follow us

Don't Worry, Coba Tips-Tips Ini Untuk Memilih Jurusan Kuliah

Pilihan Pembaca

Tips-Tips Ini Untuk Memilih Jurusan Kuliah

Don't Worry,  Coba Tips-Tips Ini Untuk Memilih Jurusan Kuliah - Hai sahabat shalaazz berjumpa lagi dengan Pipit. Kali ini akan membahas cara memilih jurusan kuliah. Saya sering mendapat pertanyaan dari calon mahasiswa yang kebingungan memilih jurusannya. Pilihan pendidikan sangat penting karena menentukan masa depan. Berikut beberapa tips memilih jurusan:

1. Searching semua jurusan

Mencari tau sampai akarnya tentang jurusan-jurusan yang ada di PTN, Poltekkes, IAIN maupun lainnya.

2. Pilih 3 besar jurusan favoritnya

    Setelah tau informasi tentang berbagai jurusan, lalu diseleksi dan dipilih Top Three jurusan favorit sesuai passion.

3. Konsultasi pada senior

Kalian bisa konsultasi pada senior tentang ketiga jurusan itu. Sebisa mungkin konsultasi pada senior yang sejurusan dengan ketiga jurusan favorit kalian.

4. Mengetahui akreditasi prodi

 Akreditasi tiap Perguruan Tinggi saat ini baik PTN maupun PTS selalu menjadi acuan pendidikan. Jika akreditasi Perguruan Tingginya belum A tidak masalah, asalkan akreditasi program studi A. Sebenarnya tidak menuntut kemungkinan, akreditasi bukan jaminan bagusnya kualitas pendidikan karena seiring waktu.

Akreditasi biasanya berlaku selama 5 tahun, jadi dalam rentang waktu itu kualitas pendidikannya masih bisa dipertahankan atau malah sebaliknya. Alasan menyarankan diutamakan memilih program studi yang akreditasi A adalah pilihan dari yang terbaik diantara yang baik. Biasanya proses pembelajaran di kelas atau praktikum dan penelitian di laboratorium sangat mendukung  dengan adanya SDM (Sumber Daya Manusia), sarana dan prasarana yang memadai.

5. Mengukur diri

Percaya diri memang perlu, namun mengukur diri tidak kalah penting juga. Mengapa demikian ?. Sebab apapun hal yang dipaksakan biasanya tidak akan berjalan sesuai harapan. Selama bersekolah dari SD-SMA kurang lebih 9 tahun, pastinya diri sendiri sudah mampu mengukur kemampuan, misal dalam pemahaman materi dan lainnya. Oleh karena itu, bisa menyesuaikan pilihan jurusan dengan kemampuan diri.

6. Memilih yang paling dibutuhkan di tempat asal

Jika kita melanjutkan studi sampai ke jenjang yang lebih tinggi, tentunya ingin mendapatkan ilmu untuk diterapkan di tempat asal. Misal yang perkotaan menghadapi masalah sampah, maka solusinya dibutuhkan seorang sarjana dari Teknik Lingkungan. Sedangkan apabila tinggal di pedesaan, dibutuhkan seorang Sarjana Pertanian untuk mengelola sumber daya alamnya terutama pangan.

7. Melakukan sholat Istikharah

Bagi umat muslim jika bingung menentukan suatu pilihan, maka disarankan untuk sholat Istikharah untuk memohon petunjuk pilihan terbaik dari Tuhan. Jika non muslim, bisa menyesuaikan sendiri ibadahnya sesuai ajarannya.

8. Minta Doa Restu

Setelah mengikuti langkah-langkah menentukan pilihan jurusan, tidak kalah penting doa restu dari orang tua. Jika orang tua tidak merestui pilihan kita, mencobalah untuk menjelaskan alasan diri sendiri memilih jurusan tersebut. Maka diharapkan orang tua dapat memahaminya. Terpenting diri sendiri dapat bertanggung jawab dengan pilihannya.

Semoga bermanfaat ya Tips-Tips Ini Untuk Memilih Jurusan Kuliah.  Jadi mulai saat ini sudah tidak bingung lagi menentukan jurusan.



SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar