follow us

The Magic of Soft Book Solusi Melatih Anak Menulis

Pilihan Pembaca

The Magic of Soft Book Solusi Melatih Anak Menulis


The Magic of Soft Book Solusi Melatih Anak Menulis  -- Halo sahabat shalaazz, berjumpa lagi. Kali ini akan membahas tentang the magic of soft book. Pasti akan muncul pertanyaan sahabat pena seperti apa soft book itu ?. sebelum membahas soft book mari kita pahami terlebih dahaulu apa itu menulis.

Menulis bukan sesuatu hal yang sepele, karena menulis termasuk keterampilan yang bersifat produktif (mencipta). Menulis adalah melukiskan lambang-lambang huruf supaya mudah dipahami oleh pembaca. Keterampilan menulis itusendiri termasuk keterampilan yang kompleks, sebab mernulis merupakan suatu proses perkembangan yang didalamnya memuat pengalaman, waktu, latihan serta memerlukan cara berfikir yang teratur untuk menuangkannya dalam bentuk bahasa tulis. Oleh sebab itu, menulis harus diajarkan pada anak sedini mungkin.

Soft book atau buku halus menjadi solusinya untuk melatih anak menulis. Soft book atau buku halus adalah buku yang bisa digunakan untuk menulis halus atau biasa disebut dengan menulis tegak bersambung. Lalu bagaimana di katakan magic ? yaps pertanyaan yang bagus.

Dikatakan magic karena buku halus dapat membantu untuk melatih anak menulis agar rapi dan mudah dibaca. Anak dapat membedakan tinggi rendah huruf, bisa membedakan huruf yang menggantung di atas dan di bawah serta huruf yang seharusnya ditulis sejajar seperti hurif a, c, e, i, m,n dan huruf-huruf yang sejenisnya.

Anak yang awalnya memiliki kesulitan dalam menulis, dengan soft book anak bisa lebih mudah untuk menulis. Soft book tidak hanya berfungsi melatih anak dalam menulis tegak bersambung namun juga berfungsi untuk melatih anak menulis dengan tulisan biasa atau tidak tegak bersambung. Soft book dalam setiap kotaknya terdiri dari lima baris. Setiap barisnya memiliki fungsi untuk menulis huruf tertentu agar huruf yang ditulis terlihat rapi dan sejajar. Sebagai contoh penulisan menggunakan soft book di bawah ini :



(Gambar menulis tegak bersambung menggunakan soft book)

Bunda dan ayah jangan khawatir lagi ya kalau anaknya belum bisa menulis dengan rapi, coba anak diajarai menulis menggunakan soft book. Menggunakan latihan yang terus menerus dan juga kesabaran untuk mendampingi anak selama proses latihan menulis akan menghasilkan tulisan anak yang rapi dan mudah dibaca. Hasil tulisan yang rapi juga menjadi salah satu faktor anak senang untuk membaca dan muncul semangat untuk belajar. Biasanya anak yang kurang samngat belajar bisa karena tulisannya kurang bagus. Oleh sebab itu, menulis

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar