follow us

Kuliah Pendidikan Jurusan Bahasa Inggris, Begini Suka dan Dukanya

Pilihan Pembaca

Kuliah Pendidikan Bahasa Inggris, Begini Suka dan Dukanya


Kuliah Pendidikan Bahasa Inggris, Begini Suka dan Dukanya  - Semua orang setuju jika bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang mencakup seluruh dunia dalam penggunaannya. Sehingga, orang-orang berbondong-bondong mempelajarinya bahkan merelakan membayar mahal untuk dapat menguasai bahasa Inggris karena bahasa Inggris adalah salah satu syarat untuk melamar pekerjaan yang layak, melanjutkan studi magister dan juga sebagai syarat untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri.

Sehingga, mahasiswa-mahasiswi jurusan pendidikan bahasa Inggris pada umumnya dipersiapkan untuk membantu orang-orang menguasai bahasa Inggris sehingga mendapatkan kehidupan yang layak ke depannya. Tidak menutup kemungkinan juga mahasiswa-mahasiswi pendidikan bahasa Inggris menempatkan dirinya pada pekerjaan-pekerjaan selain pendidik. Bisa saja para mahasiswa pendidikan bahasa Inggris bekerja di bidang editor, penulis, sastrawan, penerjemah, wartawan koran, ahli bahasa, leksikografer, pemandu wisata, eksekutif periklanan, bekerja di perusahaan multinasional, entrepreneur, pramugari, staf informasi, public relation, staf diplomatik, dan masih banyak lagi.


Apa saja yang di pelajari selama perkuliahan sehingga banyak sekali lapangan pekerjaan yang dapat di masuki oleh lulusan pendidikan bahasa Inggris?



Selain mempelajari mata kuliah pedagogi (ilmu mengajar seperti psikologi pendidikan, perkembangan peserta didik, filsafat pendidikan, micro teaching, pengembangan kurikulum, dll. ), skills (listening, reading, writing, speaking), juga mempelajari sastra bahasa Inggris (drama, poetry, prose, psycholinguistic, morphology, syntax, dll. ). Sehingga, dalam proses pembelajarannya, para mahasiswa tidak hanya dituntut untuk bisa mendidik dengan baik tetapi bisa juga terjun di pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan pelayanan masyarakat.



Apa saja suka dan duka selama menempuh perkuliahan jurusan pendidikan bahasa Inggris?


Kabar baiknya tidak ada duka ketika menempuh jurusan pendidikan bahasa Inggris. Duka tercipta karena para mahasiswa tidak tekun dalam mempelajari mata kuliah yang ditawarkan jurusan pendidikan bahasa Inggris. Contohnya seperti takut bertanya dikelas karena tidak lancar dalam berbicara menggunakan bahasa Inggris, takut menulis caption bahasa Inggris di media sosial karena tidak terbiasa menggunakan grammar yang benar, takut bimbingan kepada dosen pembimbing karena tidak lancar berbahasa Inggris, dan masih banyak ketakutan-ketakutan yang menghasilkan duka yang hanya tercipta karena tidak tekun belajar. Untuk menghindari hal tersebut, bertekunlah belajar sehingga menghasilkan sukacita dalam mempelajari mata kuliah bahasa Inggris.



Adapun sukacitanya adalah:

1. Ladang pekerjaan selama masa perkuliahan sangat banyak. 

Masih semester satu saja, kamu bisa menawarkan jasa untuk mengajar bahasa Inggris di rumahmu. Pastinya, tetanggamu tertarik untuk mempercayakanmu dalam mengajar anak-anaknya. Selain itu, kamu bisa meluangkan waktumu mengajar bahasa Inggris di wadah bimbingan belajar dan tempat-tempat privat bahasa Inggris. Tidak hanya berhenti di pekerjaan itu saja, kamu bisa membentuk tim penerjemahan kecil-kecilan bersama teman-temanmu untuk menerjemahkan abstrak skripsi dan jurnal-jurnal internasional.

2. Bahasa Inggris makanan sehari-hari. 

Pastinya mahasiswa bahasa Inggris dituntut untuk selalu menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Kamu akan terbiasa untuk berbicara bahasa Inggris dengan temanmu bahkan berbicara ringan dengan teman-temanmu di kantin, bertemu di jalan, bahkan ketika naik kendaraan umum. Sehingga, dalam proses mendapatkan pekerjaan, kamu mampu bersaing dengan pelamar-pelamar yang kurang lancar menggunakan bahasa Inggris lisan.

3. Mata kuliah yang ditawarkan bukan hanya ilmu mendidik saja

Selain mata kuliah pedagogi, kamu ditawakan mata kuliah sastra, seperti drama, poetry (berpuisi), prose (prosa), dll. Bayangkan ketika para netizen galau membuat status sosial media yang tidak berkelas, kamu malah menciptakan kegalauan kamu menjadi maha karya berkualitas dalam bentuk puisi, cerpen, novel, artikel yang siap kamu terbitkan dalam bentuk buku ataupun karya tulis yang lainnya. Apalagi, ketika kamu menerbitkannya dalam bahasa Inggris. Kamu luar biasa keren.

4. Mata kuliah pedagogi membuat kamu semakin dewasa dalam berpikir dan bertindak

Tuntutan mengajar adalah para pengajar harus bisa menjadi role model (telandan) bukan hanya kepada murid saja, melainkan kepada sesama pendidik bahkan masyarakat. Selama proses pembelajaran, para calon pendidik dituntut untuk mengeluarkan pendapatnya di dalam kelas dan dilarang untuk menyalahkan pendapat orang-orang karena tidak ada pendapat yang salah, yang salah adalah cara berpikir yang harus diperbaiki tanpa menyudutkan.

5. Kamu belajar dengan metode yang mengasyikkan 

Menganalisis film-film lama dan yang lagi rilis, lagu-lagu, membaca berbagai literatur berbahasa Inggris dari yang sederhana sampai yang paling rumit, seru-seruan bersama teman-teman dalam mengadakan proyek drama, menyusun kurikulum dan buku pelajaran, mengajar di depan kelas dengan mengundang murid-murid dari berbagai sekolah, jadi tidak hanya mendengarkan ceramah para dosen dan mahasiswa di dalam kelas dan juga karena kamu dituntut untuk memberikan berbagai macam metode pembelajaran terbaik untuk murid-muridmu kelak, kamu akan disuguhkan dan diperkenalkan berbagai macam metode, teknik, dan strategi pembelajaran selama masa perkuliahan.


Masih banyak keuntungan yang kamu dapatkan ketika menjadi mahasiswa jurusan pendidikan bahasa Inggris. Sebenarnya, apapun jurusan yang ingin kamu masuki ketika lulus dari sekolah menengah, jika di tekuni, kamu akan menjadi orang yang berharga bagi bangsa dan negara. 

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar