follow us

Hal Terbaru dari Sistem Pendidikan di China

Pilihan Pembaca

Hal Terbaru dari Sistem Pendididkan di China


Hal Terbaru dari Sistem Pendididkan di China - China merupakan salah satu negara dengan sistem pendidikan yang banyak dibicarakan, mulai dari tingkat pendidikan pra sekolah, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas sampai universitas. China menganut wajib belajar 9 tahun, yang terdiri dari 6 tahun sekolah dasar dan 3 tahun sekolah menengah pertama. Untuk masuk ke sekolah menengah spesialisasi atau sekolah menengah kejuruan untuk Indonesia , menerima siswa dari sekolah menengah pertama untuk program 4 tahun. 3 tahun untuk kelas seperti pada umumnya dan satu tahun untuk kelas kusus. Perguruan tinggi rata-rata selama 4 tahun.

Proses pemebelajaran di China

China menganut sekolah full day, dalam sehari menggunakan 2 kali istirahat yaitu pagi dan siang. Siswa di China pergi ke sekolah tidak mengenakan seragam seperti sekolah pada umumnya, melainkan memakai baju biasa seperti hendak bepergian. Sehingga terkesan santai dan tidak menekan. Kesan santai ditujukan guna membuat siswanya merasa lebih nyaman dan bersemangat untuk bersekolah. 

Di dalam ruang kelas di China masih menggunakan papan tulis dan kapur tulis untuk pembelajaran, namun siswanya juga tidak kalah dengan negara lain mengenai kemajuan teknologi. siswa telah diajarkan teknologi mulai dari sekolah dasar, dimulai dari hal-hal yang sederhana sesui dengan tingkatannya. selama proses pembelajaran berlangsung, siswa diberi kesempatan untuk istirahat 10 menit setelah 45 menit belajar. Kegiatan tersebut guna untuk merefres kembali anak agar tetap semangat untuk menerima pelajaran lagi, sekaligus untuk menghilangkan kesan jenuh pada anak. Siswa tidak hanya belajar mengenai sains, matematik dan komputer saja namun juga mempelajari cara bersosial. Selain pembelajaran umum, siswa juga mempelajari seni, olahraga, dan musik.

Fasilitas sekolah

Setiap kelas terdapat AC, untuk membuat lebih nyaman belajar dalam ruang. Setiap ruang kelas tersedia papan tulis. Sekolah memfasilitasi lintasan untuk olahrga, kemudian tersedianya lapangan, dan lapangan basket. Untuk melatih anak untuk maju mengenai teknologi setiap sekolah terdapat laboratorium komputer dan juga sains. Laboratorium komuter telah ada mulai dari jenjang pendidikan sekolah dasar, menengah pertama dan menengah atas. Peralatan dan fasilitas standar yang lebih tinggi terdapat di sekolah meengah atas. Fasilitas yang tersedia guna untuk menumbuhkan serta melatih minat yang dimiliki oleh sisswa serta melatih siswa untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekolahnya.

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar