Indonesia Website Awards

Sistem Pendidikan DI UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Sistem Pendidikan DI UIN Syarif Hidayatullah Jakarta


Sistem Pendidikan DI UIN Syarif Hidayatullah Jakarta – UIN Syarif Hidayatullah Jakarta adalah Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terbaik di Indonesia yang berlokasi di Jl. Ir. H.Juanda No.95, Cempaka Putih, Ciputat Timur, Tangerang Selatan didirikan pada tahun 1957. Kampus ini menyediakan jenjang pendidikan mulai dari S1, S2 sampai S3.. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta memiliki III lokasi kampus yang lumayan berdekatan, Kampus I yang berada di Jl. Ir. H.Juanda terdapat beberapa Fakultas, diantaranya Fakultas Ilmu Tarbiyah & Pendidikan, Fakultas Ushuluddin, Fakultas Syariah & Hukum, Fakultas Dakwah & Ilmu Komunikasi, Fakultas Sains & Teknologi dan Fakultas Dirasat Islamiyah. 
Lokasi Kampus II berada di Jl. Kertamukti terdapat beberapa Fakultas diantaranya Fakultas Kedokteran, Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Kesehatan, dan Sekolah Pascasarjana. Kampus III berada di Jl. Tarumanagara terdapat Fakultas Adab & Humaniora dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Berbagai fasilitas lengkap tersedia, Perpustakaan baru pun turut mewarnai megahnya gedung kampus ini, namun tak lupa sistem pendidikannya pun patut diapresiapi, walaupun disetiap kampus pasti ada plus minus. Dimulai dari seleksi penerimaan Mahasiswa yang sangat ketat, bahkan setiap tahun peminatnya semakin bertambah. Ketika sudah dimulai kegiatan belajar mengajar, Mahasiswa dituntut untuk berpakaian rapi, disiplin & menjaga adab. 
Suasana kampus yang kental akan nilai religius namun tidak menutup diri terhadap kemodernisasian zaman yang berpengaruh terhadap dinamisasi sistem pendidikan. Dapat dilihat dari Moto kampus ini yaitu Knowledge, Piety, Integrity yang artinya Pengetahuan, Kesalehan & Integritas. 
Mahasiswa mendapatkan pengetahuan atau ilmu dari para Dosen yang berkompeten, dimulai dari lulusan S1 bahkan PhD, dosen dari dalam negeri dan  luar negeri. Kesalehan yang ditampilkan di kampus ini melalui akhlak, adab & kepribadian , ruang belajar yang disetiap lantainya terdapat mushola untuk sembahyang, kurikulum pendidikannya yang baik, jika jurusannya keagamaan maka Mahasiswa seringkali diwajibkan untuk menghafal ayat-ayat al-qur’an, jika jurusannya selain keagamaan, maka Mahasiswa diperkenalkan dengan teori dasar keagamaan biasanya di semester awal. 
Kegiatan intra maupun ekstra kampus mayoritas keagamaan, bahkan seringkali menjuarai berbagai lomba tingkat Nasional maupun Internasional. Semua SKS (Sistem Kredit Semester) terintegrasi serba digital begitupun dengan sistem pembayaran kuliah setiap semester, Mahasiswa dituntut untuk selalu up to date terhadap informasi yang tersedia. Mahasiswa di kampus ini disuguhi dengan berbagai fasilitas yang sangat nyaman, dengan biaya yang terjangkau, maka tidak heran jika Kampus UIN Jakarta ini menjadi rujukan Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terbaik di Indonesia.