follow us

10 Tips Lolos SNMPTN 2019 TERBARU

Pilihan Pembaca





10 Tips Lolos SNMPTN 2019 TERBARU  - Hai...berjumpa lagi dengan Pipit. Kali ini saya akan membahas tentang impian para siswa akhir yang saat ini meduduki bangku SMA/MA/sederajat kelas XII. Sekarang sudah memasuki penghujung akhir tahun, tandanya sebentar lagi akan lulus. Lalu, apa saja yang perlu dipersipkan untuk menjadi mahasiswa ?

Pastinya sistem test masuk PTN (Perguruan Tinggi Negeri) yang jadi favoritnya. Perlu diketahui jenis-jenis jalur masuk PTN, antara lain SNMPTN, SBMPTN, ada juga jalur SPMB dan ujian mandiri.

Berhubung saya adalah alumni yang lolos SNMPTN 2014 di jurusan agroteknologi, fakultas pertanian Universitas Jenderal Soedirman. Puji syukur juga mendapat beasiswa Bidikmisi dari Kemenristekdikti. Jadi, saya akan membahas beberapa tips lolos SNMPTN. 

Teman-teman sudah tau singkatan dari SNMPTN kan ?. Iya, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Semacam jalur undangan, diseleksi berdasarkan nilai raport dan nilai ujian nasional SMA. Biasanya yang mendaftarakan atau melakukan registrasi terlebih dahulu adalah pihak SMA asal. Jadi, berbagai informasi dapat diperoleh dari guru yang mengurus bagian pendaftaran SNMPTN. Biasanya kalau di sekolahku adalah guru BK, mungkin tiap sekolah bisa berbeda. Lalu, bagaimana langkah selanjutnya agar lolos SNMPTN ?. Berikut akan dibahas satu-persatu.

Tips-Tips Lolos SNMPTN yaitu:

  1. Mengukur diri jurusan yang akan diambil dengan nilai raport yang dimiliki. Jangan sampai ada istilah "Bunuh Diri", meskipun  Allah yang menentukan namun manusia wajib ikhtiar dan berfikir logis. Makanya dihimbaukan untuk adik-adik yang masih kelas X dan XI, masih ada kesempatan untuk memperbaiki nilai raport. Biasanya berupa grafik, harus mempertahankan nilai jangan sampai turun drastis. Setidaknya harus stabil tiap semester.
  2. Mengikuti bimbingan belajar (bimbel), saat ini bimbel bisa diikuti oleh semua kalangan baik yang mampu atau kurang mampu. Ada banyak bimbel yang menawarkan diskon paket, misalnya daftar 3 orang gratis 1. Hal ini bisa menghemat biaya bimbel, bahkan bisa gratis jika tidak segan meminta bantuan pada pihak sekolah. Bimbel memang diperlukan untuk menunjang nilai akademik di sekolah, biasanya akan mendapatkan tips menghafal dan mengerjakan soal cepat dan benar. Selain itu, bimbel dapat menjadi tempat konsultasi untuk memilih PTN yang cocok dengan kemampuan atau nilainya.
  3. Memilih jurusan yang selinier dengan jurusan waktu SMA. Banyak siswa yang ingin merasakan lintas jurusan, memang tidak salah namun kurang tepat dalam seleksi SNMPTN. Perlu diketahui anak saintek pasti akan menghadapi mata kuliah eksakta selama perkuliahan, begitu juga anak soshum sering berhadapan dengan teori dan lainnya. Bagi siswa yang memilih jurusan tidak selinier, sedikit peluang untuk lolos SNMPTN karena tidak ada mata pelajaran yang dikuasai atau bahkan dipelajari di jurusannya waktu SMA.
  4. Rajin mencari informasi terkait jurusan yang diminati. Hal yang harus dicari adalah pesaing teman sendiri yang satu sekolah, karena akan diseleksi dari internal sekolah dulu baru nasional. 
  5. Mencari informasi alumni yang diterima di universitas tujuan. Biasanya semakin banyak, semakin besar peluang diterimanya.Namun, jangan berkecil hati jika kalian yakin lanjutkan saja mendaftar meski alumni sedikit. Hal itu terjadi pada pengalaman saya juga waktu mendaftar SNMPTN, hanya ada satu orang alumni di universitas tujuan. Perluas relasi juga dengan alumni agar mendapat banyak informasi terkait universitas dan jurusan yang diminati.
  6. Mendaftar seawal mungkin untuk menghindari web error. Hal ini dapat menghambat pendaftaran, sehingga ada berkas yang lupa dilampirkan saat mendekati deadline pendaftaran.
  7. Mengisi data dengan benar dan lengkap. Jangan sampai ada data atau berkas yang tidak lengkap, biasanya langsung ditolak jika ada persyaratan yang kurang.
  8. Melampirkan prestasi yang dimiliki baik antar sekolah, kabupaten, nasional bahkan internasional karena adalah nilai plus daripada pendaftar lainnya.
  9. Mengisi berkas yang lengkap dan valid khusus pendaftar beasiswa bidikmisi.
  10. Berdoa dan meminta restu orang tua. Percayalah bahwa restu orang tua adalah jurus menuju langit yang menjadi perantara cita-cita tercapai.
Semoga 10 tips-tips di atas dapat menjadi inspirasi bagi teman-teman untuk meraih cita-citanya. Saya doakan agar 2019 lolos SNMPTN, sudah memiliki bangku kuliah dan meringankan beban orang tua. Setiap ada kemauan pasti ada jalan, tergantung bagaimana ikhtiarnya mendapatkan jalan itu.



    SImak Juga:

    Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
    Buka Komentar