follow us

10 Tips JItu Melatih Fokus Saat Belajar Sendirian

Pilihan Pembaca



10 Tips Jitu Melatih Fokus Saat Belajar Sendirian - Gagal fokus saat belajar karena mikirin doi? Kayanya kamu butuh air putih nih, hehe. Banyak pelajar yang mengeluhkan masalah fokus saat belajar. Mungkin kamu bagian dari mereka? Boleh nih coba tips berikut:

1. Memulai pembelajaran dengan berdo'a.


Paling penting nih sob. Jangan lupa berdo'a, agar kamu diberikan kemudahan dalam memahami materi.

2. Merapikan meja belajar

merapikan meja belajar


Kamu pasti suka dong dengan keindahan? Nah, kebersihan dan kerapian meja belajar menjadi hal wajib nih untuk memacu mood belajar kamu. Kamu tentu jenuh bukan belajar dengan kondisi meja yang berantakan?

Usahakan untuk tidak belajar ditempat tidur ya sob. Jika kamu menganggap belajar ditempat tidur akan lebih santai, emang sih. Tapi, saking santai nya jadi ketiduran.
Pastikan kamu merasa senyaman mungkin dengan suasana belajar kamu ya.


3. Menjauhkan benda pengganggu, gadget termasuk ya.

jauhkan gedget


Siapa nih yang suka ngecek notifikasi setiap menit? Kenapa ya kita suka candu sama gadget sampai kadang lupa waktu? Biasanya hal mendasar yang menjadi alasan kamu menggunakan gadget saat belajar untuk memanfaatkan internet sebagai ladang informasi bukan? Namun, faktanya kamu justru nyasar ke sosial media dan stay di sana. Pernah gak? Kalau pernah, kayanya sekarang kamu harus ubah deh kebiasaan itu. Kamu bisa me-nonaktifkan handphone saat pembelajaran akan kamu mulai.

4. Mengkondisikan perut. Tidak dalam keadaan lapar maupun terlalu kenyang.

lapar

Kalau cacing di perut pada demo, apa iya kamu bisa fokus? Makan dulu deh sob, tapi jangan sampai terlampau kekenyangan ya.

5. Istrihat cukup


Jangan sampai di jamnya belajar kamu ngantuk ya sob. Don't  forget siapin waktu tersendiri untuk istirahat.

6. Memilih waktu yang cocok, yang kamu banget.

waktu


Sebagian orang akan senang belajar di malam hari, sebagian lagi memilih di pagi hari. Gak salah kok belajar pagi atau malam. Yang salah itu kalau gak belajar, hehe.

7. Beri batasan waktu belajar

10 Tips JItu Melatih Fokus Saat Belajar Sendirian

Hal ini akan membuat kamu lebih tertib. Kamu jadi punya target dalam belajar. Bisa atur sesuai selera nih.


8. Mempelajari hal yang mudah

Mempelajari hal yang mudah


Saat memulai pembelajaran, jangan hancurkan mood belajar dengan membuka materi yang sulit -dan memungkinkan kamu stres- duluan. Kaya kata Kotak, pelan-pelan saja.

9. Berinovasi dengan metode belajar

10 Tips JItu Melatih Fokus Saat Belajar Sendirian

Kamu bisa coba memahami materi lewat gambar, video ataupun film, audio, cerita atau semacamnya agar kamu tidak jenuh dengan cara belajar yang itu itu saja. Hal ini diyakini mampu memacu semangat belajar kamu.

10. Menuliskan pencapaian

pencapaian

Boleh di catat, dimana saja. Mampu tidaknya kamu berkonsentrasi, mampu tidaknya kamu dalam memahami materi, memenuhi target kah kamu? Ya, boleh di coba. Untuk merangsang kamu mengevaluasi pembelajaran kedepannya.



Sekian dulu sob tips kali ini. Makan permen sampai ke pelosok, eh sakit gigi. Sampai jumpa besok, tips selanjutnya bakal balik lagi.

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar