follow us

Mengenal Jurusan Pendidikan Luar Biasa

Pilihan Pembaca

Mengenal Jurusan Pendidikan Luar Biasa


Mengenal Jurusan Pendidikan Luar Biasa

Mungkin jurusan pendidikan sudah tidak asing lagi di telinga kita, apalagi jurusan pendidikan seperti PGSD atau PGPAUD. Tapi, ternyata sekarang jurusan pendidikan luar biasa sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat apalagi sekarang ini tenaga kerja sebagai guru PLB sangat di butuhkan. Untuk itu jangan khawatir masalah prospek kerja mahasiswa jurusan pendidikan luar biasa setelah lulus nantinya. Mari simak ulasannya berikut ini.

Kenapa Harus Memilih Jurusan Pendidikan Luar Biasa?

Bukankah setiap orang itu mempunyai hak yang sama. Begitu pula dalam hal pendidikan, setiap orang berhak memperoleh pendidikan. Tidak ada bedanya antara manusia normal dengan manusia yang berkebutuhan khusus dimata Tuhan. Hanya fisik saja mereka memiliki keterbatasan yang berbeda dengan orang normal biasanya. Oleh karena itu janganlah kita membeda bedakan diri kita dengan mereka. Justru seharusnya kita membantu mereka, dengan menjadi pengajar misalnya agar mereka juga bisa memperoleh pendidikan yang layak.

Tapi sayangnya dari jutaan orang yang ada di Indonesia, hanya sedikit yang mau peduli dengan keadaan mereka terlebih lagi dalam hal pendidikan. Padahal mereka juga berhak memperoleh pendidikan untuk bisa menunjang masa depan mereka agar bisa lebih baik. Banyak juga yang malah memandangnya sebelah mata. Padahal banyak dari mereka itu mempunyai potensi atau bakat yang memang kadang tidak dimiliki oleh orang lain. Oleh karena itu mereka harus mempunyai pembimbing yang mampu membimbing mereka dalam mengembangkan bakatnya.

Dan di jurusan inilah kita akan belajar memahami mereka, membantu mereka untuk mengembangkan potensi dan bakatnya, serta kita akan belajar mengenai kepekaan sosial. Dengan begitu ketika mau mengajarkan mereka kita tidak akan salah kaprah. Jurusan ini juga mengajarkan kita tentang kepekaan hati dan kepedulian terhadap sesama, lalu bagaimana cara kita berkomunikasi dengan mereka agar kita bisa berbaur dan beradaptasi dengan mereka.

Apa saja yang akan kita pelajari di jurusan ini ?

Seperti yang sudah tadi di sebutkan kita akan belajar kepekaan hati terhadap sesama agar nantinya kita beradaptasi dengan mereka. Tapi, sebelum belajar beradaptasi dan berkomunikasi dengan mereka kita harus mengetahui seluk beluk mengenai kategori anak berkebutuhan khusus agar kita tidak salah ketika menanganinya. Setelah itu barulah kita akan mempelajari kurikulum ruang lingkup untuk anak berkebutuhan khusus agar nantinya tidak salah ketika mempraktekkan dalam metode pembelajaran. Ruang lingkup setiap anak berkebutuhan khusus itu berbeda-beda dan karakteristik dari mereka juga berbeda, masing-masing punya penanganannya sendiri. Hingga di akhir perkuliahan kita akan di khususkan memilih satu kategori anak berkebutuhan khusus.

Di dalam jurusan ini kita juga tidak hanya belajar mengenai teori saja, tetapi kita juga mempraktekkan apa yang telah kita pelajari itu dengan terjun langsung ke lapangan. Kita akan mencoba berinteraksi dengan anak berkebutuhan khusus. Bagusnya teori yang kita pelajari itu bisa di terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jurusan pendidikan luar biasa ini juga mempelajari beberapa pelajaran umum seperti pendidikan kewarganegaraan, bahasa Inggris, pendidikan agama, statistik, juga ilmu sosial lainnya.

Tak usah risaukan prospek kerja

Tentu yang kita khawatirkan ketika akan memilih jurusan adalah prospek kerja lulusan bagaimana. Tapi, jangan khawatir bagi teman-teman yang akan berkecimpung di jurusan pendidikan luar biasa ini, karena peluang kerja untuk jurusan ini begitu terbuka lebar. Para lulusan tidak hanya bekerja sebagai guru pengajar berkebutuhan khusus, tapi bisa juga mendirikan yayasan atau menjadi terapis. Meski memang kebanyakan menjadi guru pengajar, tapi peluang guru pengajar saat ini terbuka lebar karena manusia setiap harinya bertambah dan itu menjadi peluang besar untuk para lulusannya. Bahkan menurut data statistik 2010 lulusan ini masih membutuhkan banyak tenaga. 

SImak Juga:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar