follow us

Butuh Referensi Buat Skripsi ? Ini 10 Situs Yang Bisa Membantu

Pilihan Pembaca

Butuh Referensi Buat Skripsi ? Ini 10 Situs Yang Bisa Membantu


Butuh Referensi Buat Skripsi ? Ini 10 Situs Yang Bisa Membantu - Terasa atau tidak, nyatanya waktu terus saja berjalan sampai ditahun 2019 sekarang ini. Buat mahasiswa tingkat akhir yang skripsinya tak kunjung kelar, apa kabar ? Hehe… Skripsi sepertinya menjadi momok yang begitu mengerikan bagi calon dan mahasiswa tingkat akhir, tapi menjadi plong bagi yang sudah melaluinya. Ibarat paku yang menancap di kepala yang sangat menyiksa akhirnya bisa lepas juga. Nah kalau paku ini tidak tercabut segera, tentu saja rasanya ingin meledak bahkan yang lebih parah adalah putus asa. Salah satu penghambatnya berkutat pada masalah referensi yang kurang. Nah kali ini shalaazz share tentang info 10 situs untuk skripsi. Yuk simak !


1.       http://www.jurnal.lipi.go.id/

Situs yang pertama yaitu dipersembahkan oleh LIPI atau Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Situs ini menyediakan berbagai jurnal ilmiah online secara gratis dari berbagai lembaga, misalnya : himpunan profesi, lembaga pendidikan dan lembaga penelitian

2.       http://e-resources.perpusnas.go.id/


Perpustakaan Nasional Republik Indonesia juga memberikan akses jurnal ilmiah nasional dan internasional secara gratis yang bisa diakses oleh seluruh warga Negara Indonesia secara online. Situs ini menyediakan banyak jurnal yang sudah dilanggan secara khusus, salah satunya proquest. Untuk bisa mengaksesnya, teman – teman tentunya harus mendaftarkan diri terlebih dahulu menjadi anggota perpusnas.

3.       http://id.portalgaruda.org/

Link ini merupakan situs yang dimiliki oleh IPI (Indonesion Publication Index). IPI merupakan layanan akses jurnal secara online dan tidak berbayar yang dirancang khusu untuk pengindeksan, pemantauan, abstrak dan untuk meningkatkan standar publikasi ilmiah di Indonesia. Dalam database IPI sudah terdapat lebih dari 2500 jurnal. Nah mungkin referensi yang kamu butuhkan dan sedang dituntut dosen pembimbingmu ada di sini.

4.       http://iosjournals.org/


IOSR Journals atau yang dikenal dengan International Organization of Scientific Research merupakan sebuah organisasi swasta yang menjadi wadah bagi ilmuan, ulama penelitian, direktur, professor, insinyur, manajer, dan orang – orang dengna keilmuan teknik, manajemen, farmasi, ilmu terapan dan matematika. IOSR berperan bagi para peneliti secara gratis berupa pemberian arahan yang tepat dalam penelitian dengan bantuan aggota asosiasi penelitian di seluruh dunia, Web ini dirancang dengan aksese terbuka berbasis luas yang menyediakan dukungan dan layanan untuk professional pendidikan dan peneliti di seluruh dunia. 

5.       http://economics-ejournal.org/

Anak ekonomi mana suaranya? Nah pejuang skripsi jurusan ekonomi mungkin membutuhkan situs ini. Laman ini menyediakan jurnal online akademik yang berisi tentang ilmu ekonomi yang tidak berbayar. 

6.       http://biomedcentral.com/


Merupakan website dari biomed central yang memberikan akses secara terbuka untuk semua bidang biologi dan perobatan (Science, technology and medicine/STM).

7.       http://scholar.google.com/


Google scholar merupakan webyang menyediakan berbagai informasi tentang literature pendidikan sebagai referensi ilmiah. Dalam web ini, pengguna bisa menemukan berbagai macam paper, tesis, jurnal, artikel, ebook, dll dengan berbagai format publikasi yang dapat dicari cukup dengan menggunakan kata kunci sesuai yang kita butuhkan saja. Mudah bukan? 

8.       http://citeseer.ist.psu.edu/


Web citeseer merupakan mesin pencari public dan perpustakaan berbasis digital berupa jurnal karya ilmiah, paper dan akademik. Web ini diperuntukkan bagi mereka yang mencai referensi terkait dengan ilmu computer.

9.       http://www.ncbi.mlm.nih.gov/pmc/


Merupakan laman yang disediakan oleh Pubmed Central, yaitu basis data karya ilmiah teks yang didesain lengkap digital. Data tersebut khusus diperuntukkan bagi peminat ilmu alam dan biomedis. Data terebut juga bisa diakses secara gratis. 

10.   https://doaj.org/


DOAJ atau Directory of Open Accsess Journals merupakan situs yang menyediakan fasilitas pencarian untuk jurnal – jurnal ilmiah yang terpercaya. Selain itu jurnal tersebut rupanya juga disediakan secara gratis alias tak berbayar.Pada link tersebut juga tersedia mesin pencari yang dapat menemukan lebih dari 2,097,351 artikel ilmiah.


Dengan kemudahan akses ini, diharapkan ilmu pengetahuan terus berkembang dan dapat menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada, termasuk dalam pemecahan masalah skripsimu. Semoga bermanfaat ya.

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar