follow us

Keuntungan dan tips menjadi Ketua angkatan dalam dunia kampus.

Pilihan Pembaca

Keuntungan dan tips menjadi Ketua angkatan dalam dunia kampus.

Keuntungan dan tips menjadi Ketua angkatan dalam dunia kampus. - Ada sebutan yang cukup unik akan kamu dengar ketika pertama kali memasuki dunia perkuliahan. Biasanya, dibeberapa kampus akan dipilih seseorang entah oleh ketua jurusan ataupun ketua program studi bahkan kakak-kakak tingkatmu akan menunjuk salah satu dari kamu dan teman-temanmu untuk menjadi ketua tingkat ataupun ketuan angkatan. Saat bersekolah dulu, kalian biasa menyebutnya dengan ketua kelas.

Nah, ini merupakan jabatan awal yang harus kamu dapatkan didalam dunia kampus. Kamu bisa dengan sangat mudah mendapatkan jabatan ini sebab biasanya teman-teman kamu akan canggung untuk mengemban jabatan ini.

Menjadi ketua angkatan atau ketua tingkat inilah yang menjadi pintu gerbang kamu buat menunjukkan integritas dirimu. Tanamkan dalam dirimu bahwa kamulah satu-satunya yang wajib mengemban jabatan ini.

Selalunya, kakak-kakak tingkat kamu akan sangat mengapresiasi siapapun yang berani mengemban jabatan ketua tingkat ini. Beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika berhasil mendapatkan jabatan ini adalah:


  1. Kamu akan menjadi orang pertama yang namanya dikenal diseluruh angkatan kamu.
  2. Menjadi orang yang paling dihargai diangkatan kamu.
  3. Satu-satunya orang yang nomor kontaknya bakalan ada disetiap Handphone teman-teman kamu bahkan seluruh dosen yang ada dijurusan kamu.
  4. Mengatur seluruh kebijakan dikelas.
  5. Akan sangat mudah untuk menjalin hubungan dengan kakak-kakak tingkat kamu dan teman-teman yang mungkin berbeda jurusan dengan kamu (jika fakultas kamu memiliki beberapa jurusan).
  6. Akan selalu diajak dalam musyawarah dalam  organisasi kampus.
  7. Yang terakhir adalah menjadi ketua angkatan akan memiliki nilai plus tersendiri dari semua dosen mata kuliah yang kamu program. Biasanya, dosen-dosen akan mengapresiasi kerja ketuan angkatan dengan memberi nilai plus meskipun mungkin kamu tidak terlalu menonjol dikelas, namun karena istimewanya itu jabatan ketua tingkat kamu diberikan nilai plus.

Menjadi ketua tingkat memiliki keistimewaan tersendiri. Namun untuk mendapatkan jabatan inipun kamu harus bersaing dengan teman-teman seangkatanmu yang sekelas. Berikut tips yang bisa kamu coba jika ingin mengemban jabatan ketuan angkatan:


  • Kamu wajib menjadi individu yang unik
Unik berarti kamu harus berani menjadi individu yang berbeda dengan teman-temanmu. Unik dalam artian yang positif ya. Misalkan dengan menjadi pribadi yang suka melucu dan periang. Teman-teman kamu akan sangat respect dengan kamu jika ini berhasil kamu lakukan dikelas.

  • Akrab dengan dengan kakak tingkat.
Mungkin kamu akan sangat sungkan saat bertemu dengan kakak-kakak tingkat kamu dikelas. Apalagi sampai memberanikan diri untuk mengajak mereka bercerita. Namun bertegur sapa disertai senyuman wajib kamu lakukan jika bertemu dengan mereka. Kakak tingkat kamu juga manusia loh, mereka tidak akan marah jika kamu menghambur senyum yang manis nan ikhlas kepada mereka. (bagi cewek dilarang mengumbar senyum berkesan merayu ya, apalagi status kamu masih sebagai mahasiswa baru).

Tapi biasanya kakak tingkat kamu bersikap dengan senyuman ikhlas yang kamu berikan, tapi tidak seperti itu kok hatinya. Dijurusan manapun, orang pertama yang akan dicintai oleh kakak tingkatmu adalah kalian semua yang menjadi adik tingkatnya. Olehnya itu, jangan ambil hati jika mereka bersikap dingin terhadap kamu. Anggap itu sebagai bentuk sikap profesionalisme seorang kakak tingkat terhadap adik tingkatnya.


  • Akrab dengan teman seangkatanmu.
Nah, ini yang paling penting sebab hak pemilihan ketua angkatan lansung diserahkan sepenuhya kepada kalian semua. Menjalin keakraban dnga teman-teman sekelas kamu menjadi wajib jika kamu benar-benar ingin mendapatkan jabatan ini. Pada dasarnya, teman-teman kamu akan memilih orang-rang yang akrab dengan mereka. Kamu bisa memanfaatkan situsasi ini. Sederhana saja untuk bisa mendapatkan perhatian mereka. Buat diri kamu seolah-olah pantas mengemban jabatan ketua angkatan dan dukung semua keputusan teman kamu dan juga dengarkan aspirasi-aspirasi mereka. Buat mereka seolah-olah kamu sangat respect kepada mereka (ingat, ini bukan berarti kamu mencari pencitraan ya).


Menjadi ketua  tingkat memang memiliki banyak keuntungan namun disisi lain ketika kamu berani mengemban jabatan ini, kamu juga siap untuk menerima semua konsekuensi dari jabatan ini. Manfaatkan jabatan ketua tingkat ini untuk membentuk sikap pribadi yang berani, jujur dan bertanggung jawab dalam dirimu. Jadikan pula jabatan ini sebagai jembatan itu jabatan-jabatan selanjutnya yang lebih besar.

selamat berpetualang didunia kampus. temukan sebanyak-banyaknya ilmu dan pengetahuan dikampusmu.,

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar