follow us

Organisasi Budi Utomo Beserta Penjelasannya

Pilihan Pembaca

Organisasi Budi Utomo Beserta Penjelasannya

Organisasi Budi Utomo Beserta Penjelasannya - Organisasi Budi Utomo merupakan organisasi pertama yang didirikan di Indonesia. Organisasi yang didirikan oleh Dr.Soetomo dan para mahasiswa STOVIA ini berdiri pada tanggal 20 Mei 1908. 

Organisasi yang di gagaskan oleh Wahidin Sudirohusodo ini awalnya memiliki tujuan untuk menggalang dana pendidikan bagi pemuda yang tidak mampu. Selain itu organisasi ini berfokus hanya untuk mencapai kemerdekaan yang hanya ditujukan bagi golongan berpendidikan Jawa.
Organisasi yang lebih mengedepankan pendidikan dan kebudayaan ini menggelar kongres pertamanya di kota Yogyakarta. Kongres yang di gelar pada tanggal 3-5 Oktober tersebut menghasilkan beberapa kesimpulan, diantaranya :

1. Organisasi Budi Utomo ini tidak berhubungan dengan politik.
2. Kegiatan organisasi ini berhubungan dengan bidang pendidikan, sosial dan budaya.
3. Pengangkatan Tirto Kusumo sebagai ketua pusat Budi Utomo.
4. Mempunyai tujuh kota cabang yaitu di Ponorogo, Batavia, Magelang, Surabaya, Bogor, Yogyakarta, dan Bandung.

Dengan adanya kongres pertama ini anggota organisasi ini bertambah banyak dan sebagian merupakan dari kalangan kolonial yang membuat para pemuda mundur. Tapi, mereka tetap menjadi penggerak organisasi ini di samping golongan tua yang memimpin.

Selain organisasi pertama, Budi Utomo juga menjadi tombak perjuangan membuka jalan bagi para pejuang Indonesia yang memperjuangkan nasib orang banyak tanpa mengenal latar belakang mereka. Meski begitu hambatan dan rintangan sebagai organisasi pertama menjadi penghalang terbesar bagi organisasi ini. Bahkan, Soetomo sempat akan di keluarkan dari STOVIA. Tetapi, berkat solidaritas anggota hal itu masih bisa di atasi.

Hal itu bisa terjadi karena pemerintah Belanda tidak memperbolehkan mendirikan organisasi bagi pribumi karena di khawatirkan terjadi pemberontakan. Tapi karena organisasi ini bersifat kooperatif dan tidak campur tangan akan kebijakan yang dilakukan oleh Pemerintah Hindia Belanda, maka organisasi ini di perbolehkan.

Lain lagi hal nya ketika Sarekat Islam berdiri, organisasi yang tujuan awalnya menghimpun para pedagang ini berbelok ke arah politik yang membuat organisasi Budi Utomo perlahan mundur karena kurangnya pengetahuan tentang dunia politik di organisasi ini. Karena memang tujuan utama organisasi ini bukan untuk politik. Sehingga organisasi ini mengalami ketertinggalan yang signifikan. Belum lagi bermunculan organisasi lain setelah itu membuat semakin mundurnya organisasi ini.

Meski begitu organisasi ini tetap di kenang sampai sekarang. Tanggal berdirinya yang kini di peringati sebagai Hari Kebangkitan Nasional merupakan bukti bahwa organisasi ini merupakan tombak awal pergerakan perjuangan Indonesia melawan kolonial Belanda melalui tokoh-tokoh yang pemberani dan mau berjuang.

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar