follow us

Sistem Pendidikan Australia Vs Sistem Pendidikan Indonesia, Ada Persamaan?

Pilihan Pembaca

Sistem Pendidikan Australia Vs Sistem Pendidikan Indonesia, Ada Persamaan?


Sistem Pendidikan Australia Vs Sistem Pendidikan Indonesia, Ada Persamaan? - Hai sahabat shalaazz, jumpa lagi dengan Pipit. Kali ini saya akan membahas sistem pendidikan negeri kita tercinta dengan salah satu negeri di benua lain. Kalian pernah mendengar sebutan negeri kangguru kan ?. Iya, negara Australia yang terkenal maju pendidikannya. Bahkan warga Indonesia banyak juga yang memilih melanjutkan studi kesana. Lalu, apa saja sistem pendidikan yang membedakan ngan Indonesia ?. Yuk, simak penjelasan di bawah ini:

1.  Tingkat kesulitan materi

Siswa sekolah dasar disana belum banyak menerima mata pelajaran dan tugas sekolah seperti di Indonesia. Disana lebih ditekankan pada teori pengenalan diri, lingkungan dan pengembangan sikap. Makanya tidak heran apabila melihat siswa sekolah dasar yang banyak belajar di Berbeda dengan Indonesia yang lebih memperbanyak materi dan tugas rumah.

2. Penilaian

Siswa di Australia tidak ada yang tidak naik kelas. Mereka tidak melaksanakan UAS (Ujian Akhir Semester), namun ada seperti Ujian Nasional yang dilakukan serentak pada seluruh sekolah di Australia. Ujian tersebut untuk menguji kemampuan membaca, menulis, dan menghitung. Biasanya dilaksanakan sebelum masuk kelas 1 SMU.

3. Penghargaan

Tiap siswa yang melakukan kegiatan positif akan mendapat sertifikat. Lalu, diumumkan tiap dwi mingguan untuk pengembangan bakat dan seni siswa. Mereka tidak memperoleh raport yang berupa nilai angka, namun narasi atas capaiannya selama di sekolah.

4. Suasana Belajar

Kelas di Australia hanya diisi tidak lebih oleh 20 siswa. Oleh karena itu, suasana belajar lebih kondusif daripada di Indonesia. Bahkan di dalam kelas penuh dengan media, portofolio, dan alat peraga untuk mempelajari langsung teori. Dinding-dinding kelas juga dipenuhi karya-karya siswa. Berbeda dengan di Indonesia yang lebih memilih dinding kelas bersih, namun sedikit alat peraga dan karya siswa yang ditampilkan.

5. Tenaga Pendidik

Guru di Australia datang terlebih dahulu sebelum siswanya datang. Hal ini memberikan contoh yang baik pada siswa. Saat ini ada beberapa sekolah di Indonesia yang mencoba menerapkan juga.

6. Pelajaran Agama

Tiap sekolah di Indonesia selalu ada pelajaran agama. Bahkan ada yang lebih dari satu agama, menyesuaikan dengan kepercayaan siswanya. Berbeda dengan di Australia yang tidak ada mata pelajaran agama pada tiap sekolah, mungkin dikarenakan negara yang lebih liberal dalam masalah kepercayaan agama.


Nah, semakin yakin belum untuk belajar di Australia ?. Berharap semoga Indonesia lebih memperbaiki sistem pendidikannya agar tidak jauh tertinggal dengan negara lain dalam bidang apapun. Ambil positifnya dan buang negatifnya saat belajar di negeri orang lain 😊

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar