follow us

Sistem Kebut Semalam, Efektifkah Bagi Usia Remaja?

Pilihan Pembaca




Sistem Kebut Semalam, Efektifkah Bagi Usia Remaja? - Metode kebut semalam adalah metode belajar yang dilakukan H-1 sebelum melakukan ujian ataupun sekedar mengumpul tugas. Ini adalah metode langganan kebanyakan para penuntut ilmu. Entah sebagai seorang siswa ataupun mungkin sebagai mahasiswa.

Dalam metode kebut semalam ini, kamu harus rela mengorbankan jatah tidur malammu hanya untuk belajar mati-matian agar sukses menghadapi ujian ataupun sekedar menyelesaika tugas. Banyak alasan yang sering dikemukakan oleh pecinta metode system kebut semalam ini, mulai dari hafalannya lebih awet soalnya belum lama dipelajari hingga ada hal yang lebih penting untuk dikerjakan dibandingkan menyelesaikan tugas.

Jika ini alasan yang juga sering kamu gunakan, coba kamu tanyakan kembali pada dirimu, sebagai seorang remaja yang sedang menempuh pelajaran didunia sekolah, adakah yang lebih penting dari sekolah dan tugas-tugasmu? Kamu belum diberi beban untuk menanggung hidup sendiri. kamu masih menjadi tanggungan kedua bapak ibumu. Lalu mengapa kamu masih mengabaikan tugas-tugasmu. Kewajiban kamu di usia remajamu adalah meyelesaikan sekolahmu dengan sebaik-baiknya. Dan jika kau beralasan ada yang lebih penting dari menyelesaikan tugas, apa yang yang lebih enting itu? Coba tanyakan kembali pada dirimu.

Dalam rentang usia remaja, belajar dan terus belajar haruslah menjadi aktifitas keseharianmu. Sangat tidak wajar jika kamu masih bergantung pada metode kebut semalam ini. Kau juga harus menyayangi diri dan otakmu. Waku yang mestinya dugunakan unutk mengistirahatkan badan dan otakmu, kamu paksa hanya untuk mengerjakan sesuatu yang semestinya bisa kamu selesaikan jauh hari sebelum H-1 kamu mengumpulkan tugas ataupun mengikuti ujian.

Menurut penelitian oleh para peneliti dari Universitas California yang berada di Los Angeles dalam studinya yang dipublikasikan pada jurnal Child Development, ada beberapa fakta yang ditemukain bahwa belajar dengan metode Kebut semalam tidak akan sebanding dengan hasilnya karena akan memberikan hasil yang buruk. Para Peneliti melibatkan 535 siswa menengah di kawasan Los Angeles yang tengah berada di kelas 9, 10 dan 12.  Oleh karena itu, Para Peneliti meminta kepada para  partisipan untuk membuat diari berisi jumlah waktu yang mereka habiskan untuk tidur dan belajar selama dua minggu. Termasuk kapan saja partisipan merasa kesulitan memahami pelajaran di kelas dan kapan saja partisipan mendapatkan nilai jelek dalam tugas atau ujian.

Setelah di tindak lanjuti,  para peneliti menemukan fakta bahwa semakin banyak jam tidur yang dikurangi siswa untuk belajar maka semakin buruk kinerja mereka saat mengerjakan tugas atau ujian.

Meskipun tampaknya terkadang kita perlu memiliki jam ekstra untuk belajar di malam hari, namun ternyata ada 'harga' yang harus dibayar untuk ini," ujar peneliti Andrew J. Profesor UCLA bernama Fuligni serta ilmuwan senior di Institute of Neuroscience and Human Behavior, UCLA seperti dilansir dari huffingtonpost, Jumat (24/8/2012).

Untuk itu Profesor UCLA merekomendasikan kepada para siswa agar memikirkan cara lain untuk meningkatkan waktu belajar mereka di siang hari tanpa harus mengambil waktu tidurnya di malam hari.

Beberapa dampak negative yang bisa kamu dapatkan jika masih bergantung pada metode kebut semalam ini diantaranya adalah kamu akan mendapatkan porsi tidur yang kurang yang menyebabakan terganggunya kerja otak dan menganggu system kerja jantung dan melemahkan system memori otak. Selain itu  juga memberikan dampak pada tubuh kita seperti mudah kelelahan, kurang konsentasi, gelisah dan stress,  bahkan sensitivitas insulin yang menyebabkan turunnya sisten kekebalan tubuh.

Jika kamu intens melakukan sistemn kebuat semalam ini, H-1 ujian baru belajar, H-1 tugas baru diselesaikan, maka memori ingatanmu akan mudah semakin melemah. kamu akan mudah mengalami kelupaan dikarenakan ketidakmampuan memori ingatan untuk menyimpan suatu objek. Apakah kamu mau mengalami hal itu diusia remajamu? Usia yang semestinya  menjadi usia untuk kamu mengingat hal-hal yang berharga diusia mudamu.

Sayangi tubuh dan otakmu, atur waktumu sebaik-baiknya dan hapus kebiasaan kebut semalam ini dari kebiasaanmu.





SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar