follow us

Yuk Jadi Penulis yang Bermanfaat Bagi Pendidikan

Pilihan Pembaca

Yuk Jadi Penulis yang Bermanfaat Bagi Pendidikan

Yuk jadi penulis yang bermanfaat bagi pendidikan - Menurut Wikipedia, penulis adalah sebutan bagi orang yang melakukan pekerjaan menulis atau menciptakan suatu karya tulis.

Penulis itu melakukan kegiatan menulis yang nantinya akan menghasilkan sebuah tulisan. Penulis dapat melakukan berbagai hal yang dapat menunjang mutu dan kualitas tulisannya.  Seperti riset, tanya jawab dengan orang lain , membaca referensi, bahkan mengagumi penulis lain dari berbagai macam karyanya. Dan di zaman sekarang ini banyak dari penulis termotivasi dari penulis handal lainnya. Maka bisa dikatakan penulis adalah seseorang yang berkarya dengan hati yang ikhlas, demi sebuah ilmu untuk semua orang.

Karya penulis bisa berupa  seperti; makalah, artikel, opini, sastra atau fiksi (termasuk prosa, novel, cerpen, puisi). Sedangkam melalui media yaitu;

1. media cetak:buku, majalah, koran, tabloid dan sebagainya

2. media on-line/internet: (website, blog, media jejaring sosial: facebook, twitter, dan sebagainya

Mengulas dunia literasi yang sangat erat kaitannya dengan membaca dan menulis. Literasi membuka wawasan setiap orang. Tanpa perlu uang yang banyak, kita bisa berkeliling dunia dengan satu cara yaitu membaca. bacaan yang kita baca itu tumbuh karena penulis. Tak perlu mencari orang yang bisa diajak ngobrol, dengan menulis kita bisa tuangkan ide luar biasa sesuka hati.


Membaca memang dapat dilakukan oleh hampir seluruh orang yang ada di dunia. Tapi untuk menulis?  Beberapa orang mengatakan, menulis bisa jadi bakat, kebiasaan, pekerjaan, dan lainnya. Maka dari itu, kita sebagai generasi muda harus mulai berpartisipasi dalam bidang pendidikan.


Karena mungkin sebagian kita bukan orang dengan kekayaan melimpah yang bisa berbagi untuk misi pendidikan, bagaiana kalau kita mulai berpartisipasi dengan cara yang lebih mudah. Caranya? Menulis lah! Karena jika tulisan kita bisa dibaca beberapa orang saja. Bukankah sama halnya dengan berbagi ilmu? Dan tandanya tanpa kita sadari kita telah menjadi orang yang bermanfaat.

Yang tadinya tidak tahu mengenai apa apa  menjadi tahu. Mulai sekarang yuk jadi penulis yang bermanfaat bagi dunia pendidikan!

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar