follow us

Perlunya Penanaman Pendidikan Karakter Usia Dini

Pilihan Pembaca


                                                           Source : Google Images


Belakangan ini banyak permasalahan menyangkut korupsi terutama di Indonesia. Miris!  melihat, membaca, mendengar, serta menyaksikan fenomena semacam itu lalu lalang berseliweran tidak karuan. Akan tetapi, itulah kenyataan yang terjadi di bumi pertiwi ini.  
Tanahair yang dibangun dengan tumpahan darah dengan pesonan nan indah tetapi tidak dibarengi dengan pemimpinnya  yang bertanggung jawab. Mengambil uang rakyat hanya  untuk  kenikmatan dunia atau membiayai anak istrinya untuk bergaya hidup serba ada atau sekedar foya-foya belaka.
Pejabat yang seharusnya menjadi panutan dan teladan untuk rakyatnya malah melakukan tindakan yang membuat jutaan rakyatnya menderita kelaparan dan tercekik kemiskinan. Lemahnya karakter para pejabat menjadi satu faktor utama yang memungkinkan seorang pejabat melakukan tindakan semacam itu. Misalnya saja baru-baru ini ramai diberitakan .  kasus yang terjadi di Malang Jawa Timur. 22 anggota DPRD ditetapkan oleh KPK sebagai tersangka kasus suap dan gratifikasi.
Wakil rakyat yang seharusnya menjadi tempat aspirasi dan teladan yang baik malah menjadi perampok berdasi untuk daerahnya. Akan dibawa negeri ini apabila kebanyakan pejabat tidak memiliki jiwa welas asih untuk rakyat jelata yang seharusnya memang harus diperjuangkan nasibnya? Sulit sekali rasanya Indonesia menjadi negara bebas korupsi. Hukuman kurungan, denda dan lain lain tidak membuat para perampok berdasi tersebut jera . Di sisi lain adanya KPK yang menjadi pilar utama dalam penanganan kasus korupsi. Hal tersebut,juga harus dibarengi  bantuan peran serta seluruh lapisan masyarakat  dinilai sangat penting untuk memberantas korupsi di Indonesia.
Dalam praktik , upaya pemberantasan korupsi mengharuskan peran serta  seluruh lapisan masyarakat yang berani menyampaikan ketidakbenaran serta pentimpangan terhadap KPK apabila  mendapati kasus suap dan korupsi . Apabila semua lapisan masyarakat turut serta mendukung proses dalam upaya pemberantasan korupsi, maka akan terwujud  Indonesia menjadi negara bebas korupsi .



                                         source : google images

Korupsi sangat merugikan semua pihak. Salah satunya yang paling merasakan kerugian tersebut ialah negara . Uang yang seharusnya dapat dijadikan sarana pembangunan dan pengembangan lainnya malah dijadikan sebagai ajang syukuran bagi para perampok berdasi. Korupsi menjadi penjajah ekonomi di zaman sekarang, memang bukan menjajah dengan cara perang dan menghilangkan banyak nyawa, melainkan menjajah melalui ekonomi , karakter , dan pola pikir suatu masyarakat dalam suatu negara. Penjajahan semacam ini justru lebih kejam ketimbang penjajahan yang dilakukan oleh para komeni terdahulu. Karena tindakan korupsi berarti merampas banyak hak asasi manusia yang kelak akan menjadi generasi penerus bangsa. Korupsi dapat merusak struktur pemerintahan yang ada di suatu negara,menjadi penghambat kemajuan suatu negara.
Tidak bisa dibiarkan begitu saja kasus korupsi . Dijadikan permasalahan yang serius yang harus dihadapi . Diperlukan penanggulangan yang tepat untuk menangani kasus korupsi di Indonesia . Penanggulangan yang efektif untuk mengurangi korupsi yang ada di suatu negara,terutama Indonesia.
Education is the most powerful weapon that you can use to change the world .” Pendidikan ,bagi seorang Nelson Mandela adalah senjata yang ampuh untuk merubah dunia . Kalimat dari pejuang anti diskriminasi ternyata dipakai sebagai ujung tombak bagi seluruh dunia .
Negara Indonesia, juga menempatkan pendidikan sebagai suatu permasalahan bangsa . Pendidikan berfungsi mengembangkan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan bangsa. Pada dasarnya, pendidikan untuk mengembangkan kepribadian utuh dan warga negara yang baik.
 Penanaman pendidikan karakter dari usia dini menjadi jawaban yang tepat untuk penanggulangan kasus korupsi tersebut . Penanaman pendidikan karakter sangatlah penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Seperti menanamkan sifat kejujuran dalam diri seorang anak . Sifat kejujuran yang harus ditanamkan dalam diri anak dibutuhkan apalagi pada zaman sekarang . Bukan hanya kejujuran saja,melainkan akhlaq mulia budi pekerti juga harus diajarkan dari usia dini . Hal tersebut ,  bisa mendorong anak menjadi memiliki iman yang kuat sehingga ketika dewasa kelak takut untuk mendekati korupsi . Kesadaran kolektif masyarakat juga perlu ditumbuhkan di usia dini .
 Penanaman pendidikan karakter bisa diawali dari keluarga. Keluarga bisa menjadi pondasi utama dalam pencegahan korupsi . Keluarga juga menjadi tempat pendidikan pertama bagi anak yang bisa membentuk karakter untuk masa depan. Pendidikan karakter di lingkungan keluarga tidak sekadar kurikulum pendidikan di sekolah, tetapi harus melibatkan peran orang tua dalam menumbuhkan kesadaran anti korupsi sejak usia dini. Komunikasi orang tua terhadap anak  harus berjalan seimbang.
Syamsul Yusuf menuturkan ,bahwa “keluarga berfungsi sebagai fungsi biologi,ekonomi,pendidikan , sosialisasi , perlindungan,rekreatif dan agama.”  Melalui pendidikan dalam keluarga ,anak akan terdidik dan terbiasa dengan aktivitas yang bermanfaat bagi kehidupannya kelak.
            Kejujuran dapat dijadikan awal dari pendidikan karakter yang bisa diajarkan. Prinsip untuk tidak berkata bohong kepada diri sendiri dan orang lain sebisa mungkin telah melekat dalam sanubari seorang anak.
            Gaya hidup menjadi cara kedua yang bisa diajarkan dalam pendidikan karakter di keluarga. Orangtua harus bisa menekankan dan mengajarkan gaya hidup sederhana. Anak dibiasakan untuk tidak boros. Dalam lingkungan keluarga, seorang anak tidak boleh dibiarkan hidup dengan kemewahan dan dimanja dengan yang dimintanya. Hal itu, bertujuan agar anak bisa menerima dengan yang dimilikinya .
            Jika membiarkan seorang anak  hidup dengan berfoya-foya dan menghabiskan uang untuk kesenangan sesaat. Maka,bisa gaya hidup tersebut menular sampai dewasa. Tanpa disadari,anak bisa melakukan tindakan korupsi di kemudian hari.
            Peran penting orangtua diperlukan dalam mendidik anak-anak mereka dengan kasih sayang,perhatian,rasa cinta yang mendalam. Selain itu,orangtua juga mengajarkan pendidikan tentang kejujuran ,kedisplinan dan kesederhanaan dalam lingkungan keluarga. Diharapakan ,peran penting orangtua tersebut bisa membawa seorang anak memiliki perilaku yang berbudi luhur ketika berkecimpung di masyarakat dan pemerintahan.




SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar