follow us

Mencatat Seasyik Membuat Lukisan, Bagaimana Bisa?

Pilihan Pembaca

Mencatat Seasyik Membuat Lukisan, Bagaimana Bisa?


Mencatat Seasyik Membuat Lukisan, Bagaimana Bisa? - Tidak semua hal bisa diingat oleh daya ingat manusia, untuk itulah mereka mencatat setiap kejadian atau pertemuan dalam sebuah buku kecil atau notes. Melalui catatan, mereka menemukan jalan untuk meraih kesuksesan. Selain kunci sukses, ada banyak manfaat yang diperoleh salah satunya, mempertajam daya ingat, dapat menstimulasi otak dengan baik, tepat waktu, teratur, dan dapat meraih sukses.

Catharine M. Cox, seorang penulis buku pernah mempelajari kebiasaan tiga ratus orang jenius, antara lain Einstein, Isaac Newton, dan Thomas Jefferson. Ketiganya adalah penulis jurnal atau orang yang rajin menulis di buku catatan. Thomas Edison juga menulis tiga juta halaman catatan, surat, dan pemikiran pribadinya dalam ratusan jurnal pribasi di sepanjang hidupnya. Maka dari itu, hal ini menjadi pembuktian kalau rajin menulis catatan akan memudahkan kita meraih kesuksesan.

Sebagian dari kita kadang merasa bahwa mencatat kadang menjadi hal yang membosankan dalam kegiatan belajar. Biasanya karena banyak materi pelajaran yang tidak termuat di buku dan melulu dituliskan dengan tinta hitam. Belum lagi ketika catatan-catatan tersebut harus dibuka dan dipelajari berulang kali. Rasanya kegiatan catat-mencatat perlu sedikit dikreasi agar menjadi lebih menyenangkan.

Tulislah format catatan terlebih dulu. Buatlah catatan sementara di lain kertas sebelum menuangkan catatan di buku yang telah dikhususkan.Siapkan pena atau spidol berbagai warna.Salinlah catatan sementara di atas buku dengan pena atau spidol dengan macam-macam warna. Berkreasilah dengan warna yang kamu suka.

Tulislah poin-poin penting dari catatan dengan warna khusus sesuai selera. Kalau ditulis dengan warna khusus, menemukan dan mengingat poin penting dari catatan akan lebih gampang.
Tambahkan gambar-gambar atau simbol sederhana yang bisa kamu buat. Gambar atau simbol hanya digunakan sebagai hiasan. Tetapi, untuk mata pelajaran tertentu seperti geografi dan biologi, tentu ada skema-skema yang akan lebih asyik bila digambar dengan warna selain hitam.

Melalui langkah-langkah di atas, dapat mengatasi rasa bosan dengan bantuan warna atau visual, kegiatan belajar menjadi lebih mudah dilakukan. Menjadikan kita mudah untuk mereview catatan secara otomatis.


SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar