follow us

Minat membaca Siswa Rendah? Inilah 5 Hal yang harus dilakukan guru.

Pilihan Pembaca

Minat membaca Siswa Rendah? Inilah 5 Hal yang harus dilakukan guru.


Minat membaca Siswa Rendah? Inilah 5 Hal yang harus dilakukan guru. Membaca merupakan banyak manfaat untuk kita , salah satunya dapat menambah wawasan kita untuk dunia.

Selain itu membaca juga dapat mendapatkan sebuah informasi yang mana informasi tersebut dapat kita gunakan nantinya ketika sesuatu yang kita perlukan nantinya .

Nah ,kalian tahu, sayangnya jaman sekrang minat membaca pada siswa sangat memperhatikan sekali, miris bukan?  Kalian tahu apa akibatnya?

Yah, salah satunya karena pengaruh gadget, namun juga benar, gadget now memiliki aplikasi baca online, namun menurut saya, alangkah baiknya siswa membaca dengan menggunakan buku, takutnya kalo gadget masalahnya, annti membuka kepengaruh yang lain.Nah, saya yang sebagi peran pernah juga mengalami ini, dan gruru saya juga memberikan tips nya seperti yang akan kita bahas nanti.

Oleh karenanya, bapak/ibu guru wajib memotivasi para siswa untuk gemar membaca buku sejak dini. Menumbuhkan minat baca memang susah susah gampang. 

Namun, jika bapak/ibu guru melakukan dengan cara yang tepat , maka semuanya bisa ditangani. Nah, berikut saya akan memberikan 5 cara agar menyenangkan dan menumbuhkan minat membaca pada siswa.

1.Cara Membaca

Kok cara membaca, nah salah satu agar menumbuhkan minat baca pada siswa adalah cara membaca. Kenapa? Cara membaca juga dapat mempengaruhi minat pada siswa. Agar mengetahui siasat agarmembaca jadi lebih menyenangkan.

2. Menciptakan Suasana

Kalau suka dan sudah terbiasa, membaca dapat dilakaukan dimanapun dan kapanpun membaca dapat terasa lebih tenang dan segar. 

Namun jika untuk seorang pemula yang ingin membaca lebih menyenangkan dan ingin membiasakan dibutuhkan space yang mumpuni, seperti tersedianya kursi yang nyaman, tempat yang nyaman , dengan pencahayaan yang cuckup, dan buku yang variatif tentunya.

Contohnya di dalam perpustakaan , jika terdapat buku yang menarik, dengan judul yang menarik perlahan mereka akan membukanya, melihat gambar, dan selanjutkan akan melihat isinya, kemudian membaca halaman demi halaman .

Nah, buku juga harus diperbaharui setiap minggu/bulannya, kenapa agar siswa tak akan bosan nantinya.. Apalagi membuat sebuah taman / kafe yang isinya ada banyak buku sambil menikmati secangkir kopi. Seru bukan?


  • 3.Menempel sebuah slogan

Nah, slah satunya juga menempelkan sebuah slogan loh guys, membuat slogan yang berisi pesan edukatif dan yang didalamnya juga mempunyai motivasi untuk membaca pastinya dengan gaya bahasa anak muda jaman now. Slogan bisa kita tempelkan dimana terdapat banyak siswa yang mengunjungi sebuah tempat.

 Jika seorang siswa sering melihat semacam pesan pesan seperti ini, diharapkan pasti akan meningkatkan minat baca pada siswa.


4.Sharing


Salah satu bagian terpenting nih, yaitu guru sharing mengenai buku yang mereka baca.

Jadilah role mode! Bagi para siswa. Setelah membaca buku, coba dong sharing ke mereka tentang buku apa yang kita baca. Nah, ceritakan juga pada mereka pengaruh apa yang didapat dan efek apa yang didapat setelah membaca buku.


Pasti , murid juga bakal tertarik, dan pasti mereka juga akan mulai tuh mencari buku yang guru maksud, atau guru juga bisa meminjamkan mereka buku yang guru ceritakan tadi. 

Eits tunggu dulu, bukan berarti kita tidak diperkenankan memberi review buruk yah!. Sah aja, tapi sampai jangan mengendurkan minat baca siswa.


5.Field Trip

 Apa itu field trip field trip ini seperti menjelajahi sebuah took buku, seperti gramedia. Jadi, bukan hanya di perpustakaan atau kelas saja yah, agar siswa tidak bosan . 

Siswa akan bisa menyentuh ribuan buku, menghirup aromanya, dan memberikan sensasi yang berbeda dari sebelumnya yang mereka rasakan. Selain itu, mereka juga dihadapkan dengan lingkungan baru yah!
Itulah beberapa informasi tentang minat baca rendah bagi siswa. semoga bisa mengamalkan dan mengaplikasikan nya! Bukan hanya guru, kalian yang dieumah juga dapat memperaktekannya dirumah untuk adik-adik kalian.

Karena, Membaca itu jendela ilmu bukan? Makin banyak membaca , semakin banyak nantinya ilmu yang kita dapat dan kita bisa asahkan.  Jangan lupa juga bapak/ibu guru mengedukasikan siswa mengenai pentingnya membaca. Selamat memcoba yah!!
Jika, salah satu cara diatas ampuh. Bapak/ibu guru jangan lupa komentar serta share artikel ini.

Terima kasih telah membaca, maafkan bila ada sangat banyak kekurangan dalam artikel ini, Karena saya juga seoarang yang masih belajar, lebih tepatnya seorang mahasiswi yang akan terus menggalih potensi diri serta mencari keberkahan ilmu. Loh, ya ampun kok malah curhat yah? Terima kasih…..

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar