follow us

Ekspetasi Calon Mahasiswa terhadap Dunia Kampus

Pilihan Pembaca

Ekspetasi Calon Mahasiswa terhadap Dunia Kampus


Ekspetasi Calon Mahasiswa terhadap Dunia KampusUniversitas menjadi lembaga pendidikan formal tertinggi yang didirikan oleh suatu Negara. Di era digital ini, akses unutk menempuh pendidikan pada suatu universitas hampir mudah untuk didapatkan. Baik universitas yang bersifat negeri maupun universitas yang bersifat swasta. Kampus memang tempat terbaik untuk menuntut ilmu bagi setiap insan yang mepunyai jiwa dan prinsip ingin terus belajar. Kualitas tenaga pendidikan sekelas profesor dengan mudahnya akan kita temui dikampus. Terlebih lagi sarana dan prasarana penunjang untuk menjadi kaum terpelajar (berupa ruang belajar dan buku-buku pendukung belajar) memang sengaja sudah dipersiapkan.

Sebelum jagad raya ini memperkenalkan manusia dengan kecanggihan teknologinya, akses untuk mengetahui hal-hal apa saja yang terjadi didunia kampus sangat sulit untuk kita ketahui. Untuk mengakses ketidaktahuan itu, perlu dilakukan lansung studi kampus ke universitas-universitas tujuan. Atau mungkin kampus sebagai bentuk kepeduliannya, akan mengutus bebrapa mahasiswa yang dipercaya unutk mensosialisikan dunia kampus kepada calon-calon intelektual yang ingin melanjutkan pendidikan didunia perkuliahan.  Dampak terburuk dari kurangnya akses untuk mengetahui kehidupan dunia kampus dizaman itu adalah ketidakberanian untuk melanjutkan pendidikan.

Seiring berkembangnya dan semakin majunya peradaban teknologi, hampir seluruh akses untuk mendapatkan pelayanan pendidikan dengan sangat mudahnya bisa kita temui, tak terkecuali akses unutk melanjutkan pendidian di tingkat universitas.

Bagi siswa-siswa yang sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian nasional setingkat SLTA ataupun SMA, disamping fokus mempelajari soal-soal yang menjadi kisi-kisi ujian nasional nanti, menentukan kampus untuk tujuan selanjutnya tidak kalah penting untuk dipikirkan dan dipersiapkan. Saat ini pemerintah melalui kemenristekdiktinya membuat program-program yang tujuannya untuk memudahkan akses teman-teman siswa untuk melanjutkan pendidkan didunia perkuliahan. 

Salah satunya adalah program SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Nasional) bagi sekolah-sekolah yang terdaftar dan memiliki NISN (Nomor Induk Sekolah Nasional). Disini para calon mahasiswa sudah bisa mendaftar sebelum dinyatakan lulus ujian nasional dan berhak memilih kampus manapun di Indonesia yang berstatus negeri. Adapun yang menjadi dasar penilaian dalam SNMPTN ini adalah nilai  rapor selama 5 semester.

Tentunya sebelum memasuki dunia perkuliahan, akan muncul berbagai ekspetasi mengenai kampus dan segala hal yang akan terjadi didalamnya. Bagi siswa yang sering terpengaruh oleh drama FTV  nya, kampus akan menjadi tempat yang yang rekomended untuk menemukan cinta (alias pacar), sebab hampir semua adegan di FTV yang berlatar tempat dikampus itu adalah adegan berpacaran. 

Bagi siswa yang serius pada suatu pengetahuan, kampus akan mejadi tempat yang paling tepat untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya. Bagi siswa yang senang berorasi, kampus menjadi tempat terbaik untuk belajar menyuarakan aspirasinya, bagi siswa yang senang berdiskusi, kampus menjadi tempat yang baik untuknya mengeluarkan retorika dan mencari teman diskusi. Dan berbagai ekspetasi lain akan bermunculan ketika terdengar oleh mereka mengenai kehidupan didunia kampus.

Ekspetasi-ekspetasi yang dialami oleh calon mahasiswa ini memang tidak sepenuhnya salah dan juga tidak sepenuhnya benar. Sebab teknologi dalam memainkan peran informasi memberikan semua itu. Oleh krena itu, bijak dalam menerima dan melihat  apa yang disampaikan adalah cara terbaik untuk mewujudkan ekspetasi-ekspetasi yang telah disebutkan diatas. Menjadi mahasiswa dengan pengetahuan yang luar biasa dan dengan pemikiran yang kritis terhadap suatu maslah menjadi kebanggan tersendiri. Oleh karena jadikan kampus unutk mewujudkan itu.

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar