follow us

SMA bergengsi Berpendidikan Adiwiyata

Pilihan Pembaca

SMA bergengsi Berpendidikan Adiwiyata


SMA Bergengsi Berpendidikan Adiwiyata - Hidup sehat merupakan dambaan kita semua. Hidup sehat bukan berarti menjaga tubuh saja tetapi juga peduli dengan lingkungan sekitar. Kita sebagai makhluk di bumi ini merasa jenuh jika banyak sampah melanda bumi kita. Tetapi kita tidak pernah tergugah akan hal itu. Seperempat manusia dibumi peduli dengan lingkungan tempat kita berada,sedangkan tiga perempat manusia di bumi ini acuh dengan keluhan yang terjadi. 

Seperti halnya, menumpuknya sampah sehingga menyebabkan banjir. Perlu kita sadari lingkungan yang sehat adalah lingkungan yang berbau hijau,artinya lingkungan yang bebas polusi baik itu asap kendaraan maupun asap cerobong dari pabrik-pabrik. Ingat,alam yang tersedia di dalam alam akan memberikan manfaat yang besar jika kita pandai-pandai mengolahnya.

Lingkungan sehat juga mengacu kepada adiwiyata. Sekolah-sekolah di kota maupun di desa sudah menerapkan sukses sekolah adiwiyata. Selain dikenal menjadi sekolah faforit di Purworejo, Jawa Tengah, SMA N 5 Purworejo juga mendapatkan penghargaan sebagai sekolah adiwiyata tingkat kasiredenan. 

Tentu sekolah tersebut telah menerapkan usaha untuk mencapai sekolah adiwiyata. Meraih kesuksesan adiwiyata bukan dengan cuma-cuma, tetapi dengan kerja keras para warga sekolah. Kerja keras yang dicapai itulah menjadi ciri bahwa lingkungan yang ada disekitar kita terbilang sehat atau bebas polusi. Banyak pohon hijau kaya akan oksigen yang menyelimuti sekolah memberikan potensi yang membangun sekolah adiwiyata ini.

Tetapi bagaimana menciptakan lingkungan sehat itu?  Lalu apa yang harus kita lakukan? Sebaiknya,mulai dari hal kecil saja kita bisa menciptakan lingkungan yang sehat,dimulai dari tidak membuang sampah sembarangan. Dengan begitu tumbuh rasa peduli dengan lingkungan sekitar,baik lingkungan sekolah hingga di masyarakat. 

Seusai terbiasa tidak membuang sampah sembarangan,kita bisa melakukan hal positif  lain dengan menerapkan gerakan 3R (Reuse,Reduce,Recycle). Barang yang kurang berharga bisa dibuat lebih yang di inginkan,contoh saja dari hal yang di anggap sepele yaitu memanfaatkan sampah organic menjadi pupuk kompos untuk memupuk tanaman.

Bukan cukup disitu pula,kita juga akan menegakkan gerakan penghijauan untuk mengembangkan kepedulian kita terhadap bumi. Gerakan penghijauan berperan untuk memberi pengalaman kepada siswa agar dapat menerapkan kegiatan yang bermanfaat itu. Tingkat kadar oksigen tentu akan mempengaruhi udara yang ada disekitar tetapi tingkat kadar oksigen juga mempengaruhi makhluk hidup yang ada dibumi ini. Jika kadar oksigen didalam bumi kita banyak maka udarapun menjadi sejuk.

Sehingga disimpulkan, bahwa kita sebagai generasi muda penerus bangsa Indonesia ini harus bisa menerapkan kepedulian terhadap lingkungan. Ciptakan sekolah adiwiyata dengan raih tangan dan kerja keras kita semua,karena semua itu membutuhkan kebersamaan. Teruslah menjadi sekolah adiwiyata yang selalu memberikan yang terbaik terhadap alam.

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar