follow us

8 Tips Rahasia ini Bisa Kantongi Beasiswa

Pilihan Pembaca

8 Tips Rahasia ini Bisa Kantongi Beasiswa



8 Tips Rahasia ini Bisa Kantongi Beasiswa - Hai sahabat shalaazz, jumpa lagi dengan Pipit. Kali ini akan berbagi apa saja yang saya dapat gratis selama sekolah sampai kuliah. Penasaran ?Hampir semua orang mengimpikan sekolah atau kuliah melalui beasiswa, apalagi seperti saya yang berasal dari kalangan keluarga sederhana. Berikut tips-tips untuk mendapatkan beasiswa pendidikan:

1. Memperbanyak prestasi

Waktu selama sekolah dan kuliah digunakan sebaik mungkin untuk berprestasi. Orang tersebut yang akan mendapat peluang lebih besar untuk diterima beasiswa.

2. Belajar bahasa asing

Bahasa asing memang bukan bahasa kita, namun jika punya cita-cita ingin melanjutkan studi ke Luar Negeri setidaknya harus mampu berbahasa Inggris.

3. Rajin mencari informasi

Tulis saja semua daftar beasiswa, saat ini sudah gampang didapat melalui internet. Bahkan bisa melalui senior di sekolah atau kampus. Lalu, pilih beasiswa yang paling sesuai dengan persyaratannya. Usahakan persyaratan yang  dimiliki melebihi persyaratan yang diminta agar berada di posisi aman, tidak terlalu di bawah. Kita sendiri yang bisa mengukur diri. Pahami dan cermati segala ketentuannya. Lebih baik mempunyai kalender beasiswa agar mengetahui batas waktu pendaftaran masing-masing beasiswa. Kalender itu dapat diperoleh dari website "Sahabat Beasiswa".

4. Menyiapkan persyaratan

Langsung melakukan tindakan setelah mengetahui persyaratan beasiswa. Segera melengkapi kekurangannya, tidak boleh ada satupun persyaratan yang tertinggal karena mudah tidak lolos di tahap pertama (administrasi).

5. Mendaftar tidak mepet

Bagi kalian yang merasa deadliner, untuk masalah beasiswa usahakan tidak. Kalau mepet mendaftar, akan mengakibatkan terburu-buru maka bisa jadi berkas ada yang tertinggal. Selain itu, untuk menghindari website yang error di waktu pendaftaran terakhir. 

6. Memperbanyak motivasi

Kalau sudah berusaha, dapat memperbanyak motivasi agar optimis mendapatkan apa yang diperjuangkan. Motivasi dapat diperoleh dari siapa saja, misal dari senior yang berhasil mendapat beasiswa. Tokoh yang menginspirasi atau lainnya. Saya sendiri mendapat motivasi dari Guru BK dan membaca novel "Sang Pemimpi" karya Andrea Hirata.

7. Sering ikut workshop beasiswa

Kalau pernah mendaftar beasiswa gagal, tidak usah bersedih hati. Carilah peluang lain yang membuat semangat lagi untuk mengejar beasiswa. Melalui workshop biasanya dimasukkan ke group WA untuk mendapat seputar tips dan informasi beasiswa, bahkan ada pelatihannya langsung untuk mendapat mempersiapkan berkas seperti CV, motivation letter dan lainnya.

8. Minta Doa Restu

Apapun beasiswa yang dilamar harus mendapat doa restu. Ingatlah doa orang tua menembus langit. Semuanya akan dipermudah dan dilancarkan.

Bagi yang ingin menanyakan seputar beasiswa bidikmisi dan niaga madani serta tempat tinggal gratis untuk siswa SMA khususnya di Sumenep, silahkan boleh email ke fitriya.kulsum26@gmail.com.

Semangat buat para pemburu beasiswa untuk meraih impiannya, bayarkan perjuangan kalian dengan senyuman orang tua melalui beasiswa pendidikan.

Salam Pendidikan Untuk Semua Bangsa 😊

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar