follow us

Pendaftaran Online Capra IPDN 2019/2020 TERBARU (beserta link portal masuk)

Pilihan Pembaca

Tahap Pendaftaran Online Capra IPDN 2019
ket: Praja Institut Pemerintahan Dalam Negerii (IPDN)

Tahap Pendaftaran Online Capra IPDN 2019 - Tidak terasa tahun sudah berganti. Menandakan akan dibukanya seleksi penerimaan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Baik melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan yang terakhir jalur Mandiri. Tetapi, ada jalur lain loh apabila rekan-rekan ingin langsung kerja menjadi ASN (Aparatur Sipil Negara) setelah lulus SMA dan tentunya bergengsi juga, yaitu sekolah kedinasan.

Di lansir oleh Tribun News pada Tahun 2018 pendaftar sekolah kedinasan tembus 323.669 orang. Jumlah tersebut meningkat dari pendaftar sekolah kedinasan tahun 2017 lalu yang jumlahnya 284.697 orang. Artinya, dibanding tahun lalu, pendaftar yang sudah registrasi mengalami kenaikan sebesar 38.927 orang. Hal tersebut menandakan eksistensi dan peminat dari sekolah kedinasan dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang signifikan.

Tetapi kali ini admin akan membahas mengenai tahapan pendaftaran sekolah kedinasan favorit urutan kedua yang pada tahun 2018 dengan jumlah pendaftar 46.062 pelamar yaitu IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri). Pendaftaran dilakukan secara online, maka dari itu diharuskan untuk mengunggah scanning dokumen sebagai syarat administrasi wajib, antara lain :

1. KTP asli bagi peserta yang berusia di atas 17 Tahun atau Kartu Keluarga bagi yang belum memiliki KTP (dengan format jpg maksimum 1 MB);

2. Ijazah atau STTB asli atau photocopy yang telah dilegalisir(diunggah halaman depan dan belakang dengan format pdf maksimum 1 MB);

3. Surat keterangan asli berstempelm sebagai peserta Ujian Nasional bagi siswa SMA/MA Kelas 3 Tahun Ajaran 2018/2019 yang ditandatangani Kepala Sekolah atau pejabat yang berwenang;

4. Pasphoto berwarna (tidak hitam putih) menghadap ke depan, tampak muka, tidak memakai kacamata. Foto  berukuran 4x6 cm (400x600 pixel), maksimal 500 kb dengan format jpg.
   Antara dokumen KTP/KK serta  Ijazah/STTB mencantumkan data yang sama untuk nama dan tempat tanggal lahir.
*Note: apabila pendaftar tidak memenuhi ketentuan persyaratan administrasi di atas, maka pendaftar dinyatakan gugur.

Mengenai tahapan pendaftaran dapat rekan-rekan simak di bawah :


Pendaftaran dilakukan secara online melalui website https://sscn.bkn.go.id. Untuk mendapatkan akun, peserta terlebih dahulu melakukan registrasi. Di dalam registrasi tersebut peserta diwajibkan memilih satu sekolah kedinasan saja. Apabila terdapat memilih dua sekolah kedinasan dapat dinyatakan gugur. Setelah peserta mengirim dan menyimpan borang isian, sistem membutuhkan waktu untuk memverifikasi data yang masuk. Di portal awal ini peserta akan mendapatkan akun kedinasan yang selanjutnya bisa digunakan untuk login ke portal kedinasan yang dituju.


Calon peserta yang telah mendapatkan nomor pendaftaran peserta pada website https://sscn.bkn.go.id selanjutnya menyampaikan kelengkapan berkas dengan cara mengunggah dokumen sebagaimana tercantum dalam dalam persyaratan calon peserta IPDN Tahun 2019 ke website resmi https://spcp.ipdn.ac.id
Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran capra (calon praja) dapat langsung ke website resmi tersebut. Dan melalui layanan informasi dan pengaduan melalui situs https://sapa.ipdn.ac.id.


Mengenai tanggal pendaftarannya perkiraan tidak akan jauh dari bulan April 2019. Karena pada tahun lalu tepat pada tanggal 9-30 April 2018 portal IPDN dibuka secara serentak bersamaan dengan taruna/taruni kedinasan lainnya. Selain mempersiapkan berkas-berkas yang diminta instansi terkait, alangkah baiknya jauh-jauh hari belajar mengerjakan soal-soal tes, menjaga kesehatan tubuh, dan banyak updet mengenai nilai passing grade kelulusan sekolah kedinasan tersebut.

Quotes:

“Awali dengan do’a, jalani dengan berusaha, tutup dengan rasa syukur”












sumber: Tribun News, sscn.ipdn.ac.id, dan Dokumen Pribadi

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar