follow us

Dualisme Pendidikan Di Ponpes Cipasung Tasikmalaya

Pilihan Pembaca

Dualisme Pendidikan  Di Ponpes Cipasung Tasikmalaya


Dualisme Pendidikan  Di Ponpes Cipasung Tasikmalaya - Cipasung adalah sebuah Desa di Kabupaten Tasikmalaya, terdapat Yayasan yang menerapkan sistem pendidikan Formal & Informal. Sebut saja Pondok Pesantren Cipasung, Ponpes Cipasung menjadi potret sejarah perjuangan bidang dakwah & pendidikan. Sejak zaman VOC sampai sekarang zaman milenial, Cipasung tetap berdiri kokoh menjadi garda perjuangan melahirkan calon generasi pendidik yang berkompeten. Jenjang pendidikan yang terdapat disini mulai dari TK/RA, MI, MTs/SMP, SMA/SMK/MAN sampai Perguruan Tinggi (Institut & Sekolah Tinggi). 

Sistem pendidikan di Ponpes Cipasung menerapkan sistem Boarding House, asrama disini sangat banyak, tempatnya terpisah antara asrama putra & putri. Sistem pendidikan Formal bersinergi dengan sistem Pondok Pesantren, jadi tidak heran kalau Cipasung menjadi daya tarik pelajar dari berbagai daerah untuk bisa menimba ilmu disini. 

Setiap asrama menerapkan sistem yang berbeda-beda tergantung Pembina asrama yang bersangkutan, namun tidak keluar dari aturan Ponpes yang berlaku. Sedangkan di pendidikan formal, siswa diwajibkan untuk memakai seragam khas, yang kerudungnya dinamakan kerudung Tasawuf, semua siswi diwajibkan untuk berkerudung sedangkan siswa diwajibkan untuk memakai celana panjang & berpakaian sopan. 

Hal unik dari Desa ini adalah setiap dusun/gang terdapat Ponpes, hampir disetiap desa di Tasikmalaya terdapat Pondok Pesantren, maka tidak heran kalau Tasikmalaya disebut dengan Kota Santri. Suasana belajar di Cipasung sangat nyaman, selain masyarakatnya yang sangat ramah, aksesnya pun mudah dijangkau, biaya hidup & biaya pendidikan yang sangat terjangkau serta budayanya yang sangat religius. 

Pemimpin Ponpes yang biasa disebut dengan kyai, mempunyai pandangan yang terbuka alias tidak kaku, beliau pernah mengatakan bahwa Ponpes Cipasung ini “Menerapkan sistem lama yang baik dan menambah sistem baru asal yang jauh lebih baik” jadi dengan dualisme pendidikan yang diterapkan di Ponpes Cipasung inilah yang akan melahirkan masa depan santri yang mampu membina umat sesuai dengan motonya.

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar