follow us

Bagaimana Suasana Beasiswa Pendidikan Di Timur Tengah?

Pilihan Pembaca

Bagaimana Suasana Beasiswa Pendidikan Di Timur Tengah?


Bagaimana Suasana Beasiswa Pendidikan Di Timur Tengah? - Kawasan Timur Tengah dan Afrika saat ini adalah tujuan belajar yang sangat banyak dilirik bagi pelajar Indonesia bahkan Amerika. Mungkin karena Islam yang berkembang ke seluruh pelosok dunia. Disini akan dibahas mengenai beasiswa dan suasana yang ada di Al-Azhar.

Salah satunya adalah Muhammad Kamal Ihsan, ia menamatkan pendidikan menegahnya di Kulliyatul Mu’allimin al-Islamiyah Pondok Modern Darussalam Gontor dan S1 di Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir. Pendidikan S1 dalam bidang Hadist. Di antara pengalamannya, ia pernah menjadi Mahasiswa Terbaik PPMI Mesir 2017/2018 di PPMI Award. Novel petamanya, 5 Titik 1 Koma akan diangkat ke layar lebar tahun 2019.

Di Al-Azhar harus mengambil S-2 prodinya sama dengan S-1 dan tidak bisa pindah. Selain itu, ada juga kalau dia S-1 di Indonesia dan mau mengambil S-2 di Al-Azhar itu bisa. Kalau ingin mengambil prodi Kedokteran, Fisika, sangat baik kalau mengambil di Universitas Kairo karena kalau kampus di sana lebih besar.  Beasiswa Di al-Azhar dilalui dengan proses yang lumayan berat, karena di al-Azhar penekanan biasanya lebih pada bahasa, tahfiz, hafalan al-Qur’an dan hafalan ilmu-ilmu lainnya.

Sistem di Al-Azhar hampir sama cara belajarnya di Indonesia cuman bahasa yang membedakan yaitu menggunakan bahasa Arab lebih di Fushah, juga di Amiyah. Bahkan sekarang sejak ada Markaz Lughah, calon mahasiswa al-Azhar biasanya digembleng, ditingkatkan bahasanya satu tahun. Dengan cara ini, untuk memudahkan orang-orang yang mengambil beasiswa di timur tengah bisa dengan mudah mempelajari apa yang ada di kelas.

Kalau di al-Azhar ada istilah nilai itu tidak boleh di bawah standar. Jadi kalau ada satu nilai tidak standar nilainya, bisa dikatakan gagal dan akan mengulang lagi di tahun depan. Di al-Azhar tidak cukup hanya mengandalkan ilmu-ilmu di perkuliahan, banyak pula peluang untuk belajar. Ada dalam talaqi metode klasik dan mengaji di sana ada Syeikh duduk lalu membacakan buku lengkap dengan penjelasannya dari keilmuan-keilmuan yang dibahas seperti dalam bidang Fiqh.

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar