jurusan sebetulnya sama sih pasti bisa menjadi seorang tenaga pengajar seperti guru, dosen, dan tenaga pengajar asing.

4.      Copywriter

Seorang lulusan sastra pasti pintar menyusun dan merangkai kata-kata menjadi kalimat-kalimat indah dan bermakna, maka kalian sangat pas menjadi seorang Copywriter.

5.      Industri Perfilman

Ya seperti pada nomor 2 yaitu pekerjaan menulis, jika kalian beruntung dan memiliki modal sendiri. Tulisan kalian bisa dikembangkan menjadi sebuah film layer lebar, keren banget ga sih? Siapa yang tahu kan? Suatu saat bisa setenar Film Dylan.

6.      Industri Media

Selain itu kalian bisa memanfaatkan keahlian bahasa kalian untuk bekerja menjadi seorang editor, script writer, jurnalis(wartawan), penerjemah, reporter, atau bahkan redaktur. Semua itu bisa kalian masuki jika menambah keahlian mulai dari public speaking, menggunakan kamera dan lain-lain.

7.      Instansi Pemerintah

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (bagian dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) menunggu untuk kau masukin, tuh anak sastra juga bisa jadi PNS kok jadi buktikan kamu bisa ya.

8.      Kedutaan Asing

Nah jika kamu telah mampu menguasai Bahasa Indonesia dengan baik, cobalah untuk belajar bahasa asing sampai fasih. Karena apa? Karena dengan menguasai banyak bahasa kamu sudah mengantongi modal untuk bekerja di kedutaan asing.

9.      Tour Guide

Jika untuk bekerja di kedutaan asing harus melewati tes yang lumayan menguras pikiran, kamu bisa mencoba menjadi seorang pemandu wisata bagi wisatawan asing yang mau diantar keliling Indonesia. Pekerjaan seperti ini ada yang resmi dari agen tour and travel, tapi ada juga yang freelance lho jadi bisa nambah-nambah uang jajan kalau lagi libur. Karena aku juga pernah lihat ada bule yang minta diantar keliling mall di Jakarta, sudah makannya dibayarin eh di akhir perjalanan langsung cash 500ribu. WOW 1 hari aja udah 500rb guys, orang kantoran aja sebulan hanya 7jt yang berarti per harinya tidak sampai 250rb.



Jadi tidak ada yang tidak mungkin ya guys, semua pasti ada peluang kerja jika kamu berkualitas dibidangnya masing-masing. Asal jeli untuk melihat peluang, uang akan datang dengan sendirinya. Salam pejuang literasi.

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar