follow us

12 Fakta Menarik Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed)

Pilihan Pembaca

12 Fakta Menarik Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed)


12 Fakta Menarik Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) - Hai sahabat shalaazz, berjumpa lagi dengan saya. Kali ini akan membahas tentang almamater saya. Perkenalkan saya baru menjadi alumni Universitas Jenderal Soedirman tahun ini, lulus sebagai sarjana pertanian yang mengambil program studi agroteknologi. 

Apakah kalian sudah mengenal UNSOED ?. Bagi yang belum, mari kenalan dulu ya 😊

Berikut 12 Fakta UNSOED :

1. Kepanjangan UNSOED adalah Universitas Jenderal Soedirman.


2. Universitas Jenderal Soedirman berdiri pada 23 September 1963, 

jadi sekarang sudah berumur 55 tahun. Beberapa bulan lalu baru selesai menyelenggarakan rangkaian diesnatalis dengan waktu yang cukup panjang dan meriah.

3. Universitas Jenderal Soedirman terletak di Purwokerto, Kabupaten Banyumas. 

Cocok sebagai kota pendidikan untuk pelajar karena suasananya yang masih pedesaan, menciptakan ketenangan untuk belajar. Selain itu juga masih bisa menikmati wisata alam yang asri dan indah.

4. Nama Universitas Jenderal Soedirman diambil dari nama Panglima Besar yang lahir di Banyumas 

yaitu Jenderal Soedirman.  Hal tersebut sebagai monumen pendidikan untuk mengenang jasanya pada bangsa, nusa dan negara. 

5. Fakultas pertanian tertua di Universitas Jenderal Soedirman

Bahkan berdirinya setahun sebelum berdirinya UNSOED. Setelah itu disusul oleh berdirinya Fakultas Biologi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

6. Memiliki 12 Fakultas yang terdiri dari  (Fakultas Pertanian, Fakultas Biologi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Matematika dan IPA, Fakultas Kesehatan, Fakultas Kedokteran, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Peternakan, Fakultas Ilmu dan Budaya, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Hukum).

7. Memiliki lebih dari 50 jurusan baik program sarjana, magister ataupun doktoral.

8. Universitas Jenderal Soedirman masuk dalam nominasi PTN Favorit yang berada di urutan 9 untuk seleksi kompetisi masuk UNSOED. 

9. Terdapat mata kuliah wajib yakni JDU (Jati Diri UNSOED) yang mempelajari tentang sikap Panglima Besar Jenderal Soedirman. Diharapkan mahasiswa atau alumni UNSOED menerapkan kejujuran, pantang menyerah, dan peduli.

10. Memiliki banyak UKM, antara lain tiga UKM yang berprestasi adalah Wacana Soedirman, UKMPR, dan   Mapala (Mahasiswa Pecinta Alam). Prestasi terbaru di akhir 2018 adalah tiga mahasiswa dari Mapala yang berhasil mencapai puncak gunung di Argentina.

11. Universitas Jenderal Soedirman termasuk salah satu PTN yang paling banyak menyelenggarakan wisuda. Setahun ada 4 kali periode (Maret, Juli, September dan Desember).

12. Pada 20 Desember 2018 berhasil meraih akreditasi A dari Ban-PT. Berlaku sampai 20 Desember 2023. Jadi, saat ini Indonesia menambah jumlah PTN yang terakreditasi A selain ITB, UI, IPB, UNDIP, ITS dan lainnya.

Demikian  fakta tentang Universitas Jenderal Soedirman. Semoga dapat menjadi informasi bagi calon mahasiswa yang minat kuliah di UNSOED. Informasi lebih lengkap dapat diakses di www.unsoed.ac.id. 

Apapun pilihan tempat studinya, terpenting adalah niat dan usahanya. Renungkan kalimat motivasi ini  "Lebih baik menjadi ikan kecil di kolam besar daripada sebaliknya". Maksudnya lebih baik berkontribusi di tempat yang tidak terkenal daripada tinggal di tempat terkenal namun tidak berkontribusi sama sekali. Begitu juga dengan kuliah di tempat manapun.

Semoga berhasil meraih tempat lanjut studi impiannya. Salam semangat dari salah seorang Generasi Panglima Besar Jenderal Soedirman😊

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar