follow us

Mengenal Beasiswa Kuliah di Turki 2019/2020

Pilihan Pembaca


Mengenal Beasiswa Kuliah di Turki 2019/2020


Mengenal Beasiswa Kuliah di Turki 2019/2020 - Tren kuliah di luar negeri bagi para pemuda era millennial memang sedang booming, tak terkecuali menuntut ilmu ke  salah satu negara di Eropa ini, yaitu Turki. Pasalnya sistem pendidikan di Turki memang memiliki kehebatan tersendiri. Untuk  mencapai keinginan kuliah di Turki ini tidak sedikit pemuda asal Indonesia terus saja berlomba – lomba mendapatkan informasi, terutama beasiswanya.

Di Turki, pemerintah telah menyediakan beasiswa yang disebut dengan Turkiye Burslari atau Turki Scholarship atau YTB. Ada beberapa jenis beasiswa yang ditawarkan untuk calon mahasiswa dari seluruh dunia, Indonesia juga tentunya. Jenjang pendidikan yang bisa menerima beasiswa ini dimulai dari tingkat starata (S1), Master (S2), doctoral (S3) hingga research. (list beasiswa Turki klik disini).
Proses pendaftaran beasiswa Turki dilakukan secara online melalui website resmi Turkiye Burslari (https://www.turkiyeburslari.gov.tr/en/universiteler/). Umumnya dibuka pada kisaran bulan Januari sampai dengan Februari. Pada laman tersebut calon pendaftar dapat memilih pilihan bahasa Inggris / English (EN) untuk memudahkan proses pencarian universitas dan Jurusan yang akan didaftar. Siapa saja boleh mengikuti pendaftaran beasiswa secara online ini dengan syarat telah memenuhi kriteria yang telah ditetapkan. Kriteria umum yang sering menjadi syarat adalah batasan umur, yaitu maksimal 21 tahun untuk pendaftar S1, 30 tahun untuk master (S2) dan maksimal 35 tahun untuk doctoral. Persyaratan umum lainnya yaitu :
1.     Bukan merupakan warga negara Turki
2.     Tidak sedang terdftar sebagai mahasiswa di Universitas yang akan dilamar
3.     Sehat Jasmani
4.    Memiliki nilai akademik yang memenuhi kriteria masing – masing jenjang yang akan didaftar,    yaitu untuk S1 rata – rata Ujian Akhir Nasional minimal 70, jenjang S2 dan S3 memiliki nilai IPK minimal 3,00 skala 4,00.
5.    Tidak harus bisa berbahasa Turki, karena para penerima beasiswa kelak akan mendapatkan kursus bahasa Turki secara gratis sebelum mengikuti masa perkuliahan.

Jika anda telah memenuhi syarat tersebut, maka dapat mengisi dan mengupload dokumen yang dibutuhkan yaitu :

1.   Mengisi formulir aplikasi online yang telah disediakan pada web resmi Turkiye Burslari. Pada laman tersebut Klik Apply, selanjutnya klik register untuk membuat akun baru, masukkan email dan password, cek email untuk link aktivasi. Isi formulir tersebut sesuai persyaratan yang diminta.
2.   Calon pelamar S1 melampirkan salinan ijazah SMA atau dokumen yang menjelaskan bahwa pelamar merupakan pelajar tingkat akhir,
Calon pelamar S2 dan S3 melampirkan ijazah S1/S2 atau dokumen surat Keterangan Mahasiswa
3.      Transkrip nilai / Daftar nilai raport
4.      Melampirkan Identitas diri yang sah (KTP/Akta lahir/Paspor)
5.      Foto ukuran Passport
Berkas lain yang mungkin saja diminta oleh universitas tertentu adalah berkas tambahan seperti International Test Score (IELTS, SAT atau TOEFL). Berkas seperti ini biasanya diminta oleh program studi yang menggunakan bahasa pengantar Bahasa Inggris, sedangkan jika bahasa pengantar menggunakan bahasa Turki, umumnya tidak meminta syarat ini. Hal lain yang juga kadang terlewatkan bagi pelamar beasiswa luar negeri adalah berkas dokumen tidak diiterjemahkan ke dalam bahasa Inggris atau Turki. Untuk jasa menerjemahkan dokumen seperti ijazah, transkrip nilai dan surat keterangan lain yang berbahasa Indonesia dapat menggunakan Jasa Penerjemah Tersumpah. (Info penerjemah Tersumpah baca disini).
Pengumuman hasil pendaftaran beasiswa online biasanya 1 bulan bahkan lebih sejak penutupan pendaftaan. Peserta yang lolos ke tahap berikutnya akan mendapatkan email dan bersiap wawancara yang dilaksanakan di kantor kedutaan besar atau Kedubes Jakarta. Pengumuman hasil wawancara bisa memakan waktu hingga 2 bulan atau lebih, tapi jika sudah dinyatakan lolos dari tahap ini maka peserta berhak mendapatkan beasiswa Turki.  Penerima beasiswa akan mendapatkan fasilitas beasiswa sebagai berikut :
1.          Biaya kuliah sepenuhnya akan dibebaskan hingga selesai studi
2.          Biaya transportasi keberangkatan ppertama ke Turki dan pulang setelah menyelesaikan studi
3.          Asrama atau Dormitory gatis sebagai tempat tinggal di area Universitas selama kuliah
4.          Asuransi Kesehatan
5.        Uang saku bulanan (S1 senilai 700TL atau 2,4 juta, S2 senilai 950 TL atau 3,3 juta,  S3 senilai 1400 TL atau 4,9 juta dan untuk research senilai 3000 TL atau 10 juta)

Nah, pejuang beasiswa, segera persiapkan mulai sekarang dan jangan lupa selalu membuka website resmi beasiswa Turki, terutama kisaran bulan Februari hingga Mei. Jangan sampai terlewat. Good luck!

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar