follow us

Motivasi : Torehlah Prestasi Saat Kuliah dan Liriklah Organisasi

Pilihan Pembaca

Motivasi : Torehlah Prestasi Saat Kuliah dan Liriklah Organisasi

Motivasi : Torehlah Prestasi Saat Kuliah dan Liriklah Organisasi  - Menjadi seorang mahasiswa merupakan dambaan sebagian besar orang, dengan menempuh pendidikan dibangku kuliah sebagain orang percaya akan mendapat pengetahuan dan skill lebih, selain ijazah yang akan memudahkan mendapat pekerjaan dimasa depannya. Tidak hanya itu dari bangku kuliah diharapkan menjadi seorang ahli dibidang yang sedang ditekuni, mendapat banyak link dan kawan yang akan memperluas jaringan kita untuk berbisnis atau bersosialisasi. 

Namun ada satu hal yang tidak kalah penting yang diharapkan saat kuliah yaitu pembentukan pola pikir yang lebih bijaksana. Seseorang yang sedang atau telah mengenyam pendidikan kuliah diharapkan akan mempunyai mindset atau pola pikir yang lebih bijaksana, tidak terpengaruh dengan isu-isu yan tengah beredar namun bersikap dengan bijaksana. Bijaksana ini lebih memiliki penalaran yang jauh. Bukan kita merasa tenang dengan kondisi yang ada namun harus bijaksana saja dalam bertindak. Kita harus memilah tindakan yang tepat dengan adanya persoalan yang sedang marak terjadi dan membutuhkan penyelesaian segera.

             Di Negara Indonesia kita sangat dibebaskan berpendapat dan mengkritik suatu hal karna bentuk negara kita adalah negara demokrasi. Suara dan kritikan kita terhadap pemerintah atau jajarannya sangat diperlukan. Namun kita tidak akan merusak, mengamuk dengan anarkis yang terlalu. Kita bisa demo atau penyampaian pendapat namun secara sehat. Tidak sampai merusak fasilitas umum, menganiaya orang atau merugikan orang dan diri sendiri. Selain pola pikir yang bijaksana tingkah laku kita juga harus sangat hati-hati. 

Misalnya peduli terhadap sesama, ikut andil dalam pembangunan pendidikan, lingkungan dan kesehatan. Tidak semua orang bisa jadi pemimpin dalam negara ini namun alangkah baiknya kita bekerja sesuai porsi dan passion masing-masing. jadilah pemimpin atau orang yang dipimpin dengan baik “Tempat kita ya ditempati, dan Kerjaan kita ya dikerjakan”. 

Selain itu kita harusnya lebih peka terhadap peraturan hukum di Indonesia karna Negara kita adalah negara hukum. Dengan seperti itu kita juga tidak boleh menempatkan diri pada high class dan tidak mau bersosialsi dengan orang dari berbagai kasta. Kita dianjurkan lebih cerdas dalam menempatkan diri. Kita harus bisa bergaul dengan siapa saja dengan perbedaan bahan bicaraan dan gaya sehari-hari. 

Ketika kita sedang bersama orang awam kita tidak membicaran masalah yang tinggi, namun ketika kita dihadapkan dengan orang yang ahli dibidang suatu hal kita juga harus menyeimbangkan dengan pembicaraan lawan. Hal tersebut tidak secara mutlak di paksakan dengan keadaan namun kita sebaiknya lebih enjoy dalam menjalankan. Pada saat kita membina rumah tanggapun diharapkan akan lebih bijak menyelesaikan masalah anggota keluarga di dalam rumah sesuai tanggung jawab masing-masing, sehingga masalah kenakalan remaja dalam masyarakat tidak terlalu berat.  

             Nah hal-hal yang akan terbentuk lebih matang ketika kita banyak melakukan kegiatan diluar kampus seperti mengikuti lomba-lomba sesuai passion kita, berorganisasi secukupnya, tentu saja tidak mengabaikan pelajaran kuliah yang menjadi target utama kita sebagai seorang ahli disuatu bidang disiplin. Ketika kita mengikuti lomba-lomba perorangan maupun kelompok kita dipaksa menyisihkan waktu dan tenaga kita dari segudang kegitan rutinitas kampus untuk mempersipakan lomba. Kita akan lebih banyak berinteraksi dengan orang diluar kampus, tahu cara berinteraksi dengan pejabat kampus ketika mengajukan dana dan pengetahuan lebih lainnya. 

Ketika kita mengekuti organisasi kita akan dituntut  ekstra untuk menyeiapakan waktu, tenaga dan biaya lebih. Kita bekerja dengan tidak dibayar namun hal itu yang menjadi pelajaran awal kita menjadi mandiri, menyikapi orang-orang yang berbeda karakter dengan kita. Selain itu  bisa menyalurkan bakat-bakat dan hobi kita mengingat banyak sekali UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang menawarkan berbagai kegiatan. 

Waktu 4 tahun kuliah itu sangat sebentar untuk mengear semua yang kita inginkan. Kita harus bijak dan cerdas dalam menjalani kehidupan saat didunia kampus. Kita tidak harus memasakan diri melakukannnya enjoy saja, namun disini kita butuh yang namnya keluar dari zona nyaman. Namun persepsi ini tidaklah mutlak karena orang yang tidak mengenyam bangku kuliah pun bisa menjadi dewasa dengan baik dengan dukungan orang-orang sekitar dan lingkungan sekitar. Tetaplah semangat kawan-kawan dalam menjalankan aktivitas kebaikan apapun itu karna semua akan ada nilainya.

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar