follow us

Rangking Bukan Penentu Kemampuan Anak

Pilihan Pembaca

Rangking Bukan Penentu Kemampuan Anak


Rangking Bukan Penentu Kemampuan Anak - Tak terasa libur sekolah telah berjalan dan anak-anak telah menerima hasil belajarnya selama satu semester. Pertanyaan pertama yang akan ditanyakan adalah juara atau tidak ?, dapat rangking berapa ?. dua pertanyaan itu akan selalu muncul ketika pembagian hasil belajar anak. Terkadang akan sangat membingungkan bagi saya, apakah tidak ada pertanyaan yang lain selain itu ?.

Perlu sobat semua ketahui bahwa ranking bukanlah faktor penentu kemampan anak. Anak memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Ada anak memiliki kemampuan lebih dalam matematika atau bisa disebut kecerdasan logis atau matematis, ada pula anak yang memiliki kemampuan berbahasa atau memiliki kecerdasan linguistik. 

Bukan berarti anak yang tidak memiliki kemampuan seperti contoh tersebut dapat dikatakan anak kurang pandai dan sebagainya, bisa jadi anak tersebut memiliki kemampuan lain yang tidak dimiliki oleh teman - teman sebayanya yang lain. Pakar pendidikan Howard Garner dari Havard university membagi menjadi delapan kecerdasan yang dimiliki oleh anak. Berikut macam-macam kecerdasan yang ada dalam diri anak;

1.       Kecerdasan Linguistik (Word Smart)

Kecerdasan ini berkaitan dengan kemampuan anak dalam berbahasa baik secara lisan maupun tulisan. hal tersebut dapat dilihat dari tulisan anak yang rapi, anak suka dalam membaca, cepat menghafal huruf dan lancar dalam mengeja, memiliki kemampuan berbicara yang lancar dengan lawan bicaranya, dan mendengarkan cerita.

2.       Kecerdasan Logika Atau Matematis (Number Smart)

Anak yang memiliki kecerdasan matematis akan lebih menyukai angka. Hal itu dimulai dari anak hafal angka, lancar dalam berhitung baik, penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Anak yang memiliki kecerdasan matematis akan lebih menyukai sesuatu yang berbau angka dan sains.

3.       Kecerdasan Intrapersonal (Self Smart)

Kecerdasan dalam menguasai diri. Anak yang memiliki kecerdasan intrapersonal akan pandai dalam menguasai diri, termasuk emosi dan anak lebih suka bermain sendiri.

4.       Kecerdasan Interpersonal (People Smart)

Kecerdasan interpersonal atau bisa disebut kecerdasan bersosial. Anak yang memiliki kecerdasan interpersonal akan memiliki banyak teman, disebabkan karena anak mudah bergaul dengan orang lain. Anak akan memiliki rasa empati, mampu memahami perasaan orang lain dan menonjol.

5.       Kecerdasan Musikal (Music Smart)

Anak yang memiliki kecerdasan musikal dapat terlihat dari anak yang suka menyanyi, mendengarkan musik, dan berjoged

6.       Kecerdasan Spasial (Picture Smart)

Anak biasanya lebih suka menggambar, mencoret-coret dan mewarna.

7.       Kecerdasan Kinetik (Body Smart)

Anak yang memiliki kecerdasan ini lebih aktif, suka olahraga, menari dan sesuatu hal yang bersifat untuk melakukan sesuatu anak akan menyukainya.

8.       Kecerdasan Naturalis (Nature Smart)

Anak yang memiliki kecerdasan naturalis akan suka bermain di alam, seperti menyukai tanaman, hewan dan peduli terhadap lingkungan.

Melalui gambaran mengenai kecerdasan yang dipaparkan,  Rangking Bukan Penentu Kemampuan Anak.  diharapkan sobat tidak lagi berfikir bahwa ketika anak tidak mendapatkan rangking anak belum bisa atau berfikir negatif tentang anak. Setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda dengan anak yang lainnya. Ingatlah bahwa angka bisa dibuat dan diubah namun kecerdasan dan kemampuan adalah mutlak milik anak. Jadi jangan berpacu pada sebuah rangking untuk menilai kecerdasan dan kemampuan yang dimiliki oleh anak.

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar