follow us

Kamu Siswa bahasa? Cek 10 Jurusan Kuliah Ini, Punya Prospek Kerja Bagus.

Pilihan Pembaca


10 Jurusan Kuliah Ini, Punya Prospek Kerja Bagus.

Kamu Siswa bahasa? Cek 10 Jurusan Kuliah Ini, Punya Prospek Kerja Bagus.- Jurusan bahasa? Mungkin masih terasa sedikit asing di telinga ya? Karena masih sedikitnya SMA di Indonesia yang membuka jurusan bahasa. Jika kalian di jurusan bahasa, bersyukurlah karena jurusan kuliah yang bisa kamu ambil cukup banyak, tidak hanya terbatas ke sastra dan bahasa. Toh di kelas kamu juga belajar ilmu sosial lain seperti sosiologi dan psikologi kan?  Bahasa adalah jurusan umum dan cakupannya cukup luas. Kamu bisa coba 10 jurusan kuliah ini:

1. Bahasa Asing

Penguasaan bahasa asing  adalah modal paling mendasar untuk bersaing di era globalisasi seperti sekarang ini. Perusahaan pun pasti akan mencari orang dengan keahlian berbahasa Inggris yang baik. Namun, jika kamu memiliki kemampuan bahasa asing, itu akan menjadi nilai tambah. Dalam dunia kerja mungkin kamu akan bertemu dengan klien dari Jepang atau Tiongkok maka kamu tidak akan kewalahan. Apalagi dalam memperoleh informasi yang lebih banyak disajikan dalam bahasa asing, dengan penguasaan bahasa yang kamu miliki maka kamu akan lebih dulu memperoleh informasi tersebut. Juga kesempatan bergaul dengan orang asing.


Belum lagi kesempatan menjadi seorang penerjemah. Bayaran yang dijanjikan lumayan menggiurkan. Hanya berbekal ilmu dan menggerakkan jari, kamu bisa memiliki penghasilan. Kamu bisa mulai berpenghasilan sejak di bangku kuliah.

2. Sastra

Lulusan sastra biasanya lebih banyak mempelajari hal-hal yang berkenaan dengan makna dan arti tersembunyi. Karena sastra mempelajari banyak ilmu dan mengerti pikiran manusia, maka mempelajari banyak transferable skill, sehingga pilihan kerja setelah lulus tidak terbatas dalam bidang sastra seperti penulis, penerjemah atau pengajar.

Sastra juga berkenaan dengan seni. Bagi kamu yang punya bakat di bidang seni, kamu juga bisa mencoba sastra.

3. Psikologi

Psikologi merupakan salah satu bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan tentang perilaku, fungsi mental dan proses mental manusia secara ilmiah. Pada praktisi di bidang psikologi disebut sebagai psikolog. Para psikolog berusaha mempelajari peran fungsi mental dalam perilaku individu maupun kelompok, selain juga mempelajari tentang proses fisiologis dan neurobiologis yang mendasari perilaku. Cocok banget buat kamu yang mendambakan posisi sebagai seorang psikolog.

4. Sosiologi

Di jurusan bahasa, juga mempelajari sosiologi sebagai pelajaran lintas minat.  Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku sosial antara individu dengan individu, individu dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok. Sosiologi cenderung lebih mengena karena pembelajarannya yang bisa dilihat secara langsung dalam kehidupan sehari-hari dan bermasyarakat.

Beberapa sektor yang bisa dicapai dengan program kuliah ini: administrasi, jurnalisme, layanan sosial, organisasi nonpemerintah, PNS, pendidikan penyiaran, PR/ HuMas.

5. Antropologi

Secara etimologis antropologi berarti ilmu yang mempelajari manusia. Jika kamu tertarik mempelajari manusia dan kebudayaan, antropologi bisa menjadi pilihan kamu. Jangan berpikir berada di jurusan antropologi peluang kerjanya sedikit ya, jaman sekarang antropolog tidak lagi hanya bekerja di lokasi-lokasi terpencil. Mereka juga dibutuhkan di perusahaan, pemerintahan, institusi pendidikan hingga organisasi nirlaba.

6. Jurnalistik

Jurnalis bertugas untuk mengumpulkan, menginterpretasikan, dan menyebarkan berita untuk pembaca. Mereka memiliki keahlian dalam mengamati dan investigasi, selain dari kemampuan untuk menulis dengan akurat dan menarik.


Jurnalis dapat bekerja dimana saja, seperti kantor surat kabar, majalah, publikasi stasiun tv, radio dan masih banyak lagi. Sewaktu bertugas, untuk mendapatkan data dan bahan yang akurat dan menarik, mereka perlu menghadiri berbagai acara dan pertemuan, mengadakan wawancara, berkonsultasi dengan ahli ataupun konsultan. Setelah informasi yang dibutuhkan telah rampung dikumpulkan, mereka akan mulai menulis, dan hasil tulisan tersebut akan dipublikasikan, baik secara cetak atau digital.

7. Komunikasi

Ilmu komunikasi adalah ilmu yang mempelajari tentang tata cara berkomunikasi serta menggunakan berbagai alat komunikasi sebagai sarana komunikasi terhadap masyarakat. Prospek kerja lulusan komunikasi diantaranya penulis, periklanan, hubungan masyarakat, event organizer, pembaca berita, layanan konsumen, sales dan analis riset pasar.

8. Perhotelan dan Pariwisata

ilmu pariwisata adalah ilmu yang mempelajari tentang perjalanan wisata intinya, dari berangkat sampai pulang hingga kebutuhan-kebutuhan ketika dalam perjalanan itu. Jadi destinasi, transportasi, akomodasi masuk dalam lingkup ilmu pariwisata ini.

Prospek kerja lulusan pariwisata, seperti menjadi manajer di Hotel, pegawai di maskapai, bekerja di agen travel, menjadi pegawai pemerintah di kementrian pariwisata, ada juga yang bekerja di konsultan pariwisata, namun bidangnya pun berbeda-beda setiap institusi itu.

9. Hubungan Internasional

Hubungan internasional adalah salah satu dari ilmu sosial. Di universitas luar negeri, istilahnya bisa berbeda-beda, mulai dariInternational Studies, Internasional Relations hingga Global Affairs. Secara umum bidang ini mempelajari cara berkomunikasi dan berdiplomasi dengan orang asing. Oleh karena itu harus mengerti budaya, etika dan kebiasaan dari berbagai belahan di dunia. Lulusan jurusan ini sangat luas bidang karirnya, termasuk: negosiator, peneliti, diplomat, penerjemah, konsultan, dosen, guru dan hingga pengusaha.

Pengalaman eks-kul sewaktu SMA, seperti bergabung dengan OSIS, Pramuka dan kegiatan kelompok lainnya akan memperbesar peluang kamu untuk diterima di universitas ternama di luar negeri.

10.  Film dan Televisi

Jurusan Perfileman mengajarkan teori, praktek dan segala aspek dari pembuatan film. Mahasiswa akan mempelajari semuanya mulai dari sejarah film, screenwriting, menulis evaluasi/kritik, menyutradarai, film-film Hollywood blockbusters hingga hasil karya rumah produksi.

Jika bekerja di bidang perfilman, tv dan video, lulusan jurusan perfileman dapat bekerja sebagai editor, kameraman, fotografer, pengarah seni, asisten sutradara, manajer lokasi, atau bekerja di bagian riset.

Jadi sekarang kamu sudah tahu akan jadi apa? Ayo segera kejar mimpimu. Prospek kerja anak bahasa bagus-bagus kan?Itulah penjelasan dari 10 Jurusan Kuliah Ini, Punya Prospek Kerja Bagus. Kamu pasti gak akan ragu lagi untuk melangkah. Semangat terus ya. Sampai ketemu di artikel selanjutnya.

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar